home ×
Technology

Review Oppo F3 Plus, Ponsel Selfie Berbaterai Bongsor

14 June 2017 By
Review Oppo F3 Plus, Ponsel Selfie Berbaterai Bongsor
Share
Share
Share
Share

UZone.id - Oppo nampaknya ingin memantapkan diri untuk dikenal sebagai rajanya ponsel selfie.

Seri F3 dan F3 Plus diluncurkan dengan tetap mengusung keunggulan di kamera depan untuk selfie, plus ditambah satu kamera lagi untuk grup selfie atau wefie.

Benar, jadi ada dua kamera yang disematkan di bagian depan F3 plus dengan peruntukan yang berbeda, satu untuk selfie dan satu untuk grup selfie.

Selama dua minggu terakhir UZone.id berkesempatan menjajal berbagai fitur yang dimiliki oleh F3 Plus, dan berikut kesan yang didapat.

Desain

Tidak banyak yang berubah dari segi desain F3 Plus, bentuknya tidak berbeda jauh dari pendahulunya, seri F1, hanya ukuran F3 Plus sedikit lebih besar.

Body-nya menggunakan konsep unibody dengan balutan bahan alumunium. Cukup terlihat elegan dengan warna silver.

Dimensinya yang besar memang agak merepotkan jika dimasukkan ke dalam saku celana, tapi untuk urusan digenggam, sudut-sudutnya yang melengkung cukup memmbuat nyaman.

Layar yang digunakan adalah Corning Gorrila Glass 5 selebar 6 inchi dengan teknologi JDI. Nyaman sekali menikmati tayangan youtube atau bermain game mobile di handphone ini.

Tombol volume masih diletakkan disebelah kiri, dan slot SIM dengan tombol power/standby yang ada disebelah kanan.

Seperti seri F1s posisi ada di bagian bawah bersama dengan port microUSB untuk mengisi baterai dan lubang speaker.

Finger Print dan Baterai Bongsor

Fitur pemindai sidik jari sebagai perlindungan ponsel Oppo F3 Plus yang dinamakan Lighting-Fast Touch Access sangatlah praktis dan responsif.

Cukup menaruh jari di atas sensor sidik jari, maka ponsel yang dalam kondisi sleep langsung bisa diaktifkan, jadi tidak perlu lagi dua kali proses.

Selanjutnya ada fitur yang menjadi salah satu favorit UZone.id saat mencoba ponsel ini, yakni VOOC Flash Charge. Isi daya baterai cepat yang memang sangat berguna bagi siapapun pengguna ponsel.

Baterai bongsor Oppo F3 Plus yang berdaya 4.000mAh bisa diisi dari kondisi kosong sampai 70% hanya dalam waktu sekitar 45 menit, keren!

Baterai ini juga yang memastikan F3 Plus bisa dimainkan seharian tanpa harus mencharge ulang. Dalam keadaan standby, ponsel ini bisa bertahan selama 2 hari sekali isi penuh.

Saat digeber penggunannya untuk aplikasi chatting, bermain game dan menonton video secara bergantian, ponsel ini bisa bertahan sampai sore dengan baterai penuh di pagi hari, luar biasa!

Kamera

Nah, untuk urusan mengambil gambar, F3 Plus memang cukup serius menggarapnya, ini dibuktikan dengan Dual Selfie Camera.

Seperti namanya, memang ada dua kamera di bagian depan ponsel untuk berswafoto. Dua kamera ini punya spesifikasi berbeda, penggunaannya pun juga berbeda.

Satu kamera yang dikhusukan untuk selfie punya spesifikasi 16 MP dengan sudut 80 derajat. Sedangkan untuk wefie kamera yang disematkan cuma 8MP, tapi punya sudut 120 derajat, jadi cukup lebar untuk menampung banyak wajah dalam satu frame.

Harus diakui. kedua kamera depan F3 Plus yang punya bukaan 2.0 ini punya hasil yang cukup tajam, saat dipakai di luar maupun di dalam ruangan.

Asiknya lagi ada fasilitas screen flash, fitur yang memanfaatkan cahaya layar ponsel untuk dijadikan flash saat berfoto yang sangat minim cahaya, dan hasilnya cukup terang!

Untuk kamera belakang OPPO membenamkan kamera beresolusi 16 MP dengan aperture F/1.7. Ini memastikan hasil foto yang tajam dan bokeh yang cukup dramatis.

Sebagai tambahan tidak lupa OPPO melengkapi kamera F3 Plus dengan fitur Smart Facial Recognition dan Beautify 4.0.

Menggunakan mode Beautify, ada pilihan untuk mengatur bokeh, seberapa blur background yang akan digunakan. Walau belum sempurna sekali tapi fitur ini cukup memberikan efek hidup di foto yang diambil.

Sedangkan dengan menggunakan mode expert memotret bisa dilakukan selayaknya menggunakan kamera foto biasa, kita bisa mengatur besar apperture, speed dan juga ISO yang akan digunakan.

Dapur Pacu

Untuk seri F3 Plus, OPPO menanam chipset Snapdragon yang cukup powerful, yakni CPU Snapdragon 653 octa-core dan GPU Adreno 510.

Sebagai penunjang komputasinya ada RAM sebesar 4GB dan media penyimpanan selebar 64GB yang bisa dinaikan menjadi 128GB.

Dengan spesifikasi ini memang performansi F3 Plus sangatlah memuaskan, ngebut untuk menjalankan aplikasi sehari-hari, bermain game dan streaming video.

Sayang UI ColorOS 3.0 yang dipakai F3 Plus masih berbasis Android 6.0 atau Marshmallow, bukan Android terbaru seri Nougat.

Kesimpulan

Jika Anda menginginkan ponsel dengan kamera yang bisa diandalkan dalam setiap kesempatan, maka OPPO F3 Plus bisa menjadi pilihan utama.

Baterainya yang bongsor serta kinerja komputasinya menjadi faktor tambahan untuk memilih ponsel ini.

Hanya saja ukuran ponsel yang dijual dengan harga sekitar Rp6,5 juta di pasaran ini memang cukup jadi kendala saat dimasukkan ke dalam saku celana.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article