home ×
Auto

Review Kawasaki ZX-25R, Bukan untuk Kaum Mendang-Mending

18 July 2020 By
Review Kawasaki ZX-25R, Bukan untuk Kaum Mendang-Mending
Share
Share
Share

Uzone.id - Kawasaki sekali lagi punya nyali besar untuk mendobrak dominasi dunia motor sport Tanah Air yang didomimnasi duo Honda-Yamaha.

Sekali lagi pula, Kawasaki bernyali besar untuk rela jadi pionir yang secara spesifik menegaskan kemapanannya di segmen motor sport 250cc.

Kalau selama ini para pemotor sport bermesin 250cc 2 silinder bisa jumawa, maka hanya dalam hitungan beberapa bulan kedepan, dipastikan mereka akan minder.

Meski pemotor mesin 2 silinder itu pakai knalpot racing sebagus apapun, raungan suaranya bakal kalah seksi dari ZX-25R yang mengandalkan silinder lebih dari dua.

Tapi sebentar, sebelum ngebahas lebih jauh, motor ini punya harga yang tergolong mahal untuk segmen 250cc yang rerata dikisaran Rp 50-60 jutaan, karena banderolnya setara dengan Daihatsu Ayla tipe terendah.


Desain serba tajam khas Ninja

DNA Ninja sama sekali gak menghilang, malah kalau dilihat sekilas, bakal sulit membedakan mana Ninja 1 silinder, 2 silinder dan 4 silinder.

Tapi kalau diperhatikan secara detail, dari bagian wajahnya, Ninja ZX-25R ini sudah dilengkapi dengan air ram, alias aliran udara ala-ala motor motoGP.

Gak sekedar pajangan, aliran udara tersebut diklaim bisa menambah tenaga sampai 1 PS. Keliatannya kecil memang, tapi untuk motor, 1 PS itu lumayaaan.

Lampu utamanya sudah full LED, kecuali sepasang sein yang masih bohlam. Terus ke bawah, ada sepasang suspensi upside down dengan jarak main travelnya 120mm.

Ke bawah lagi, pelek 17 inci dibalut dengan ban Dunlop berukuran 110/70 depan dan 150/60 belakang.

Sistem pengeremannya tersedia yang ABS dan non ABS, dengan mengandalkan single kaliper dengan 4 piston di depan dan 2 piston di belakang. Diameter cakram depan 311 mm dan belakang 210 mm.

Bagian samping pun secara detail sangat indah, ada aliran udara lagi di sisi kanan kiri bawah, serta di bagian bawah tangki semacam sirip yang juga berfungsi untuk membuang udara yang masuk melalui air ram.

Desain tangkinya terlihat ramping, padahal bisa menampung 15 liter BBM dan tanpa kondom alias langsung besi. Joknya tipis, tapi empuk, semi balap, dengan bagian depan ramping, sehingga kaki tidak terlalu ngangkang dan bagian pantat yang melebar.

Standarnya, ZX-25R hanya menyediakan single seater, tapi bisa diganti dengan jok kalau kalian ngotot mau boncengan, toh footstep boncengers juga tetap disediakan.

Bagian lampu belakang sudah LED dan punya desain tajam serta futuristis, dengan spakboar yang modelnya sudah mainstream, tapi gak masalah.

Ada spakboar juga yang menempel tipis pada ban belakang dan terlihat suspensi monoshock yang sangat rebah, menjanjikan redaman yang pas.

Gak kalah menarik, desain knalpotnya yang bergaya ala-ala moge, dengan pipa pendek, gak lebih dari setengah panjang motor. Dengan begitu, selain suara yang makin asik, juga harapannya bisa mengail torsi lebih.


Fitur lengkap

Kawasaki membenamkan sejumlah fitur agar saat menunggangi ZX-25R ini makin nikmat dan berasa moge beneran.

Selain tadi lelampuan sudah, kunci memang belum remote, tapi sudah immobilizer. Kemudian, pada sisi kanan setang, ada tuas untuk stater sekaligus sebagai engine cut off, ini juga ala-ala moge.

Sisi sebelah kiri lebih lengkap. Selain ada lampu dim, tuas lampu sein, klakson, lampu dekat dan jauh, dan yang paling menarik, tersedia tuas untuk mengatur fitur canggihnya.

