Review New Vespa Sprint S 2024: Ubahan Minor Tapi Makin Kece
New Vespa Sprint 2024 (Foto: Brian)
Uzone.id - New Vespa Sprint S 2024 sudah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu di Indonesia. Di versi terbarunya, skuter Italia ini mendapatkan ubahan minor namun dalam jumlah yang cukup banyak.
Uzone mendapatkan kesempatan untuk menjajal New Vespa Sprint S 2024 selama beberapa hari. Lantas bagaimana impresi review dari skuter Italia yang berpenampilan sporty ini?Ubahan minor tapi banyak
New Vespa Sprint memang mendapatkan ubahan yang cukup banyak dari segi penampilan. Namun jika dilihat secara garis besar, versi terbarunya masih terlihat mirip dengan versi lama.
Jika dilihat secara detil, maka ubahannya terlihat cukup jelas dibanding versi lama. Seperti lampu belakang yang memiliki cahaya berbentuk kotak yang dilengkapi positioning lamp dan lampu sein depan yang menyatu daytime running light (DRL).
Di bagian spion New Vespa Sprint S 2024 juga direvisi dengan bentuk yang lebih dinamis. Bagian dasi juga direvisi dengan desain yang membuat tampilannya lebih sporty.
Bentuk jok New Vespa Sprint S 2024 juga sekarang lebih baru dengan hook yang menyatu untuk menggantung barang bawaan. Bagian kaki-kaki juga dibuat lebih atraktif dengan bentuk palang yang lebih banyak.
Performa masih sama?
Jika dari segi tampilan terdapat banyak yang berubah, namun dari segi performa New Vespa Sprint S 2024 masih sama seperti sebelumnya. Bisa dilihat dari segi spesifikasi masih menggendong mesin 155 cc, 1-silinder, 4-tak, 3-katup, berpendingin udara yang mampu menghasilkan tenaga 11,9 dk dan torsi 12,7 Nm.
Dengan spesifikasi tersebut, impresi berkendara New Vespa Sprint S 2024 masih mirip dengan versi lamanya.
Menariknya, respon throttle atau gas New Vespa Sprint S 2024 ini terasa cukup responsif, terutama di putaran bawah. Terasa tenaga yang cukup besar saat motor digas dari posisi berhenti.
Sayangnya tenaga di putaran atas memang tidak terlalu terasa, sehingga sulit untuk mencari kecepatan tertingginya. Bahkan saat motor melaju di kecepatan tinggi kemudian mengerem, saat digunakan untuk berakselerasi kembali respon mesin terasa cukup lambat.
Dengan spesifikasi dan impresi tersebut, New Vespa Sprint 2024 mampu menjelajah 31,2 kilometer dalam satu liter bensin. Angka ini diraih dengan penggunaan motor normal tanpa metode berkendara econo ride.
Dari segi kaki-kakinya, New Vespa Sprint S 2024 juga masih mengusung spesifikasi yang sama yakni ban berukuran 110/70 ring 12 inci di depan dan 120/70 ring 12 inci di belakang.
Roda-roda tersebut didukung dengan suspensi single arm dengan helical spring dan single double-acting hydraulic shock absorber di bagian depan. Di belakangnya menggunakan suspensi shock absorber with 4 adjustable preload.
Dengan spesifikasi kaki-kaki dan suspensi tersebut, New Vespa Sprint S 2024 terasa memiliki bantingan yang sangat halus. Meskipun ketika kontur jalan yang sangat rusak, terasa komponen suspensi tidak bisa mengakomodirnya.
Komponen pengereman juga dirasa memiliki feedback yang sangat nyaman. Berbekal disc brake 220 mm di depan dan rem tromol di belakang, respon untuk menurunkan kecepatan juga terasa cukup responsif.
Kesimpulan
New Vespa Sprint S 2024 layaknya motor Vespa pada umumnya, lebih menjual gaya dibandingkan spesifikasinya. Meski demikian, motor ini masih sangat memumpuni untuk digunakan kegiatan sehari-hari atau hobi sekalipun.
Dengan harga banderol Rp59,6 juta untuk on the road DKI Jakarta, tentunya pembeli New Vespa Sprint S 2024 bukan kaum mendang-mending. Jika memang tidak memiliki kecintaan akan skuter Italia, tentunya akan memilih motor dengan spesifikasi lebih tinggi dan harga lebih murah.