icon-category Technology

Sony a9 II: Harga 60 Jutaan, Semakin Canggih dengan Fitur Voice Memo dan Konektivitas Super Cepat

  • 04 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Meluncur di pasaran tahun 2017 lalu, Sony a9 berhasil menjadi kamera mirrorless paling canggih di seluruh lini mirrorless Sony. Tahun ini Sony pun akhirnya merilis generasi keduanya dengan mengumumkan kehadiran Sony a9 II.

    Spesifikasi masih sama

    Sony a9II tidak membawa pembaruan di sektor spesifikasinya. Seperti generasi pertamanya, kamera ini tetap membawa sensor CMOS dengan rancangan tumpuk (stacked sensor) yang resolusinya 24.2 megapixel dan prosesor BIONZ X. Artinya, Sony a9II tetap mampu memotret tanpa henti hingga 20fps menggunakan shutter elektronik dan didukung teknologi autfocus Fast Hybrid AF yang kini semakin cepat dengan dukungan 693 titik fokus.

    Hanya beberapa fitur yang ditingkatkan

    Dari segi desain rancangannya hanya mendapat pembaruan di grip, tombol dan tambahan dua slot kartu memori SD UHS-II. Ketahanan bodinya terhadap debu dan lembab juga diklaim lebih baik. Selain itu Sony menghadirkan aksesoris vertikal grip baru yang bisa menampung dua baterai tipe Z.

    Fitur lain yang mendapat peningkatan adalah kemampuan memotret tanpa henti dengan shutter mekanikal yang kini bisa mencapai 10fps. Fitur penstabil 5-axis yang langsung ada di bodinya juga diperbarui dengan kemampuan meredam goyangan tangan hingga 5.5 stop.

    Bisa Transfer data lebih cepat

    Satu pembaruan paling signifikan dari Sony a9 II adalah hadrinya dukungan konektivitas yang lebih cepat. Sony a9II menjadi kamera pertama Sony yang dilengkapi port gigabit ethernet 1000BASE-T untuk transfer data berkecepatan tinggi menggunakan kabel.

    Chip Wireles LAN yang dibawanya kini juga mendukung WiFi 802.11ac 5GHz sehingga bisa transfer foto lebih cepat lewat koneksi nirkabel. Berkat pembaruan di sektor konektivitasnya tersebut Sony a9II mampu transfer data 10 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan Sony a9.

    Pertama dengan fitur Voice Memo

    Satu fitur yang unik dari Sony a9 II adalah hadirnya fitur Voice Memo yang diciptakan Sony khusus untuk para jurnalis foto. Fitur ini memungkinkan fotografer mengirimkan foto yang lengkap dengan file audio. Dengan demikian jurnalis foto bisa mengirimkan foto dan pesan suara agar editor bisa langsung menulis berita dari foto yang diambil. Untuk mempermudah Sony juga menyediakan fitur konversi di aplikasi Sony Imaging Edge yang memungkinkan Voice Memo tersebut bisa dikonversi langsung ke teks. Menurut Sony, peningkatan di sektor konektivitas dan hadirnya fitur Voice Memo ini akan mempercepat alur kerja dan sangat berguna terutama untuk para fotografer profesional dan jurnalis foto yang bekerja di lapangan.

    Sony a9 II akan mulai tersedia di pasaran bulan November 2019. Harga jualnya untuk bodi saja dipatok US$4500.

     

    Artikel ini muncul pertama kali di Sony a9 II: Harga 60 Jutaan, Semakin Canggih dengan Fitur Voice Memo dan Konektivitas Super Cepat oleh Renhard Harjanto

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini