home ×
Gadget

Review Oppo A92, Baterai 5000 mAh Bisa Rekam Video 4K

21 May 2020 By
Review Oppo A92, Baterai 5000 mAh Bisa Rekam Video 4K
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Kalau melihat sekilas, memang tidak ada bedanya antara Oppo A92 dengan Oppo A52. Namun kalau sudah dalam genggaman dan digunakan sebagai daily driver, mungkin akan jatuh cinta. Apalagi harganya hanya Rp4 jutaan dengan baterai dan memori kapasitas besar.

Dari sisi desain, penggemar kamera smartphone pasti akan tertarik dengan empat kamera di belakangnya. Para kamera itu ditempatkan di sebuah kavling berbentuk kotak. Sekilas memang terlihat ada 5 sensor kamera, namun yang satunya ternyata adalah flash LED. Ada tulisan AI Camera di antara kamera-kamera tersebut untuk menegaskan bahwa Oppo masih tetap dengan inovasi artificial intelligent-nya.

20200504_170408

Saat digenggam, memang dirasa cukup tebal, apalagi jika dibalut dengan casing silikon bawaan Oppo. Bagi pria, Oppo A92 akan membuat tampilan gaya sehari-hari menjadi lebih macho.

Layar
Untuk menyalakannya pertama kali, tinggal sentuh tombol on/off yang terletak di sisi kanan. Tak seperti tombol volume, kali ini A92 memiliki tombol on/off yang pipih. Usut punya usut, ternyata tombol itu juga berfungsi sebagai sensor fingerprint atau sidik jari. Jadi, pengguna hanya butuh menyentuh tombol tersebut dengan lembut untuk membuka kunci layar. Tapi lebih dulu rekam sidik jari di menu pengaturan Keamanan ponsel.

Butuh waktu sekitar 36 detik untuk A92 melakukan booting pertamanya. Di detik ke-30, sebuah cahaya 'pintu surga' akan terpampang yang lama-lama membesar dan menyilaukan mata. Proses ini seolah ingin memberitahukan betapa layar Oppo memberikan kecerahan yang cukup tajam dan mampu membuat mata silau. Tapi layar dengan kepadatan 405 PPI itu diklaim memiliki sertifikasi perlindungan mata dari TUV Rheinland, yang mampu menyaring cahaya biru pada layar sehingga mengurangi resiko pada mata.

Oppo A92 -depan

Penyesuaian cahaya juga bisa dilakukan A92 secara otomatis berkat adanya teknologi AI. Inilah kunci dari segala kepintaran Oppo A92 yang bisa mempelajari kebiasaan pengguna di berbagai fitur, termasuk layar dan kamera. Layar berukuran 6,5 inci itu memiliki resolusi 2400x1080 piksel dengan rasio perbandingan bodi ke layar sekira 90,5 persen. Bezel di tiap sisinya membuat layar lebih ramping lagi karena ukuran bezelnya hanya 1,7mm.

Satu lagi yang membuat layar smartphone Oppo A92 enak dilihat adalah sistem operasi ColorOS 7.1 berbasis Android 10. Tampilan antarmuka terlihat tidak ribet. Semua halaman depan bisa digeser-geser ke kanan dan kiri. Lebih simple ketimbang harus menggeser ke atas ke bawah. Ketika layar depan digeser ke atas ke bawah untuk mencari aplikasi, kerap yang muncul malah menu-menu shortcut. Nah di sinilah kita bisa menemukan banyak fitur bawaan dari ColorOS baru yang bisa diandalkan seperti dark mode, perekaman layar, mode berkendara, mode hemat energi, waktu tenang, sampai mode layar hitam. Semua mode itu bisa diaktifkan hanya dengan sekali sentuh.

Oppo A92 - layar-1

Kamera
Seperti disebutkan sebelumnya, Oppo A92 dilengkapi empat kamera utama dan satu kamera selfie. Kamera selfie ini diletakkan di sisi kiri atas. Resolusinya sebesar 16MP dengan dukungan aperture f2.0, dan tentu saja dipersenjatai dengan fitur AI Beautification. Kamera selfie Oppo memang terkenal bisa membuat objek lebih putih, wajah lebih tirus, hidung mengecil, mata lebih lebar dan dagu lebih runcing. Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Bokeh yang ikonnya terletak di kiri atas. Dengan Bokeh, objek akan terlihat lebih fokus karena latar belakang nge-blur.

Kamera depan ini bisa juga difungsikan untuk merekam video dengan resolusi 720p dan 1080p, kecepatan 30fps. Demikian juga dengan video slo-mo yang direkam dengan resolusi 720p. Video selfie dengan durasi 11 detik dengan resolusi 720p memiliki ukuran hampir 10MB. Sedangkan video selfie 1080p dengan durasi 10 detik memakan memori lebih dari 25MB. Sedangkan foto selfie biasa, memakan memori 2-3MB.

Hasil kamera 48MP

hasil foto 48MP

Hasil foto 16MP

hasil foto - 16mp

Oia, di kamera selfie ini selain bisa merekam video dan foto bisa juga merekam gambar panorama dan time lapse. Ada juga fitur stiker untuk membuat foto selfie lebih menyenangkan.

Sebelum ke kamera belakang, ada baiknya dijelaskan lebih dulu fungsi dari masing-masing sensor. Pertama adalah kamera utama yang dipersenjatai 48MP aperture f/1,7. Ada juga sensor kamera wide-angle 119 derajat resolusi 8MP aperture f/2.2, makro 2MP dengan lebar diafragma f/2,4 dan kamera B/W 2MP aperture f/2.4.

Untuk menggunakan kamera 48MP, yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu Foto, lalu sentuh ikon 3 garis yang ada di kanan atas maka akan muncul popup yang salah satunya bertuliskan 48MP. Sentuh ikon tersebut sampai berwarna kuning yang mengindikasikan sensor menggunakan resolusi sebesar itu.

hasil foto 192 - Lensa makro

Foto resolusi 48MP sudah pasti menghadirkan warna yang lebih tajam. Saat di zoom, foto 48MP juga tidak pecah jika diperbesar sampai 5 kali. Sedangkan hasil foto 8MP mulai blur saat mengalami tiga kali pembesaran. Foto ukuran 48MP memakan memori sampai 7,8MB sedangkan foto resolusi 8MP ukuran file-nya hanya 3MB.

Kamera Oppo A92 sepertinya tidak diragukan lagi untuk bisa mengambil foto makro atau bokeh. Saat mengambil gambar kue, kamera akan langsung mendeteksinya sebagai makanan dan otomatis membuat latar foto makanan menjadi Bokeh berkat adanya AI. Sedangkan saat menggunakan menu Potret, fitur Bokeh yang letaknya ada di ujung kanan atas harus diaktifkan terlebih dahulu. Hasilnya memang seolah tidak ada bedanya. Namun ketajaman warna pada objek yang difokuskan akan terlihat beda. Pasalnya, menu Potret hanya menggunakan kamera resolusi 2MP.

Kamera utama ini juga bisa merekam video 720p, 1080p sampai 4K. Semakin tinggi resolusi yang digunakan akan memakan memori penyimpanan besar juga. Untuk video 720p, memori yang dikonsumi hanya 9MB, sedangkan 1080p sekira 25MB dan video 4K memakan memori penyimpanan 62,5MB. Beruntung A92 punya memori RAM 8GB dan ROM 128GB.

night mode-1

Oppo A92 juga memiliki fitur night mode. Untuk mengaktifkannya, tinggal menggeser ke mode paling ujung kiri. Lalu bidik ke arah objek saat malam hari. Usahakan ada sedikit cahaya, setidaknya cahaya bulan. Night mode bukan berarti anda memotret di dalam gelap, tapi memotret malam hari, dimana setidaknya ada cahaya bulan dan lampu-lampu jalan atau rumah. Saat tombol shutter ditekan, tunggu selama 7 detik agar lensa bisa mengambil gambar malam hari dengan sempurna.

Mengapa butuh waktu 7 detik untuk bisa menangkap gambar malam hari? Ini dikarenakan shutter speed yang membutuhkan waktu untuk bisa mengumpulkan cahaya yang tertangkap kamera. Biasanya semakin gelap maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan cahaya pada situasi tersebut.

Selain mode-mode tersebut, kamera utama Oppo A92 juga bisa menangkap gambar melalui mode Pro, Panorama, time lapse, slo-mo, stiker dan slo-mo. Oia, AI pada kamera utama ini akan mendeteksi objek yang akan ditangkap. Selain itu, AI juga mendeteksi seberapa banyak jumlah cahaya yang mengelilingi objek tersebut.

Performa
Harga Rp4 juta dirasa cukup ideal untuk sebuah smartphone yang dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 665. Prosesor tersebut telah terjamin memiliki fitur yang cukup keren. Mulai dari Hyper Boost yang secara efisien meningkatkan kinerja handset pada tingkat sistem dan menghadirkan pengalaman gaming yang lancar dengan frame rate yang tinggi. Sampai mode-mode dalam penggunaan smartphone ini, dan juga asisten cerdas tentunya.

Untuk memastikan kecepatan dan kelancaran sistem, sang vendor membenamkan AM LPDDR4X 8GB + ROM 128GB. Tak pelak, kapasitas dan jenis RAM ini membuatnya dapat berjalan tanpa adanya lag. Ada Mode Multi-User untuk membuat ruang kerja dan gaya hidup tetap terpisah, dan mode berkendara khusus untuk pengendara sepeda motor. OPPO A92 juga menghadirkan perlindungan Privasi Real-Time untuk meningkatkan keamanan data pribadi pengguna. Termasuk juga menu untuk memberikan keleluasaan bagi orang tua untuk mengontrol perangkat.

Selain sertifikasi Hi-Res dan Widevine L1, OPPO A92 juga menawarkan pengalaman audio-visual yang luar biasa dengan banyak fitur baru. Dual Stereo Speaker terletak masing-masing pada bagian atas dan bawah. Untuk meningkatkan efek suara OPPO A92 dilengkapi sistem tata audio Dirac 2.0.

Baterai
A92 disuplai baterai berkapasitas 5000 mAh. Tak hanya itu, kapasitas besar tak lagi jadi masalah besar karena OPPO memadukannya dengan pengisian cepat 18W. Selama menggunakan smartphone ini, Oppo A92 bisa bertahan sampai lebih dari 4 hari jika dalam kondisi standby. Sedangkan saat digunakan browsing, menonton video, mendengarkan musik, sampai berkutat di WhatsApp dan media sosial, A92 bisa bertahan selama 14 jam. Proses pengecasan bisa dilakukan selama 75 menit mulai dari 0 sampai 100 persen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article