home ×
Gadget

Review Realme 8 Pro: Fitur Kameranya Lebih Kaya

15 April 2021 By
Review Realme 8 Pro: Fitur Kameranya Lebih Kaya
Share
Share
Share
Share

Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Meyka Septira)

Uzone.id - Realme akhirnya resmi meluncurkan dua ponsel mid-range, yaitu Realme 8 dan Realme 8 Pro di Indonesia pada 7 April 2021. Bicara lebih khusus mengenai Realme 8 Pro, ini merupakan ponsel pertama dari Realme dengan resolusi kamera 108MP.

Realme 8 Pro dengan kapasitas penyimpanan 8GB/128GB dijual seharga Rp4,49 juta. Harga ini sebenarnya tidak bisa dibilang terjangkau. Mengapa? Karena ada ponsel mid-range dari merek lain yang juga mengusung kamera 108MP. Rilis akhir Maret 2021, varian tertinggi ponsel tersebut hanya dibanderol seharga Rp3,99 juta.

Tapi terlepas dari itu, Realme 8 Pro sebenarnya punya beberapa keunggulan yang layak dipertimbangkan. Untuk tahu lebih jauh mengenai ponsel ini, simak review kami.

Bodi tipis dengan desain mencolok

Realme 8 Pro hadir dengan dimensi 160.6 x 73.9 x 8.1 mm, dan bobotnya 176 gram. Ponsel ini terasa tipis dan ringan ketika digenggam. Realme 8 Pro juga memiliki desain yang segar.

Realme 8 Pro mempunyai desain kamera yang terlihat berbeda. Empat kamera belakang di ponsel ini diletakkan menonjol dengan rumah kamera berbentu persegi panjang.

Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Meyka Septira)

Di bawah kamera-kamera ini, ada tulisan 108 MP Quad Camera. Keterangan ini seperti penegasan untuk keunggulan dan identitas Realme 8 Pro.

Untuk bodi belakangnya, Realme 8 Pro menggunakan proses teknologi AG-Crystal. Proses AG ini memberikan kesan seperti pemandangan langit berbintang yang tersusun dari butiran-butiran kecil yang padat. Desain ini Realme sebut dengan Infinite Starry Design.

Berkat desain seperti ini, sidik jari tidak mudah tertinggal di bodi belakang ponsel. Hal ini turut membuat ponsel tampak bersih.

Layar Super AMOLED

Realme 8 Pro hadir dengan layarnya Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan rasio layar 90 persen. Resolusi layarnya 1080 x 2400. Di bagian pojok atas layar, Realme mengusung punch hole untuk penempatan kamera selfie.

Baca juga: FOTO: Lihat Bodi Realme 8 Pro yang Lebih Segar

Sayangnya, Realme 8 Pro belum mengusung refresh rate yang tinggi pada layar. Hal ini merujuk pada ketiadaan opsi refresh rate di ponsel.

Soal penguncian layar, Realme 8 Pro memberikan banyak opsi untuk penguncian layar, mulai dari password, finger print in display, dan face unlock.

Pakai prosesor yang didesain untuk gaming

Soal performa Realme 8 Pro didukung Snapdragon 720G. Ini merupakan chipset yang baru dirilis Januari 2021 oleh Qualcomm. Snapdragon 720G meluncur bersama dengan chipset varian lain, seperti Snadragon 662 dan Snapdragon 460.

Ketiga chipset ini diperuntukan buat ponsel kelas menengah. Soal Snapdragon 720G, keterangan G menunjukkan bahwa chipset ini didesain untuk gaming.

Realme 8 Pro juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan konfigurasi ini, Realme 8 Pro dapat bekerja dengan baik untuk bermain game, seperti PUBG Mobile.

Menariknya, ada pula fitur Game Assistant. Fitur ini juga ada di Realme C25 yang rilis di Indonesia pada 23 Maret 2021. Fitur ini muncul, ketika kami akan bermain game.

Sebagai contoh, saat kami masuk ke aplikasi PUBG Mobile, bar Game Assistant berwarna hijau langsung muncul. Fitur ini menghadirkan banyak opsi, seperti Reject Calls, Block Notification, Screenshot, Screen Recording, dan lainnya.

Kapasitas baterai standar, tapi punya fast charging 50W

Realme 8 Pro mengusung kapasitas baterai 4500 mAh. Kapasitas baterai ini tidak bisa dibilang besar atau kecil, tapi standar. Setelah kami benchmark menggunakan PC Mark, skor batery life ponsel ini hanya 9 jam 39 menit.

Menariknya, Realme 8 Pro menghadirkan fast charging 50W SuperDart Charger. Berdasarkan pengalaman kami, butuh waktu hanya satu jam untuk mengisi baterai dari kosong sampai 100 persen.

Sebagai gambaran soal performa, berikut hasil pengujian kami terhadap Realme 8 Pro menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Data: Uzone.id

Kamera 108MP

Realme 8 Pro hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108MP, lensa ultra-wide 8MP dengan sudut pandang 119 derajat, lensa makro 2MP, dan lensa B&W 2MP. Ponsel ini juga memiliki kamera selfie beresolusi 16MP.

Kamera utama 108MP di ponsel ini mampu menghadirkan foto dengan ukuran besar, mencapai sekitar 33MB. Selain itu, Realme 8 Pro juga membawa banyak fitur foto dan video yang menarik, seperti Starry Mode untuk mengoptimalkan pengambilan foto pemandangan langit malam, Dual-View Video, AI Mixed Portrait, Ultra Macro, Time-Lapse, Slo-Mo dan lainnya.

Baca juga: Review Realme C25: Baterai Jumbo dan Pas untuk Penyuka Mobile Game

Realme 8 Pro juga menghadirkan ultra steady untuk perekaman video yang lebih stabil. Fitur menarik lainnya, yaitu AI Color Portrait pada Video.

Ini sebenarnya adalah filter. Yang membuatnya menarik, yaitu AI Color Portrait bisa mempertahankan warna objek, terutama yang berwarna merah, hijau, dan biru. Sementara lingkungan di sekitar objek itu berwarna hitam putih.

Sebagai gambaran, berikut hasil foto menggunakan Realme 8 Pro.

Hasil foto Ultra Macro Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Starry Mode Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Starry Mode Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil foto Starry Mode Realme 8 Pro. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulan

Realme 8 Pro unggul dalam kamera. Hal ini terbukti dari resolusi kamera utamanya yang besar, yaitu 108MP, dan banyaknya fitur untuk foto dan video.

Menurut kami, ponsel ini sangat cocok untuk para content creator yang gemar mengeksplorasi foto dan video.

Ponsel ini juga cukup bersaing dengan ponsel kelas menengah lainnya dalam hal performa, karena Realme 8 Pro sudah mengusung prosesor Snapdragon 720G. Meskipun hadir dengan kapasitas baterai standar 4500 mAh, Realme 8 Pro punya fast charging 50W.

VIDEO: Review Realme 8 Pro Indonesia

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article