home ×
Gadget

Review Oppo Reno5: Bikin Konten Jadi Lebih Seru

19 January 2021 By
Review Oppo Reno5: Bikin Konten Jadi Lebih Seru
Share
Share
Share
Share

Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Oppo Reno5 baru saja rilis di Indonesia, tepatnya 12 Januari 2021. Satu hal yang menjadi daya tarik dari ponsel ini adalah kameranya.

Ya! Oppo menambahkan banyak fitur baru untuk foto dan video. Dijual seharga Rp4,9 juta alias Rp5 juta, sekeren dan seseru apa fitur-fitur ini? Berikut pengalaman kami menggunakan Galaxy A12 selama sekitar satu minggu.

Warna hitam yang tidak terlalu spesial

Oppo Reno5 hadir dalam dua varian warna, yaitu Starry Black dan Fantasy Silver. Dalam kesempatan media preview Oppo Reno5 beberapa waktu lalu, kami sempat menggenggam Oppo Reno5 varian Fantasy Silver. Itu keren banget. Warnanya benar-benar kekinian dan cewek banget.

Nah, Oppo Ren5 yang ada di meja redaksi Uzone.id ini adalah varian Starry Black. Menurut kami, Oppo Reno5 warna hitam ini tidak sekeren Fantasy Silver. Tapi itu selera. Beberapa dari kalian mungkin tidak mempermasalahkan soal warna, karena toh ujung-ujungnya dipakaikan casing.

Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Tapi satu perbedaan menonjol antara yang varian Starry Black dan Fantasy Silver adalah bodi belakangnya. Oppo Reno5 varian Starry Black bisa meninggalkan bekas sidik jari. Sementara yang Fantasy Silver tidak meninggalkan bekas sidik jari.

Untuk desain kameranya juga semenarik yang Fantasy Silver. Meski demikian, dari segi ukuran, ponsel ini enak sekali digenggam. Dimensinya 159.1 x 73.3 x 7.7 mm dengan bobot 171 gram. Jadi, Bodinya ringan, tidak terlalu lebar atau panjang, dan tipis.

Layar luas, responsif, dan refresh rate 90 Hz

Oppo Reno5 hadir dengan layar 6,4 inci, AMOLED, dan beresolusi FHD+, 2400 x 1080. Ponsel ini juga memberikan opsi refresh rate 60 Hz dan 90 Hz. Jadi kalau ingin scroll layar dengan lebih lancar, kalian bisa pilih refresh rate 90 Hz. Tapi kalau ingin menghemat baterai, kalian bisa pilih refresh rate 60 Hz.

Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Dengan spesifikasi seperti itu, layar Oppo Reno5 responsif, serta menampilkan gambar yang tajam dan cerah. Ketika dipakai di bawah sinar matahari, layar ponsel ini juga tampak cerah dan membuat mata nyaman melihatnya.

Ponsel pintar ini juga menghadirkan bezel yang tipis dan punch hole untuk penempatan kamera selfie di pojok layar. Ponsel ini juga menghadirkan banyak opsi untuk penguncian layar, mulai dari password, in-display fingerprint, sampai facial recognition.

Performa lancar, baterai awet

Oppo Reno5 hadir dengan prosesor Snapdragon 720G, RAM 8GB dan ROM 128GB (yang bisa diekspansi sampai 256GB). Dengan spesifikasi seperti itu, ponsel terasa lancar sekali untuk bermain PUBG Mobile sekitar satu jam lebih.

Soal baterai, Oppo Reno5 hadir dengan kapasitas baterai 4.310 mAh. Saat kami pakai untuk menonton video selama satu jam, baterai ponsel ini hanya berkurang 10 persen. Jadi, menurut kami, baterai ponsel ini awet. Berdasarkan benchmark menggunakan PCMark, skor untuk battery life Oppo Reno5 adalah 16 jam 36 menit.

Satu hal yang menarik, Oppo Reno5 hadir dengan flash charge 50W. Berdasarkan pengalaman kami, butuh waktu sekitar 30 menit untuk pengisian daya dari 50 persen sampai 100 persen.

Sebagai gambaran, berikut hasil pengujian kami terhadap Oppo Reno5 menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Data: Uzone.id

Kamera dengan banyak fitur

Oppo Reno5 mengusung empat kamera belakang, yaitu 64MP Main Camera, 8MP Ultra Wide-angle Camera, 2MP Macro Camera, dan 2MP Mono Camera. Sementara itu, kamera selfie-nya beresolusi 44MP Selfie Camera.

Seperti yang sudah kami sebut di awal, Oppo Reno5 hadir dengan lebih banyak fitur di kamera dan video. Ada satu fitur baru yang menurut kami spesial, yaitu AI Mixed Portait. Fitur ini menggabungkan dua video menjadi satu. Jadi, kalian bisa membuat video diri kalian sendiri dengan background video lain. Fitur ini hanya memungkinkan perekaman video selama 15 detik.

Fitur di kamera Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Fitur menarik lainnya, yaitu AI Monochrome Video. Ini sebenarnya adalah filter. Yang membuatnya menarik, yaitu dia bisa mempertahankan warna objek, terutama yang berwarna merah, hijau, dan biru. Sementara lingkungan di sekitar objek itu berwarna hitam putih.

Tidak cuma itu, ada pula fitur-fitur lain di kamera Oppo Reno5, seperti Dual-View Video, Slo-Mo, ada pula ultra steady untuk perekaman video, dan lain sebagainya. Untuk gambaran, berikut hasil foto kami menggunakan di Oppo Reno5.

Hasil foto Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Portrait Mode Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Macro Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Night Mode Oppo Reno5. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulan

Oppo Reno5 memang unggul dalam hal fitur kamera dan video. Menurut kami, ponsel ini sangat cocok untuk para content creator yang gemar mengeksplorasi foto dan video. Ponsel ini cocok untuk orang-orang kreatif yang ingin konten-konten mereka video dan foto yang unik dan berbeda.

Dalam hal performa, ponsel ini juga lancar. Baterainya pun awet dengan dukungan pengisian daya cepat. Jadi, ponsel ini pas untuk mendukung kehidupan orang-orang yang aktif. Jadi, untuk kamu yang sedang mencari ponsel di harga Rp5 jutaan, Oppo Reno5 layak dipertimbangkan.

VIDEO: Oppo Reno5 Review, Plus Minus Sebelum Dibeli

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article