Tuas tersebut bisa digeser ke atas dan kebawah dan dipencet bagian tengah. Fungsinya, untuk mengatur mode berkendara (F untuk full power dan L untuk low power) kemudian pengaturan kontrol traksi, 1, 2, 3, makin banyak angkanya, makin gigit cengkramannya.

Kawasaki juga sudah menyematkan Quick Shifter pada transmisi 6 speed manualnya. Sehingga, hanya masuk gigi 1 saja yang perlu menarik tuas kopling, sisanya, naik turun gigi tinggal injak dan congkel tanpa harus menarik tuas kopling.


Mesin buas meski masih keluarga 250cc

Nah, ini yang paling menarik atau bahkan justru bagian ini yang bikin si NInja 250 4 silinder ini mahal. Sodoran mesin 248,9cc dengan 4 silinder bertenaga 51 PS dan torsinya 22,9 Nm.

Agak aneh kalau melihat output performa mesinnya. Antara tenaga dan torsi bedanya jauh. Biasanya kalau motor torsi dan tenaga mirip-mirip angkanya, tapi ini jomplang.

Diatas kertas, sodoran output seperti itu bakal menyuguhkan tenaga buas pada putaran atas, sementara akselarasi bawahnya lumayan saja untuk motor 250cc.

Kenapa bisa seperti itu? Ini berkat jumlah silinder yang lebih banyak, sehingga torsi terbagi rata dari sumbangan masing-masing silindernya. Karena biasanya, makin besar silinder, makin besar torsinya, gitu juga sebaliknya.

Nah, karena Ninja ini 4 silinder, yang kalau dibagi, masing-masing silinder berkisar 62cc, sangat beda jauh dari Ninja 2 silinder yang masing-masing silindernya berkapasitas 125cc.

Jadi, tenaga memang jauh lebih melimpah, tapi torsinya kalah dari yang versi 2 silinder.

Tapi karena silindernya banyak, suara mesin jauh lebih seksi dan juga getarannya jauh lebih halus, khas mesin-mesin dengan silinder banyak.

Oiya, mesin ini putarannya dibatasi secara elektronik sampai 17 ribu RPM, meski kalau saat idle kalian bisa menggebernya sampai redline di kisaran 18 ribu RPM, sadis sih ini, lagi-lagi mirip RPM motor-motor motoGP.


Kesimpulan, bukan untuk kaum mendang-mending

Tipe standar hadir dalam warna Metallic Spark Black, untuk tipe SE hadir dalam 3 warna, yaitu Lime Green / Ebony (ABS SE), Metallic Spark Black / Pearl Flatdust White (ABS SE), Candy Plasma Blue / Metallic Spark Blue (ABS SE).

Bicara harga, tipe Ninja ZX-25R standar dibanderol Rp 96.000.000, dan Ninja ZX-25R (ABS SE) dibanderol Rp 112.900.000.

Melihat dari harganya dan kalaupun mau pamer di jalan cuma beda suaranya aja, sementara tampilan mirip-mirip dengan motor 250cc lain, ZX-25R emang bukan untuk kaum mendang-mending.

Ini adalah motor emosional, untuk dikoleksi, lebih sebagai boy toys, sehingga ketika kalian mau beli, baiknya ya memang jangan banyak pertimbangan dan kebanyakan mikir, nanti keabisan..

VIDEO Review Kawasaki Ninja 250 empat silinder:

Spesifikasi teknis ZX-25R:

Dimensi:
Panjang 1.180 mm
Tinggi jok 785mm
Suspesi depan upside down, travel 120mm
Ban depan 110/70 17inc
Ban Belakang 150/60 17inc
Rem depan 4 piston, cakram 311mm
Rem belakang 2 piston, cakram 220mm

Mesin:
249,8cc, tenaga 51 PS, torsi 22,9 NM.
Kompresi 11,5:1
Quick shifter naik dan turun
RPM 17 ribu pakai limiter
Tangki 15 liter

Fitur:
Lampu full LED
Kunci Immobilizer
Air Ram
Kontrol Traksi 3 step
2 Mode berkendara

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 18 July 2020 | 09:20:22

maksudnya begimana si kagaangerti dah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article