home ×
Gadget

Review Huawei Nova 7: Hidup Tanpa Layanan Google, Biasa Aja?

07 August 2020 By
Review Huawei Nova 7: Hidup Tanpa Layanan Google, Biasa Aja?
Share
Share
Share
Share

Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Uzone.id - Huawei Nova 7 rilis hampir setahun setelah kehadiran Huawei Nova 5T, generasi sebelumnya. Ada banyak peningkatan pada Huawei Nova 7, seperti kamera utama 64MP—resolusi kamera tertinggi yang pernah dicapai Huawei—dan baterai 4000 mAh dengan fast charging 40W.

Tapi ada satu perbedaan signifikan antara Huawei Nova 5T dan Huawei Nova 7, yaitu tidak ada Google Mobile Service (GMS) di Huawei Nova. Sebagai penggantinya, Huawei menggunakan Huawei Mobile Services (HMS).

Lantas, bagaimana rasanya hidup menggunakan Huawei Nova 7 tanpa GMS? Berikut review kami setelah menggunakan Huawei Nova 7 setelah sekitar dua minggu.

Desain yang ramping dan ringan

Huawei Nova 7 memiliki dimensi 160.6 x 74.3 x 8 mm dan bobotnya 180 gram. Jadi ponsel ini memang dirancang lebih ramping dan lebih ringan untuk memberikan cengkeraman yang lebih nyaman, khususnya buat para pencinta game yang suka main berjam-jam.

Bagian belakang Huawei Nova 7 dibuat dengan kaca lengkung 3D yang menciptakan kilauan yang unik dan mewah. Sayangnya bodi belakang Huawei Nova 7 cepat kotor, karena bekas sidik jari.

Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Untuk menjaga ponsel tetap bersih, kami lebih suka pakai silicon case yang sudah tersedia dalam satu unit Huawei Nova 7.

Huawei Nova 7 dilengkapi layar 6.53 inci FHD+, OLED dengan punch hole untuk penempatan kamera selfie beresolusi 32MP. Rasio layar ke bodi 86,3 persen, cukup luas untuk bermain game.

Performa lancar, baterai awet, tapi bagaimana rasanya tanpa GMS?

Huawei Nova 7 didukung prosesor Kirin 985 5G, RAM 8GB, ROM 256GB. Untuk download aplikasi-aplikasi berat seperti PUBG Mobile, Huawei Nova 7 bisa melakukannya dengan cepat.

Kami biasa meninggalkan ponsel ketika sedang mengunduh aplikasi berat, seperti PUBG Mobile. Tapi ketika mengunduh game ini di Huawei Nova 7, kami masih bisa menunggunya. Bermain game pun terasa lancar. Bodi belakangnya juga masih hangat, tidak sampai panas.

Untuk pengisian baterai dari nol sampai 75 persen bisa berlangsung 30 menit. Kalau dari hasil bencmark kami di PC Mark untuk battery life, hasilnya mampu bertahan 16 jam 58 menit. Sebagai gambaran, berikut adalah hasil pengujian kami untuk Huawei Nova 7 dengan beberapa aplikasi benchmark:

(Data: Uzone.id)

Menyambung soal game dan sekaligus bicara soal hidup tanpa GMS dengan Huawei Nova 7. Memang ketika kami mencari aplikasi PUBG Mobile, Huawei AppGallery belum menyediakannya.

Namun, Huawei menghadirkan aplikasi Petal Search atau Petal Search Widget yang mengantarkan kami ke pihak ketiga yang menyediakan berbagai aplikasi untuk kami download, seperti apkpure.com. Untuk PUBG Mobile, kami diarahkan langsung ke official website PUBG Mobile www.pubgmobile.com.

Kami memang bisa mengunduh beragam aplikasi di Petal Search, seperti Instagram, WhatsApp, dan PUBG Mobile.

Tapi untuk beberapa aplikasi seperti WhatsApp, ada peringatan terkait risiko data privasi sebelum kami mengunduhnya. Tapi setelah berhasil diunduh, kami mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi WhatsApp aman.

Lalu, apakah kami masih bisa menonton YouTube dan mengelola Gmail? Bisa. Kami bisa menonton YouTube melalui Huawei Browser. Kami juga bisa memasukkan akun Gmail di aplikasi Email.

Unduh Twitter di Petal Search Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Namun, satu hal yang tidak bisa kalian lakukan adalah memesan ojek online. Kami sudah mencoba mengunduh aplikasi ojek online Gojek lewat Petal Search, dan berhasil.

Hanya saja, kami tidak bisa memesan ojek online, tidak bisa memesan GoFood, dan layanan lainnya, karena aplikasi ini pada dasarnya terintegrasi GMS.

Jadi ketika kami mencoba memesan ojek online di Gojek, Huawei Nova 7 menampilkan layar putih tidak sebagaimana mestinya.

Hasil kamera utama kece, tapi ada noise di night mode

Huawei Nova 7 hadir dengan empat kamera belakang, 8MP ultra wide angle camera, 64MP high resolution camera, 2MP macro lens, dan 8MP telephoto lens sampai dengan 20x zoom.

Hasil kamera utama dari ponsel ini kece dan layak diunggah di media sosial. Mode portait untuk manusia juga berfungsi sebagaimana mestinya. Hasilnya, fokus tajam di objek utama dan blur halus di latar belakang. Satu hal yang disayangkan, hasil night mode pada Huawei Nova 7 terdapat noise.

Huawei Nova 7 juga menghadirkan fitur dual view pada mode video. Fitur ini bisa menampilkan video dengan layar terbagi dua. Layar bawah menampilkan gambar kami dengan kamera depan. Sementara layar atas menampilkan gambar yang ada di hadapan kami dengan kamera belakang.

Hasil foto mode portrait Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Hasil foto mode malam Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Hasil foto super macro Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Hasil fitur dual view Huawei Nova 7. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulan

Huawei Nova 7 punya bodi lebih ramping, lebih ringan. tapi buat orang-orang yang terbiasa dengan ponsel berlayar lebar butuh penyesuaian dengan kerampingan layar Huawei.

Soal performa, Huawei Nova 7 bekerja cepat untuk mengunduh game seperti PUBG Mobile. Kami dapat bermain Huawei Nova 7 dengan lancar dan tidak ada panas di bagian belakang bodi, hanya terasa hangat.

Huawei Nova 7 cocok untuk orang yang ingin mencari ponsel seharga Rp 6,8 juta dengan performa lancar, pengecasan baterai yang cepat, dan fitur kamera yang kece—dengan sedikit kekurangan pada night mode yang agak noise.

Huawei Nova 7 juga cocok untuk orang yang tidak terlalu memusingkan soal ketiadaan Google Mobile Service, dan tidak terlalu mengandalkan ojek online.

VIDEO: Huawei Nova 7 Review Setelah Dua Minggu

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Jang Sol 09 August 2020 | 01:19:48

Gak ada google gapapa masih ada apliasi huawei store

Andar str 08 August 2020 | 13:36:25

Huawei semakin mantap walaupun tanpa layanan Google

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article