icon-category Auto

Test Drive KIA Seltos Diesel: Mewah, Irit dan Fun To Drive

  • 03 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    KIA Seltos diesel (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - KIA resmi memperkenalkan varian SUV compact Seltos dengan mesin diesel di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

    KIA Seltos diesel memiliki mesin dengan kode U2 1.5L e-VGT - CRDi 1.493 cc yang dikawinkan dengan transmisi AT 6-speed.

    Di atas kertas, mesin tersebut memiliki daya maksimum 115 PS @4.000 rpm, dan torsi maksimum 250 Nm @1.500-2.700 rpm.

    BACA JUGA: Vario 160 Bikin Panas, Yamaha Balas dengan NMax 155 Warna Baru

    Namun, daya dan torsi yang dihasilkan mesin diesel Seltos, masih bisa dikalahkan oleh versi mesin bensin turbo, yang bisa menghasilkan daya maksimum 140 PS @6.000 rpm dan torsi maksimum 242 Nm @1.500 – 3.200 rpm.

    Namun, mesin diesel yang diboyong Seltos terbilang unik karena cuma satu-satunya untuk di kelas 1.500 cc.

    KIA Seltos diesel (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id) 

    Dimensi

    KIA Seltos diesel punya dimensi panjang x lebar x tinggi 4.315 mm x 1.800 mm x 1.645 mm. Dengan dimensi sebesar itu, meskipun mobil compact tapi saya merasakan cukup nyaman ketika berada di kokpit maupun saat jadi penumpang.

    Bagi kamu yang punya tinggi badan sekitar 160 cm, bisa memanfaatkan pengaturan naik turun kursi pengemudi dengan menarik handle di samping jok kanan.

    Kaki-kaki

    Mobil ini punya jarak sumbu roda 2.610 mm dan pakai velg ukuran 17 inci dengan ban 215/60 R17. Suspensi depan pakai Mc Pherson Strut, sedangkan bagian belakang pakai Coupled Torsion Beam Axle.

    Eksterior

    Di bagian ekterior, kita akan menemukan Sun Roof, grill dengan pola berlian yang diberi lapisan chrome. Spoiler di bagian ekor menyatu dengan stop lamp, spion pakai electrik dan power folding.

    Di bagian head lampe sudah full LED dan auto light. Juga terdapat day time running light, fog lamp LED, lampu kombinasi bagian ekor pakai LED, dan terdapat defogger timer dan wiper pada kaca belakang.

    Interior

    Saat masuk dan duduk di kopit, tampilan interior terlihat mewah. Roda kemudi sudah dibalut kulit yang lembut, pakai model 3 spoke dengan Tilt, Telescopic dan Audio Control. Di bagian depan ada konsol dengan dua cup holder.

    Untuk meter informasi bagi pengemudi terdapat Meter Cluster LCD 7 inci. Lalu, jok depan pakai reclining dengan arm rest dan cup holder.

    Bagian jok sudah dilapis kulit artifisial dengan jahitan berpola berlian. Gadget kamu juga gak akan kehabisan daya karena terdapat power supply berupa Wireless Charging, UBD slot dan outlet DC 12V.

    FOTO: All New Honda Vario 160 dari Dekat, Si Biang Rusuh

    KIA Seltos diesel (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Keamanan dan Keselamatan

    Pada struktur bodi terdapat Advenced High Strengh Steel dan Press Hot Stamping, kemudian ada 6 AirBag yang terdapat di kopit, penumpang depan, samping dan tirai.

    Panduan untuk parkir terdapat Front and Rear with dynamic parking guideline, terdapat kamera Rear View Monitor.

    Entertainment

    KIA Seltos diesel mendapat fitur entertainment dengan head unit model floating LCD 8 inci yang terintegrasi dengan bluetooth, voice recognition, koneksi USB dan Auxiliary, Apple CarPlay, dan Android Auto, yang dipasangkan dengan 4 speaker + 2 tweeter.

    Kenyamanan

    Untuk kenyamanan KIA Seltos diesel terdapat Air Conditioning (AC) yang sudah Auto Climate control dengan ditambah ventilasi untuk penumpang belakang.

    Mobil ini sudah ada Remote Start Engine sehingga bisa menyalakan mesin mobil dari jark jauh, dan terdapat Sound Mood Light.

    Bagaimana dengan konsumsi BBM KIA Seltos diesel?

    Untuk mencari tahu berapa konsumsi KIA Seltos diesel, saya coba tes dengan mengendarainya menyusuri ruas Jalan Margonda Depok hingga Pancoran, Jakarta Selatan, atau dari rumah ke kantor di jam 8 pagi.

    Di jam segitu, lalu lintas cukup padat dan beberapa kali berhenti ketika bertemu lampu, dan jalan merayap saat masuk ke ruas jalan bottle neck di depan Universitas Indonesia, saat bersinggungan dengan jalan layang tapal kuda Lenteng Agung, dan ketika bertemu beberapa pertigaan di sepanjang jalur Pasar Minggu.

    Kecepatan rata-rata yang diraih pun sekitar 40 km/jam karena jalanan memang agak padat.

    Dalam gaya berkendara, saya posisikan drive mode di Eco dengan harapan mobil ini bisa mengeluarkan konsumsi solar seirit mungkin. Fitur drive mode lainnya ada Sport, Normal, Mud, Snow dan Sand.

    Jarak rumah saya ke kantor sekitar 24 km. Hasilnya cukup lumayan, saya berhasil menekan konsumsi KIA Seltos diesel ini hingga 17 km/liter. Sangat irit tentunya.

    Sayangnya, saya belum sempat melakukan tes KIA Seltos diesel ini di jalan tol karena keterbatasan waktu. Jika jalanan sangat lancar, maka konsumsi solar bisa lebih irit lagi.

    Selain punya tenaga yang oke, KIA Seltos diesel bisa dibilang fun to drive. Saya suka dengan setirnya yang mudah kembali ke posisi center setelah berbelok. Pengendalian untuk mobil ini pun sudah oke. 

    Berikut harga semua varian KIA Seltos (OTR Jakarta):

    Seltos CRDi - Rp389 juta

    Seltos E - Rp310,8 juta

    Seltos EX - Rp337,2 juta

    Seltos EX Plus - Rp374 juta

    Seltos GT Line - Rp415 juta

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini