home ×
Gadget

Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2, TWS Pintar Nan Ringan

23 November 2020 By
Review Mi True Wireless Earbuds Basic 2, TWS Pintar Nan Ringan
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Berdasarkan laporan dari Canalys, pada Mei 2020, Xiaomi menjadi produsen true wireless stereo atau TWS dengan pangsa pasar paling besar di Indonesia, yakni sebesar 44,2 persen. Terpaut jauh dengan kompetitor di nomor dua melalui pangsa pasar 23,9 persen.

Yang terbaru mereka memiliki TWS yang beredar di pasaran, yakni Mi True Wireless Earbuds Basic 2. Nama ini harus dibedakan dengan versi earphone karena ada juga Mi True Wireless Earphone. Mi True Wireless Earbuds Basic 2 diklaim sebagai perangkat audio pintar yang sederhana dan ringan saat dikenakan di telinga. Salah satunya karena berkat dukungan Bluetooth 5.0.xiaomi_mi_true_wireless_earbuds_basic_2_002_ad_l

Dari sisi desain memang sudah terlihat beda earbuds dengan earphone. Jika earphone memiliki sedikit gagang mirip earpods, Earbuds bentuknya benar-benar mungil. Tak ada gagang ataupun kabel. Inilah enaknya menggunakan earbuds. Perangkat akan masuk dengan mantap ke dalam kuping, sedangkan bagian yang menyembul akan masuk agak lebih dalam sehingga mampu menghantarkan suara.

Saat disematkan ke dalam kuping, bentuk earbuds yang mungil dan beberapa lekukannya membuat posisinya cukup kuat untuk bisa bertahan lama di kuping. Saat berjalan atau berlari sekalipun, posisinya tetap kokoh. Materi yang digunakan earbuds Xiaomi ini juga tidak licin sehingga tidak tiba-tiba terlepas dari kuping.

Cangkangnya pun didesain cukup elegan dengan format dove. Memang agak sedikit tebal, namun logo Mi yang terdapat di cangkang terlihat berkilau. Bobotnya juga cukup ringan sehingga tidak terasa seperti sedang memakainya. Di dalam cangkang yang berfungsi sebagai casing itu juga ada lampu indikator pengecasan. Untuk tetap memberikan info indikator, pastikan casing dalam keadaan tertutup. Sedangkan di bagian belakang casing ada port USB untuk proses pengecasan. Sayangnya, tak ada kabel charger atau adaptor yang disertakan dalam pembelian. Namun tidak sulit untuk menemukan kabel micro-USB karena banyak perangkat elektronik yang menggunakannya.

Tiap sisi earbuds memiliki tombol di sisi luar sebagai isyarat untuk mengoperasikan perangkat TWS ini. Tekan sekali untuk memutar atau menghentikan musik, menjawab atau menutup panggilan. Sedangkan untuk menolak panggilan masuk, cukup tekan tombol tersebut selama 5 detik. Untuk mengaktifkan fitur bantuan suara, bisa menekan tombol dua kali. lalu Asisten Google atau Siri akan muncul melayani. Sedangkan untuk melakukan pengaturan ulang atau reset, cukup tekan tombol selama 15 detik.

Bluetooth 5.0 akan memastikan koneksi yang stabil dan latensi rendah demi menghadirkan pengalaman audio tiada duanya. Selain itu hanya butuh satu tombol untuk mengoperasikan secara mudah. Bluetooth 5.0 menawarkan koneksi yang lebih cepat dan stabil daripada versi sebelumnya. Dengan cara ini, suara akan mencapai telinga dalam kualitas yang sempurna, dengan latensi rendah sehingga tak ada delay, dan tentunya konsumsi daya pun rendah.

Suara yang keluar dari TWS ini bisa berbeda, dengan stereo maupun mono dan tanpa delay. Bahkan proses penyampaian suara pun bisa berkualitas tinggi walau hanya dengan satu sisi saja. Hal ini dikarenakan masing-masing TWS memiliki chip bluetooth sendiri sehingga masing-masing mengeluarkan suara secara mandiri. Istilahnya, Single-Ear Mode, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan dari satu telinga saja.

Perangkat ini mengadopsi pairing otomatis. Artinya, sekali terhubung ke perangkat, maka Earbuds ini akan mengenali perangkat yang ada di memori. Mereka akan langsung terhubung otomatis saat casing terbuka dan earbuds dikeluarkan untuk dipasang di kuping.

Casing Mi earbuds ini bisa diisi ulang di dalam cangkangnya hingga daya tahan bisa total mencapai 12 jam. Yang menarik, hanya dengan single charging, earbuds nirkabel ini bisa bertahan nonstop selama 4 jam.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article