home ×
Gadget

Review Poco X3 NFC: Serba Besar dari Layar sampai Baterai

03 November 2020 By
Review Poco X3 NFC: Serba Besar dari Layar sampai Baterai
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Siapa yang tidak mau punya smartphone terjangkau tapi spesifikasi keren seperti Xiaomi X3 NFC? Di era pandemi sepert ini, perangkat teknologi laku keras untuk mendapatkan hiburan di rumah seharian penuh. Bahkan ada yang menggunakan smartphone untuk bekerja atau belajar di rumah. Makanya, banyak yang berharap ada smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun harganya terjangkau untuk ukuran kelas menengah ke baawah.

Xiaomi memberikan kesempatan kepada para pengguna smartphone untuk memiliki perangkat yang harganya terjangkau dan berspesifikasi keren. Namanya Poco X3 NFC. Harganya hanya Rp3 jutaan untuk varian RAM dan ROM yang cukup besar, yakni RAM 8GB dan ROM 128GB.

Siapa yang tidak kepincut smartphone dengan spesifikasi yang serba besar? Tak hanya punya NFC dan kapasitas RAM/ROM yang besar, Poco X3 NFC juga punya baterai besar dengan kapasitas 5160 mAh, kamera 64MP dan layar dengan refresh rate 120Hz.

poco-x3-nfc

Desain dan layar
Saat memegang pertama kali, sebagai seorang perempuan, kesan pertama yang ada di benak adalah 'Wow, gede banget!'. Yep, memang besar. Dimensinya sekitar 165.3x76.8x9.4 mm. Jadi ketebalannya mencapai 9,4 mm, sehingga terlihat kekuatannya saat digenggam. Saking besarnya, tidak heran jika smartphone ini cukup berat saat ditenteng. Mungkin karena ada baterai yang cukup besar juga di dalamnya sehingga bodi X3 NFC masuk kategori bongsor.

Di bagian samping kanan diletakkan tombol volume yang ditemani dengan sensor fingerprint di bawahnya. Sensor ini bisa difungsikan juga sebagai tombol on/off. Jika disentuh, maka akan berfungsi sebagai sensor sidik jari, namun jika ditekan maka akan membuka layar. Lubang speaker ada lima di bagian bawah untuk mengeluarkan suara, berdampingan dengan lubang earphone dan port charger. Sedangkan slot sim card ada di bagian kiri. Saat terbuka ada slot untuk dua sim card di sini, lengkap dengan slot microSD.

Bodi belakang memang terbuat dari plastik, namun kesan plastiknya tak terlalu kentara. Yang bikin smartphone ini laki banget adalah desain belakangnya memiliki list yang cukup lebar di bagian tengah. Sejajar dengan tempat kamera belakang. Rumah kamera dibuat bulat, walaupun sejatinya berbentuk rectangular. Sudah badannya bongsor, kameranya tebal pulak. Laki banget deh pokoknya.

Namanya juga Poco X3 NFC, ya sudah pasti ada teknologi NFC di dalamnya untuk mendukung pembayaran nirsentuh. Ditambah, X3 ini sudah dibekali dengan rating IP53 yang bisa melindungi smartphone dari debu dan percikan air. Padahal, tidak banyak smartphone terjangkau yang punya rating proteksi seperti ini.

poco-x3-nfc-3

Layar Poco X3 NFC dilindungi oleh lapisan Gorilla Glass 5, dengan bezel atas dan samping yang ramping namun tetap tidak menolong kesan tebal bodi. Sebuah selfie kamera 20MP terletak di dalam notch yang ditempatkan di tengah. Teknologi layarnya berbasis panel IPS dengan ukuran yang cukup lebar, sekira 6,67 inci. Layar sebesar itu mampu menghadirkan tampilan dengan resolusi 1080 x 2400 atau setara FHD+ karena kerapatan pikselnya bisa sampai 395 ppi. Jadi wajar jika smartphone ini bisa menghasilkan gambar yang mendukung HD10.

