home ×
Gadget

Review Realme X3 SuperZoom: Performa Tangguh, Kamera Tanggung

11 July 2020 By
Review Realme X3 SuperZoom: Performa Tangguh, Kamera Tanggung
Share
Share
Share
Share

Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Uzone.id - Ibarat teman satu geng yang janjian memakai baju seragam untuk mencuri perhatian, ponsel-ponsel flagship teranyar kini beramai-ramai menggunakan kamera berkemampuan zoom jempolan. Seakan tak mau ketinggalan gerombolan itu, Realme X3 SuperZoom turut hadir dengan kamera berkemampuan zoom hingga 60 kali.

Untuk memperkuat eksistensi smartphone teranyarnya, Realme bahkan mengganti embel-embel Pro pada generasi sebelumnya Realme X2 dengan SuperZoom pada Realme X3. Keterangan itu memang memberikan kesan istimewa dan berbeda dari yang lain.

Namun, benarkah performa penerus Realme X2 Pro ini sesuper namanya? Lewat tulisan ini, kami ingin membagikan pengalaman memakai Realme X3 SuperZoom selama sekitar tiga minggu.

Bodi layaknya ponsel kelas menengah Realme 6 Pro

Saat kali pertama menggenggam Realme X3 SuperZoom, kami teringat pada Realme 6 Pro yang rilis pada Maret 2020 seharga Rp. 4,49 juta. Bobotnya yang terasa pas, layar IPS LCD-nya, frame plastik yang mengelilingi bodinya, dan bodi belakangnya yang terbuat dari kaca, semua sama.

Setelah menelusuri kembali, gue menemukan fakta bahwa Realme X3 SuperZoom dan Realme 6 Pro memiliki ukuran dan bobot yang persis. Seperti kembar, keduanya berdimensi 163.8 x 75.8 x 8.9 mm dan berbobot 2020 g.

Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Perbedaan yang tampak di antara keduanya, yaitu ketiadaan port audio 3.5 mm pada Realme X3 SuperZoom. Layaknya ponsel flagship pada umumnya, Realme X3 SuperZoom hanya menyediakan port Type-C yang terletak di antara speaker dan SIM Slot untuk dual SIM. Sayang, Realme X3 SuperZoom tidak menyediakan Type-C to 3.5 mm headphone adapter seperti Xiaomi Mi 10.

Karena rasio antara layar dan bodi mencapai 84,7 persen, hampir seluruh bodi depan Realme X3 SuperZoom adalah layar. Ponsel ini juga menyediakan pengaturan full screen dengan tetap menampilkan kamera depan, agar tampilan lebih luas dalam bermain game atau menonton film.

Layar responsif, tapi kurang cerah di bawah sinar matahari

Seperti kebanyakan ponsel kelas atas, Realme X3 SuperZoom mengusung refresh rate 120Hz. Kenyamanan dari refresh rate 120Hz terasa saat menggeser-geser aplikasi di layar utama yang bergulir cepat.

Hanya saja, layar LCD IPS pada ponsel ini tidak memungkinkan fitur in-display fingerprint alias pemindai sidik jari dalam layar. Sebagai penggantinya, Realme X3 SuperZoom menyediakan sensor pemindai sidik jadi di kanan bodi.

Dalam peluncuran produk ini, Realme mengungkapkan alasa mereka masih menggunakan layar LCD IPS untuk mendapatkan hasil maksimal dari refresh rate 120Hz.

Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Realme X3 SuperZoom juga menghadirkan layar beresolusi 1080 x 2400 pixel, Corning Gorilla Glass 5, kepadatan layar 399 ppi, dan tingkat kecerahan hingga 480 nits.

Dengan tingkat kecerahan itu, layar Realme X3 SuperZoom tidak terlihat jelas saat berada di luar ruangan. Sebagai contoh, kami agak kesulitan melihat hasil foto di bawah terik matahari, karena layar tidak terlalu cerah.

Performa dan baterai yang tangguh

Realme X3 SuperZoom hadir dengan prosesor Snapdragon 855+. Chipset ini juga dipakai oleh Realme X2 Pro yang dibanderol dengan harga Rp7,79 juta, ASUS ROG Phone 2 yang dibanderol dengan harga Rp8,5 juga, dan masih banyak lagi.

