Gadget

Review Realme C25: Baterai Jumbo dan Pas untuk Penyuka Mobile Game

  • 07 April 2021
  • Bagikan :

    Realme C25. (Foto: Meyka Septira/Uzone.id)

    Uzone.id - Realme akhirnya resmi meluncurkan dua ponsel entryl-level, yaitu Realme C21 dan Realme C25 di Indonesia pada 23 Maret 2021. Keduanya merupakan ponsel yang telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability, sehingga tahan terhadap beberapa kondisi, seperti jatuh, suhu super tinggi serta rendah, dan lainnya.

    Tapi terlepas dari itu, kedua ponsel ini sebenarnya punya spesifikasi menarik. Bicara lebih khusus soal Realme C25, ponsel ini dijual seharga Rp2 jutaan dan punya kapasitas baterai 6000 mAh.

    Apakah itu saja yang ditawarkan Realme C25? Tidak. Untuk tahu lebih jauh mengenai ponsel ini, simak review kami.

    Bodi tebal, tidak ada yang baru dalam hal desain

    Realme C25 hadir dengan dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm, dan bobotnya 209 gram. Mengenai bodi, ponsel ini terasa tebal ketika digenggam.

    Dari segi desain, termasuk desain rumah kamera di bodi belakang, ponsel ini mirip dengan ponsel Realme seri C lainnya.

    Realme C25. (Foto: Meyka Septira/Uzone.id)

    Realme C25 warna Biru Air ini juga tampak cerah. Realme C25 juga menempatkan sensor sidik jari di bodi belakang.

    Di sini, ada pula pola garis-garis yang kemungkinan membuat ponsel ini tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari. Jadi, dari sisi desain, sebenarnya tidak ada sesuatu yang baru yang ditawarkan oleh Realme C25.

    Layar standar
    Realme C25 hadir dengan layarnya LCD berukuran 6,5 inci dengan rasio layar 88,7 persen. Resolusi layarnya 1600x720 piksel dengan tingkat kecerahan maksimum 480nits.

    Di bagian atas layar, Realme C25 mengusung water drop untuk penempatan kamera selfie 8MP. Berdarkan pengalaman kami, layar ponsel ini juga cukup responsif. Cukup mudah ketika ingin geser layar ke kanan kiri atas bawah.

    Ponsel ini juga memberikan banyak opsi untuk penguncian layar, mulai dari password, sidik jari, dan face unlock.

    Performa layak untuk bermain game

    Realme C25 didukung MediaTek Helio G70, serta RAM 4GB dan ROM 64GB. Ketika kami pakai bermain PUBG Mobile selama sekitar satu jam, ponsel ini dapat bekerja dengan lancar. Ponsel ini juga sudah berbasis Android 11.

    Menariknya, ada pula fitur Game Assistant. Fitur ini akan muncul, ketika kami sedang bermain game. Sebagai contoh, saat kami masuk ke aplikasi PUBG Mobile, bar Game Assistant berwarna hijau langsung muncul.

    Fitur ini menghadirkan banyak opsi, seperti Reject Calls, Block Notification, Screenshot, Screen recording, dan lainnya.

    Realme C25 juga mengusung kapasitas baterai 6000 mAh dengan fast charging 18W. Untuk mengisi baterai sekitar 50 persen, kami butuh waktu sekitar dua jam.

    Ketika kami pakai untuk bermain PUBG Mobile selama sekitar satu jam, baterai ponsel ini juga hanya berkurang 10 persen persen.

    Setelah kami benchmark menggunakan PC Mark, skor battery life ponsel ini adalah 27 jam. Sebagai gambaran soal performa, berikut hasil pengujian kami terhadap Realme C25 menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

    Data: Uzone.id

    Kamera dengan fitur yang cukup

    Realme C25 hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48MP, lensa B&W 2MP, lensa makro 2MP. Ponsel ini juga memiliki kamera selfie beresolusi 8MP.

    Untuk kelas entry-level, fitur-fitur kameranya termasuk banyak. Ada Night Mode, Video, Photo, Portrait, 48MP, Ultra Macro, dan lainnya.

    Video di ponsel ini mendukung perekaman 720p/30fps dan 1080p/30fps. Sebagai gambaran, berikut hasil foto menggunakan Realme C25.

    Hasil foto Night Mode Realme C25. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
    Hasil foto Portrait Realme C25. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
    Hasil foto Ultra Macro Realme C25. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

    Kesimpulan

    Realme C25 cocok untuk pengguna yang membutuhkan ponsel pertama atau kedua untuk menunjang aktivitas harian mereka—seperti belajar atau bekerja dari rumah, dan bermain game—karena ponsel ini memiliki kapasitas baterai 6000 mAh.

    Selain itu, Realme C25 juga memposisikan diri untuk pengguna yang gemar bermain game. Hal ini terbukti dari fitur Game Assistant.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);