home ×
Gadget

Review OPPO Enco Buds, TWS Bluetooth 5.0 Bikin Gaming Makin Meriah

17 June 2021 By
Review OPPO Enco Buds, TWS Bluetooth 5.0 Bikin Gaming Makin Meriah
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - OPPO menjadi salah satu produsen smartphone berikutnya yang mengusung TWS nirkabel berbentuk sumpalan kuping (buds). Yep! OPPO Enco Buds TWS terbaru dengan warna serba putih dan diklaim bisa digunakan untuk bermain game agar lebih meriah karena suaranya menggelegar.

Uzone.id mendapat kesempatan untuk mencoba OPPO Enco Buds. Kemasannya serba putih dengan tulisan berwarna abu-abu. Saat dibuka, ternyata penghuni kemasannya tidak terlalu ramai. Hanya ada satu unit TWS Enco Buds lengkap dengan cangkang bulat yang ukurannya cukup panjang, berikut dengan buku manual dan tambahan dua pasang eartips berbeda ukuran.

Ya, tak ada kabel charger di dalam kemasan kotak Enco Buds. Tidak juga kepala charger. Mungkin ini sebabnya mengapa TWS ini dijual cukup murah, di bawah Rp1 juta. Tepatnya sekitar Rp600 ribu. Tak apalah. Tokh, kabel charger dan kepala charger banyak terbuang sia-sia, warisan perangkat smartphone yang pernah kita beli sebelum-sebelumnya.

oppo enco buds-1

Desain
OPPO Enco Buds memiliki desain yang mirip dengan kacang mede. Bentuknya agak sedikit tebal dan tak ada pengait yang akan membuat buds ini tertancap sempurna di kuping. Warna putihnya membuat kita malu jika tidak menggunakan fashion yang bersih dan matching. Pasalnya, putih pada Enco Buds ini memiliki finishing yang mengkilap sehingga tampilannya bisa dibilang cukup elit.

Bobotnya bisa dibilang cukup ringan karena hanya 4 gram. Sedangkan cangkang yang berfungsi sekaligus sebagai charging case jika digabungkan beratnya hanya 37 gram. Bentuk cangkangnya bulat melebar ke samping jadi ukurannya lebih lebar ketimbang buds milik vendor lainnya.

Kabarnya ada dua pilihan warna untuk Enco Buds, yakni putih dan biru muda. Putih bisa masuk untuk penggunaan para gamers laki-laki maupun perempuan, sedangkan yang biru sepertinya cocok untuk perempuan saja karena warnanya yang soft.

Performa
Enco Buds sudah dipastikan tidak memiliki Active Noice Cancelling (ANC) yang berarti tidak ada filter yang mampu menutup suara bising di luar saat kita sedang menggunakan Enco Buds. Namun saat digunakan, ketika mendengarkan musik EDM, suaranya cukup menggelegar. Tidak heran jika kekuatan Buds ini ada di bass dengan suara HD.

Buds memang memiliki driver dinamis berdiameter 8 mm yang cukup besar di kelasnya. Chipset Bluetooth 5.2 menyediakan koneksi yang stabil antara ponsel dan OPPO Enco Buds. Serta, earbuds memiliki fitur peredam bising berbasis model DNN yang cerdas, yang menggunakan algoritma cerdas untuk membedakan suara manusia dari kebisingan latar belakang saat Anda sedang menelepon.

enco buds-1

Yang menarik, salah satu earbuds bisa digunakan terpisah. Namun dengan catatan salah satunya harus berada di dalam cangkang. Saat menggunakan satu earbud, earbud lainnya akan terputus atau mati untuk memberikan pengalaman yang optimal. Jangan coba-coba untuk berada jauh dari perangkat yang disambungkan. Minimal jarak paling efektif adalah 10 meter antara buds dengan smartphone. Sayangnya, saat kami mencoba untuk menyambungkan ke laptop HP, suara YouTube yang diputar di laptop tak muncul di buds. Padahal tak ada suara di laptop. Uzone.id masih mencoba untuk mencari alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Buds ini diklaim mampu memberikan performa yang terbaik untuk bermain game di ponsel. Suara ekosistem game di ponsel bisa langsung menggelegar di kuping. Membuat gamers makin nyaman dan bersemangat untuk menyelesaikan permainan. Untuk bisa merasakan latensi super-rendah saat bermain game, ketuk tiga kali pada sensor earbuds. Ini secara efektif dapat mengurangi latensi game dan meningkatkan sinkronisasi audio-visual untuk pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Latensinya bisa mencapai 80 ms.

OPPO Enco Buds juga mendukung AAC (Advanced Audio Coding), protokol transmisi audio definisi tinggi dengan tingkat pengkodean audio tinggi yang mempertahankan lebih banyak detail suara untuk kualitas suara yang lebih baik.

Pengoperasian
OPPO Enco Buds bisa secara otomatis menyala sendiri hanya dengan membuka casing pengisi daya. Saat menghubungkan earbuds dengan ponsel pintar untuk pertama kalinya, jendela pop-up tersedia pada model ponsel dan sistem operasi OPPO ColorOS 11.0. Untuk menjeda musik, ketuk sekali. Lalu ketuk dua kali untuk mengganti lagu. Jika mengetuk tiga kali maka bisa langsung mengaktifkan mode game. Sedangkan untuk menyesuaikan volume, tinggal sentuh dan tahan sensor buds-nya.

Oia, jangan lupa, Enco Buds dilapisi teknologi IP54 atau tahan cipratan air atau tidak mudah rusak terkena air keringat. Namun IP54 hanya menyelimuti buds, bukan cangkangnya. Ini untuk menghindari buds rusak karena terkena air keringat saat dipakai berolahraga.

Pengguna OPPO ColorOS 11.0+ dapat menyesuaikan earbud mereka dengan membuka OPPO Enco Buds lalu ke Fungsi Earbud pada antarmuka Bluetooth.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id