Performa layarnya juga didukung dengan refresh rate 120Hz sehingga tampilannya saat menonton video atau bermain game, cukup mulus pergerakannya. Warna-warnanya terlihat keluar dan jelas. Saat layar bersentuhan dengan sinar matahari, tampilannya masih terlihat dengan jelas walaupun layar di level 50 persen.

poco-x3-nfc-2

Kamera
Meski harganya murah, Xiaomi tetap memberikan yang terbaik dari sisi kamera. Satu kamera di depan untuk selfie, dan empat kamera di belakang. Sensor Sony IMX682 dengan resolusi 64MP bukaan f/1.9 disematkan sebagai kamera utama di belakang. Kamera itu bertengger di tengah, bak raja yang dikelilimgi dayang-dayangnya di sisi kaman kiri, atas bawah. Ada kamera resolusi 13MP f/2.2, dan sepasang kamera makro dan depth sensor berukuran 2MP f/2.4. Meskipun kamera utama mampu menangkap foto 64MP (diaktifkan melalui mode pemotretan khusus), Xiaomi Poco X3 NFC mengambil gambar 16MP secara default.

1600097944326

Portrait mode

Hasil foto Poco X3 NFC memang terlihat alami dan tajam, sekaligus menangkap lebih detail. Mode portrait 64MP juga sangat bagus, meskipun beberapa tekstur rumit sedikit tak terlalu keluar warnanya. Sedangkan untuk urusan video, Poco X3 NFC menghasilkan rekaman yang sepenuhnya stabil hingga resolusi 4K pada 30fps. Untuk merekam dengan hasil yang maksimal, bisa aktifkan mode 'Video Stabil' yang ada di atas layar namun hanya bisa digunakan saat merekam dengan format 1080P 30fps.

Jika ingin hasil foto yang maksimal, jangan lupa untuk mengaktifkan mode AI yang ada di atas layar. Di sini, smartphone akan membuat kamera lebih fokus ke obyek. Hasilnya bisa menjadi foto bokeh dengan warna obyek yang lebih terlihat jelas.

1600100035603

Night Mode

Poco X3 memang punya banyak kamera yang bisa digunakan memotret dalam segala situasi. Ada night-mode, sampai slomo. Ada juga menu untuk merekam video singkat selama 15 detik. Untuk Vlog, Xiaomi memiliki fitur sendiri yang hasilnya tentu beda dengan video biasa. Hanya saja, untuk mengambil gambar, butuh banyak kapasitas ruang memori. Tidak heran jika memori Poco X3 besar-besar. Satu foto Portrait saja bisa memiliki ukuran file sampai 39MB. Paling kecil, ukuran file foto adalah 7MB. 

Performa
Poco X3 NFC bisa dibilang sebagai smartphone pertama di segmen menengah yang menggunakan prosesor 732G. Jadi tidak bisa dipungkiri lagi jika smartphone ini tidak bisa disaingi oleh brand manapun. Selain 732G, smartphone ini dibekali juga dengan grafis Adreno 618. Keduanya mampu memberikan kinerja yang cukup bisa diandalkan saat bermain game berat.

poco-x3-nfc-7

Kapasitas baterainya pun cukup mengesankan. Dengan 5160 mAh, POco X3 NFC bisa bertahan sampai 19 jam untuk sekali pengecasan dan penggunaan standar seperti menonton video, main game PUBG, browsing media sosial, sampai menggunakan kamera untuk foto dan video, bahkan mengeditnya di smartphone.

Dengan semua spesifikasi dan harga terjangkau yang ditawarkan Poco X3 NFC, dijamin para pembeli pertama Poco X3 NFC akan langsung menjadi Mi Fans dalam waktu lama. Walaupun bodi belakang terbuat dari plastik dan cukup 'Gede Banget' untuk digenggam tangan wanita, setidaknya Poco X3 NFC telah menunjukkan kekuatannya untuk menjadi mid-range killer.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Satria Kelana 03 November 2020 | 14:55:08

ponsel ini layak untuk dibeli spesifikasi mantap banget harganya terjangkau

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article