Prosesor ini mampu diajak bermain PUBG Mobile dengan pengaturan frame rate extreme lebih dari satu jam tanpa lag. Hanya saja, bodi belakang akan cepat panas begitu ponsel dibawa bekerja agak berat, seperti bermain PUBG Mobile. Baru setengah jam baku tembak, panas di bagian belakang bodi sudah terasa.

Soal baterai, Realme X3 SuperZoom hadir dengan kapasitas baterai 4200 mAh yang mampu bertahan sekitar sehari dengan sekali charge. Untuk pengisian daya dari nol sampai 100 persen hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Sebagai gambaran, berikut adalah hasil pengujian kami untuk Realme X3 SuperZoom dengan beberapa aplikasi benchmark:

(Data: Uzone.id)

Kamera SuperZoom yang tanggung

Realme X3 SuperZoom hadir dengan lensa periskop 8MP, 64MP ultra high-resolution wide-angle camera, 8MP ultra wide-angle lens, dan lensa makro 2MP. Lensa periskop 8MP pada ponsel ini yang berperan menghasilkan foto dengan zoom 60 kali.

Realme X3 SuperZoom juga memiliki Starry Mode yang disebut-sebut dapat menghasilkan foto langit penuh bintang yang tajam dan penuh warna. Idealnya, foto tersebut dapat dihasilkan ketika langit cerah dan tanpa polusi cahaya. Kenyataannya, kami mencoba memotret bulan purnama dari halaman rumah dengan banyak cahaya lampu di sekitar perumahan.

Hasilnya, Realme X3 SuperZoom memang mampu menangkap detail bulan purnama, tapi tidak tajam. Untuk bisa menangkap potret bulan purnama membutuhkan waktu sekitar 4-5 menit. Karena itu, tangan harus stabil atau bisa menggunakan tripod saat memotret benda langit.

Berikut hasil foto bulan purnama menggunakan Realme X3 SuperZoom. Kami akan menyandingkannya dengan hasil foto bulan purnama menggunakan Huawei P40 Pro dengan zoom 50 kali. Keduanya diambil dalam waktu yang sama.

Sebagai catatan, kami bukan ingin membandingkan apple to apple di antara keduanya, melainkan hanya memberikan gambaran foto bulan purnama yang kurang tajam dan mendekati tajam.

Hasil foto memakai Huawei P40 Pro (kiri). Hasil foto memakai Realme X3 SuperZoom (kanan). (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Untuk hasil foto dari 64MP ultra high-resolution wide-angle camera, warna asli dari objek tidak terlalu tampak. Kalian bisa melihat bahwa warna langit pada foto agak pudar dan cenderung putih.

Hasil kamera 64MP Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Menariknya, mode malam pada Realme X3 SuperZoom memberikan hasil yang ciamik dan layak diunggah di media sosial. Kamera mampu menghasilkan foto yang cerah di malam hari.

Hasil mode malam Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Untuk kamera makronya, kalian bisa menggunakannya secara otomatis dengan mengatur jarak antara kamera dan objek sekitar 4 cm. Hasilnya, fokus utama pada objek tidak terlalu tajam, sementara blur sebagai latar belakang tidak terlalu tampak.

Hasil kamera makro Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Sementara itu, efek bokeh yang dihasilkan Realme X3 SuperZoom sangat tajam pada objek utama, dan blur tampak halus di latar belakang. Realme X3 SuperZoom juga menyediakan mode ultra steady, agar pengambilan video lebih stabil.

Efek bokeh Realme X3 SuperZoom. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kesimpulannya

Dengan banderol harga Rp7,99 juta alias Rp8 juta, Realme X3 SuperZoom merupakan ponsel flagship dengan performa tangguh dan kemampuan kamera yang tanggung.

Ponsel ini cocok untuk orang-orang yang ingin beralih dari ponsel kelas menengah ke flagship dengan budget di bawah Rp10 juta.

Ponsel ini pas untuk kalian yang ingin memiliki ponsel harian dengan baterai tahan lama dan performa tangguh untuk menonton video, bermain game, dan lainnya.

Untuk hasil foto bulan purnama gue dengan kamera zoom 60 kali Realme X3 SuperZoom memang belum sempurna alias belum tajam. Lagipula, foto tersebut diambil di tengah kondisi banyak cahaya.

Tapi itu layak untuk dibagikan ke media sosial. Bila kalian memotret bintang dalam kondisi ideal dengan langit cerah dan tanpa polusi, kalian mungkin bisa menghasilkan foto bintang yang tajam.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article