Review Jabra Elite 75t: Mending Beli Ini Daripada Apple AirPods Pro - Uzone
home ×
Gadget

Review Jabra Elite 75t: Mending Beli Ini Daripada Apple AirPods Pro

03 March 2020 By
Review Jabra Elite 75t: Mending Beli Ini Daripada Apple AirPods Pro
Share
Share
Share

Uzone.id - Apple memang bukan yang pertama, tapi jelas mereka yang mempopulerkan benda bernama True Wireless Stereo (TWS). Tapi bukan berarti keluaran Apple yang paling baik.

Dari produsen ponsel sampai produsen ponsel semua berbondong-bondong membuat TWS. Apple dengan Airpod Pro, Samsung dengan Galaxy Buds+, lalu Huawei, Xiaomi dan banyak merek ponsel lainnya.

Di kelas pencinta audio ada yang menarik perhatian kami, Jabra Elite 75t. Jabra merupakan produsen audio kawakan asal Denmark yang sudah menjadi bagian dari GN Audio sejak belasan tahun lalu. Salah satu produsen audio kelas profesional.

Jabra Elite 75t adalah produk terbaru mereka, dan TWS ini hadir dengan harga Rp 2,6 juta yang secara langsung bertanding dengan Apple Airpods tapi dengan fungsi setara Airpods Pro. Makanya diawal kami bilang mending beli ini deh daripada Airpod Pro yang harganya sampai Rp 4 jutaan itu. Berikut beberapa alasannya:

 

Kualitas Suara: Bass-nya Nendang

Nama Jabra seakan jadi jaminan kalau Elite 75t ini bakal punya suara yang bagus, dan faktanya memang demikian. Pertama kali nyoba langsung jatuh hati sama kualitas suaranya.

Jabra Elite 75t pakai driver 6mm yang sudah mendukung format audio SBC dan AAC dengan rentang suara yang sangat jauh yakni 20Hz - 20KHz, dan untuk kualitas suara..

Bass-nya nendang, kuat dan tebal. Tapi gak sampai berlebihan. Detail suaranya cukup, apalagi di bagian vokalnya. Walau suara adalah soal selera, tapi dengan karakter suara seperti ini sepertinya  akan banyak pengguna yang setuju kalau kualitas suara jauh di atas Airpod Pro.

Kalau masih belum cocok dengan suara tersebut, kalian masih bisa menyesuaikannya melalui aplikasi Sound+ punya Jabra. Di situ lengkap pengaturan equalizernya, ada juga beberapa preset yang bisa langsung pakai, ada Bass Boost, Treble Boost, Speech, Smooth dan Energize. 

Tapi kalau kami sih lebih suka meninggalkannya dalam posisi flat saja.

 

Fitur Komplit

Bicara soal fitur, Jabra Elite 75t ini tergolong komplit sekali. Ya.. paling tidak semua fungsi yang memang dibutuhkan dan diperlukan ada di sini. Pertama dan yang paling kami suka adalah Hear Through. Fungsi ini memungkinkan kalian untuk mendengarkan suara sekitar walau masih menggunakan earphone. 

Klik sekali earbud sebelah kiri untuk mengaktifkan fitur tersebut, suara dari luar langsung samar-samar terdengar. Fitur ini bisa diwujudkan karena Jabra 75t sudah dilengkapi dengan 4 dedicated mic, yang bisa membuat panggilan telepon lebih jelas dan sekaligus menghantarkan suara dari luar jika dibutuhkan. 

Fitur lain yang menurut kami sangat membantu adalah sistem navigasinya. Semua kebutuhan bisa diakomodir hanya dengan dua tombol di masing-masing earbuds. Catat nih, karena gak ada di buku manualnya. 

Earbuds Kanan:

  • Klik dua kali untuk aktifkan Siri (untuk iOS)
  • Klik sekali  untuk play/pause
  • Tekan dan tahan tombol untuk meningkatkan volume suara
  • Klik sekali di kanan untuk angkat telepon

Earbud Kiri:

  • Klik dua kali klik untuk next track
  • Klik tiga kali untuk track sebelumnya
  • Tekan dan tahan tombol untuk mengurangi volume suara
  • Klik sekali untuk mengangkat telepon 

Whoaa.. lengkap sekali bukan?

Selain itu Jabra Elite 75t juga sudah memiliki sertifikasi IP55, yang artinya earbuds ini tahan sedikit pada cipratan air atau keringat saat dipakai untuk berolahraga. Tapi saran kami kalau memang sering dipakai untuk aktivitas fisik, mendingan kalian pilih versi Active yang tahan air dan bisa dipakai di dalam air hingga kedalaman 1 meter.

Satu-satunya fitur yang minus di Jabra Elite 75t adalah active noise canceling. Tapi entah mengapa, menurut kami isolasi suara dari produk ini cukup baik. Saat dipakai seolah-olah kita langsung ada di dalam ruang hampa tapi tanpa efek gema berlebih. Coba dengerin podcast pakai produk ini deh, dijamin kalian bakal dibuat kagum.

 

Desain dan Ergonomi

Tak seperti seri sebelumnya yang terlihat besar saat dipakai di telinga, Jabra Elite 75t ini dibuat lebih kompak dengan lekukan yang sepertinya memang dibuat agar pas di lekukan telinga orang dewasa. 

Buktinya saat dipakai produk ini seakan nempel. Dibuat lari tetap nempel, apalagi sekadang angguk-angguk saat kalian asyik dengerin musik, aman banget. Satu-satunya kendala mungkin karena bentuknya yang benar-benar bulat. 

Tak seperti Airpods Pro yang ada tangkai untuk dipegang, Jabra Elite 75t ini mudah terlepas dari jepitan tangan saat berkeringat. 

Kedua earbuds juga sudah dilengkapi magnet yang bakal langsung menempel ke dalam casingnya. Oh ya, case Jabra Elite 75t ini juga sudah dilengkapi baterai yang bisa diisi ulang melalui kabel TypeC. Belum support wireless charging ya. Kira-kira sekali charge kalian bisa pakai earbuds ini 21 jam nonstop.  

 

Kesimpulannya:

Saat ini banyak TWS di pasar yang dijual dengan rentang harga Rp 200 ribu sampai Rp 4 jutaan. Perbedaanya pasti gak jauh-jauh dari fitur dan kualitas audio yang ditawarkan. 

Buat kalian yang tidak bisa berkompromi dengan kualitas suara, mungkin layak mempertimbangakn Jabra Elite 75t. Dengan rentang harga di bawah Rp 3 juta seperti sulit ada produk yang bisa menandinginya. 

Kelemahan utama di produk ini adalah absennya active noise cancelling, yang menurut kami tidak terlalu berarti karena efek isolasinya sudah cukup baik. Lalu mungkin tidak ada dukungan wireless wireless charger dan sistem navigasi yang saking komplitnya justru malah bikin lupa. 

 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DHStyle 15 April 2020 | 03:31:35

khusus yang suka Airpods wajib beli nih kalau saya kurang suka

Bayu Said 18 March 2020 | 01:34:29

zebra apa jebra sih lah pokonya bagus lah seneng di liat

pejuang 08 March 2020 | 08:48:05

jabra elite ini sangat bagus dengan fitur nya

andreanyp 05 March 2020 | 09:46:04

sepertinya kalo dari fitur dan harga bakal lebih worth it untuk memilih jabra karena sudah paket lengkap

Miskin aman 04 March 2020 | 12:55:34

sepertinya memang lebih bagus yang ini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article