Digilife

Review realme C25Y, Entry Level yang Punya 50MP dan 5000 mAh

  • 24 November 2021
  • Bagikan :
    Review realme C25Y, Entry Level yang Punya 50MP dan 5000 mAh realme C25Y (foto: Sarie/Uzone.id)

    Uzone.id - Produsen smartphone asal China, realme terus melanjutkan suksesnya dengan seri C. Menutup akhir tahun, mereka memperkenalkan realme C25Y yang diklaim menjadi smartphone entry level untuk daily driver terbaru di awal tahun.

    Seri C dikenal sebagai seri yang cukup diminati oleh anak muda di Indonesia karena selain harga yang relatif terjangkau, juga ketahanan baterai yang awet dan sertifikasi ketahanan smartphone dari TÜV Rheinland. Nah, di realme C25Y kali ini, ada beberapa hal yang ditingkatkan dan diprediksi akan menjadi fitur yang bisa diandalkan.

    Salah satu peningkatan yang dimaksud adalah resolusi kamera yang ditingkatkan menjadi 50MP. Ini merupakan pertama kalinya seri C realme menghadirkan resolusi kamera yang cukup tinggi. Pasalnya 50MP dipercaya mampu mengambil foto yang lebih detil.

    realmeC25Y (5)

    realme C25Y tetap mengandalkan baterai besar 5000mAh dengan pengisian daya cepat 18W, dan kali ini ditenagai oleh prosesor octa-core mumpuni di kelas harganya, Unisoc T610. Di atas kertas, spesifikasinya memang mumpuni untuk ukuran entry level. Simak review-nya dulu.

    Desain dan Layar
    Kalau dilihat dari portfolio seri C, baru kali ini realme C25Y mengadopsi desain garis estetika yang abstak. Garis tersebut membuat permukaan memiliki tekstur sehingga cukup comfy saat digenggam, tidak mudah terpeleset dari tangan. Kebetulan Uzone.id sempat menjajal yang varian warna Glacier Blue. Warnanya biru sejuk.

    realmeC25Y (2)

    Mengadopsi layar penuh mini-drop berukuran 6,5 inci (16,5cm), realme C25Y menghadirkan bidang pandang yang lebih besar, menampilkan lebih banyak informasi sambil memberikan pengalaman bermain game, audio, dan video yang luar biasa. realme C25Y terus menggunakan desain layar penuh mini-drop klasik realme, dengan rasio layar-ke-bodi setinggi 88,7 persen, memberi pengguna pengalaman menonton yang imersif tanpa pemblokiran visual.

    Walau ada sensor sidik jari di perangkat tetapi juga mendukung pengenalan wajah yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan sekilas. Nyaman untuk dibuka dan aman untuk privasi anda pada saat yang bersamaan.

    Smartphone ini mendukung 2 kartu SIM Nano dan 1 kartu MicroSD secara bersamaan. Ini juga mendukung penambahan memori maksimum 256GB, membawa lebih banyak ruang untuk menyimpan game, foto, dan file.

    realmeC25Y (3)

    Kamera Utama 50MP
    realme C25Y adalah model pertama dalam seri C yang dilengkapi dengan kamera 50MP sehingga dapat mengeluarkan foto piksel besar hingga 8160x6144, menampilkan lebih banyak detail. Ada tiga kamera di bagian belakang. Kamera utama yang memiliki resolusi 50MP, dengan maksimal digital zoom 4X.

    IMG_20211117_040416_HDR

    Sedangkan lensa makro berkekuatan 2MP realme C25Y hadir dengan Lensa Makro dengan jarak fokus super dekat. Jarak fokus 4cm menutupi kurangnya fokus close-up di lensa utama. Fitur ini dapat membantu anda memotret objek dengan sangat dekat atau menikmati dunia fotografi mikro yang kreatif.

    Ada juga lensa B&W dengan resolusi 2MP. Lensa B&W memberikan efek artistik khusus potret untuk mereproduksi hasil potret dalam hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar. Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Bersamaan dengan simulasi kerja potret utama, foto disetel ke gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambahkan tekstur ke foto gaya potret akhir.

    IMG_20211117_060211

    Di bagian depan, kamera selfie 8MP dengan sensor Sony IMX355 dapat mengambil foto selfie yang jernih. Kamera juga mendukung AI Beauty Function, Mode HDR, Mode Potret, dan sebagainya. Secara keseluruhan, membuat selfie Anda indah memukau.

    Jangan lupa untuk merekam konten video dengan kamera belakang C25Y mendukung perekaman dengan format 480P/30fps, 720P/30fps, 1080P/30fps. Sedangkan kamera depan mendukung format perekaman video di 480P/30fps dan 720P/30fps.

    Performa Unisoc
    realme C25Y ditenagai oleh prosesor UNISOC T610 12nm octa-core 12nm yang powerful. Platform seluler 4G octa-core baru UNISOC T610 mengadopsi desain arsitektur Arm DynamIQ. Mesin gambar Vivimagic Solution generasi kelima yang dikembangkan sendiri, dan teknologi pemrosesan tampilan berkualitas tinggi, menghadirkan pengalaman berkualitas tinggi bagi pengguna.

    Performa multi-core meningkat lebih dari 25 persen (dibandingkan dengan MTK P35, hasil tes GeekBench) dengan menggunakan teknologi 12nm yang canggih. Dengan menggunakan Arm Mali G52 3EE 2-Core GPU performa tinggi, sehingga 30 persen lebih tinggi dari produk pesaing (sebagian besar tes terkait GPU pada GFXBench v5.0 lebih baik daripada MTK P35), juga dapat meningkatkan pengalaman bermain game.

    Dengan dukungan laboratorium verifikasi Memori sendiri, perangkat keras dapat secara luas mendukung partikel Memori yang tersedia dan mendukung rentang frekuensi Memori yang lebih luas (mendukung frekuensi DDR hingga 1600MHz).

    Baterai
    realme C25Y memiliki baterai 5000mAh sehingga anda dapat menikmati penggunaan tanpa henti, kapan pun Anda mau. Menurut pengujian realme Lab, realme C25Y dapat bertahan selama 48 hari dalam mode standby. Sebenarnya kapasitas sebesar itu bisa bertahan hampir 60 jam dalam mode standby menggunakan mode hemat daya.

    Perangkat ini mengadopsi metode pengisian daya 9V/2A melalui adaptor pengisi daya dan kabel micro USB yang disertakan. Dengan OTG reverse charging, realme C25Y juga dapat menjadi penghemat masa pakai baterai.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini