home ×
Gadget

Review Realme Narzo 20 Pro: Ponsel Rp3 Jutaan Serba Aman

29 November 2020 By
Review Realme Narzo 20 Pro: Ponsel Rp3 Jutaan Serba Aman
Share
Share
Share
Share

Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

Uzone.id -- Salah satu ponsel terbaru keluaran Realme, Narzo 20 Pro hadir untuk menyasar konsumen muda. Hal paling kentara dapat dilihat dari sistem penjualannya yang serba online. Tapi, apakah spesifikasi dan keunggulan di dalamnya bakal cukup untuk menggaet anak-anak muda?

Uzone menjajal Realme Narzo 20 Pro ini selama sekitar 10 hari. Seperti apa pengalaman menggunakan ponsel yang dibanderol Rp3,4 juta ini? Baca terus ulasan di bawah ini.

Desain standar, warna agak membosankan
Kebetulan varian yang kami dapatkan adalah White Knight, warna yang sudah sangat sering menghiasi berbagai macam ponsel Android sejak 2019, yakni lapisan putih yang diberi gradasi dan pantulan warna bak aurora, seperti biru dan ungu. Bisa dibilang warna seperti ini sudah mulai membosankan, karena tak lagi unik.

Realme menggunakan bahan glossy yang mungkin menjadi favorit kebanyakan orang, namun tentunya harus rajin-rajin membersihkan permukaan agar tidak tampak kotor bekas sidik jari.

Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

Seperti halnya ponsel Android, Realme Narzo 20 Pro meletakkan modul 4 kamera di bagian sisi kiri atas secara vertikal. Desain ini akan mengingatkan kita pada Realme 7 yang sudah lebih dulu dirilis. Bedanya, Realme menambahkan tulisan “narzo” di kiri bawah punggung ponsel.

Di bagian depan, Narzo 20 Pro memakai konsep punch-hole kamera yang terletak di sebelah kiri atas untuk menampung kamera depan.

Ukuran layarnya 6,5 inci Full HD+ dan sudah pakai proteksi Gorilla Glass 3. Saat menggenggam ponsel ini, cukup terasa tebal. Sebenarnya tidak apa-apa juga, malah enak karena terasa kokoh dan tidak mudah terselip. Mungkin akan terasa kurang nyaman jika menyimpannya di saku celana.

Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina

Realme menyematkan sensor sidik jari di sisi kanan di tombol power, kecepatan membuka kuncinya juga cepat, tidak ada kendala. Di samping kiri ada tombol volume dan SIM Tray (Non Hybrid, 2 Nano SIM + Micro SD). Di bagian bawah ada 1 speaker, port USB-C, dan jack audio 3,5mm.

Performa serba aman, baterai cukup memuaskan
Realme Narzo 20 Pro dibekali chipset MediaTek Helio G95 yang sudah cukup oke untuk dipakai gaming, multitasking, main media sosial, dan streaming konten.

RAM-nya juga cukup besar di harga Rp3 jutaan, yaitu 8GB dan memori internal 128GB.

Jika melihat dari hasil benchmark AnTuTu, Realme Narzo 20 Pro menghasilkan total skor 216319, tepat berada di bawah Galaxy A70 dan di atas Realme X Lite.

Hasil AnTuTu Realme Narzo 20 Pro. (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Ponsel ini mendukung refresh rate 90Hz, yaaa opsi yang dapat digunakan secara aman, karena tidak ketinggian seperti 120Hz, namun juga tidak rendahan juga di 60Hz untuk scrolling linimasa media sosial dan main game.

Saat digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, Realme Narzo 20 Pro bisa memberikan frame rate Ultra kalau grafisnya kita pilih Smooth. Tapi kalau kalian pilih grafis HD, frame rate-nya High. Gambarnya jernih, gaming lancar, gak ada tersendat atau gambar patah-patah.

Urusan baterai, kapasitas Realme Narzo 20 Pro 4.500 mAh, standar ponsel kekinian di rentang harga Rp3 jutaan. Hal yang pantas diapresiasi dari baterai ponsel ini adalah dukungan teknologi SuperDart fast-charging sampai 65 watt. Ngecas tidak makan waktu, dari 20 persen ke 100 persen hanya sekitar setengah jam.

Memakai ponsel ini untuk streaming film durasi 2 jam, baterainya berkurang 15-20 persen saja. Main PUBG 30 menit, berkurang sekitar 10 persen. Nonton YouTube sampai 2 jam lebih, baterainya cuma terkuras 15 sampai 20 persen. Yaaa memuaskan lah untuk heavy smartphone user.

Kamera: tak ada fitur spesial, lagi-lagi semua serba aman
Realme membekali ponsel ini dengan 4 lensa di bagian belakang, rinciannya sebagai berikut.

  • Main lens: 48 MP, f/1.8
  • Ultra wide-angle: 8 MP, f/2.3
  • Macro: 2 MP, F/2.4
  • Portrait: 2 MP, f/2.4

Sementara kamera depannya 16MP Sony IMX471.

Untuk kamera ponsel harga Rp3 jutaan seperti Realme Narzo 20 Pro rasanya standar banget untuk mengusung fitur-fitur tipikal, mulai dari wide-angle, zooming, portrait, sampai night mode.

Hasil foto Auto-Mode 48MP (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)
Hasil foto wide-angle (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)
Hasil foto portrait (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Bagi orang yang tidak mencari fitur khas atau spesial dari Narzo 20 Pro, ponsel ini tentu aman. Tapi kalau kalian mencari fitur baru yang spesial dihadirkan di ponsel ini, ya harus siap gigit jari.

Buat hasil jepretan, selama mendapat pencahayaan cukup, khususnya di outdoor, hasilnya standar ponsel Rp3 jutaan, walaupun kadang-kadang komposisi atau saturasi warnanya tidak terlalu terang.

Hasil foto night mode (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)
Hasil foto Auto-Mode 48MP (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)
Hasil foto ultra-macro (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)
Hasil selfie auto-mode dan portrait (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Kesimpulan

Secara keseluruhan Realme Narzo 20 Pro bisa jadi rekomendasi baru bagi kalian yang sedang hunting ponsel di kelas menengah, khususnya yg punya bujet Rp3 jutaan, seperti first-jobber atau fresh graduate.

Sayangnya, di harga Rp3,4 juta, Realme Narzo 20 Pro tidak memiliki NFC, padahal jika melihat persaingan di range harga segitu, sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan teknologi NFC.

Kendati begitu, NFC mungkin bukan segalanya bagi sebagian orang, jadi kalau kalian tidak terlalu peduli dengan keberadaan NFC, merasa sudah cukup dengan spesifikasi kamera yang ditawarkan, dan membutuhkan kapasitas baterai yang tahan untuk seharian pemakaian, ponsel ini bisa jadi pilihan kamu.

VIDEO: Review Realme Narzo 20 Pro, Beli Jangan?

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article