icon-category Gadget

Review: Redmi Note 11 Pro, Bikin Betah Ngonten Seharian!

  • 20 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Redmi Note 11 Pro (Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Maret lalu, Xiaomi telah merilis rangkaian seri Redmi Note 11, salah satunya adalah Redmi Note 11 Pro 4G yang sedang saya pegang saat ini. 

    Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, smartphone ini adalah salah satu smartphone All-Rounder, atau serba bisa. Bisa digunakan untuk aktivitas menonton dan mendengarkan musik, bikin konten foto dan video, bahkan untuk main game juga gak masalah.

    Nah, saya dapat kesempatan buat nyobain smartphone Redmi Note 11 Pro, nih. Kira-kira apa saja yang saya rasakan ketika memegang smartphone ini? Yuk cek beberapa poin berikut ini.

    Desain

    Soal desain, seperti smartphone kekinian lainnya, Redmi Note Pro 5G ini punya desain frame datar yang bikin kokoh dan gak licin saat dipegang.

    Ukurannya yang besar cukup bikin saku kecil saya kewalahan tapi sepadan dengan desainnya yang stylish dan mewah. Redmi Note 11 Pro ini punya dimensi 164.2 mm x 76.1 mm x 8.12 mm dan bobot 202 gram. Selain kewalahan di saku, smartphone ini juga cukup kewalahan ketika dipegang satu tangan.

    IMG20220430145921

    Xiaomi menggunakan material kaca untuk bagian belakang dan juga plastik untuk bagian frame-nya. Nah, varian yang sedang saya pegang yaitu Atlantic Blue. Warna gradasi biru keunguan dan taburan blink-blink seperti bintang cocok sekali dengan namanya.

    Desain kameranya dirancang dengan dua tonjolan yang tidak terlalu berlebihan alias gak ganggu. Tonjolan persegi yang lebih tinggi ini jadi rumah kamera utamanya, sedangkan tonjolan rendah menjadi rumah untuk kamera dan lampu flash.

    Selanjutnya, di bagian samping kanan terdapat tombol volume dan juga on/off, lalu di bagian kiri dibiarkan kosong. Untuk bagian atas, terdapat jack audio 3.5mm, IR Blaster, dan juga speaker audio yang juga hadir di bagian bawah. Di bagian bawah juga terdapat slot hybrid dual SIM + MicroSD dan juga port pengisi daya USB Type-C.

    Layar

    Layar dari smartphone mengusung layar FHD+ Super AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz. Refresh rate-nya bisa di setting menjadi 60Hz dan 120Hz, tergantung dengan kebutuhan. Kemudian, terdapat lubang untuk rumah bagi kamera depannya di bagian tengahnya.

    IMG20220430150248

    Dengan resolusi 2400x1080 piksel, smartphone ini memanjakan pengguna yang hobi nonton film dan series seperti saya. Dengan tingkat kecerahan 1200 nits, layar smartphone ini tetap nyaman dilihat indoor maupun outdoor di siang hari.

    Baterai dan Performa

    Punya kapasitas baterai 5000mAh dan kemampuan fast charging 67W turbo-charging, smartphone ini bisa mengisi daya 1-100 persen dalam waktu sekitar 1 jam 10 menit-an.

    Baterainya juga mampu bertahan seharian bahkan lebih, ketika digunakan untuk hunting foto dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore, baterai yang terkuras hanya 40 persen saja.

    Kemudian untuk main game seperti Mobile Legend: Bang Bang sekitar 30 menit, baterai yang terpakai hanya 9 persen. Dari pengujian di aplikasi PC Mark, Redmi Note 11 Pro ini punya masa baterai 10 jam 57 menit.

    Performa mulus smartphone ini hadir berkat prosesor MediaTek Helio G96 yang dipadukan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB. Tak cuman itu, jika kalian masih kurang dengan RAM 8GB, Redmi Note 11 Pro ini sudah dibekali dengan fitur perluasan RAM sebesar 3GB.

    Untuk membuka sekitar 10 aplikasi secara bersamaan, tak ada lag sama sekali, begitupun dengan transisinya yang mulus ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

    Salah satu yang saya kagumi dari smartphone ini adalah suhunya yang tidak gampang menghangat, hal ini berkat adanya sistem pendingin dari Xiaomi. Ketika bermain game, suhu yang terasa tidak terlalu panas, hanya sedikit menghangat ketika bermain lebih dari 1 jam.

    Salah satu fitur yang membuat smartphone ini semakin All-Rounder adalah sensor NFC-nya yang useful untuk berbagai aktivitas mulai dari mengecek saldo E-Money, Transaksi pembayaran dan berbagi koneksi Wi-Fi. 

    Berikut beberapa hasil benchmark yang dilakukan menggunakan beberapa aplikasi:

    Kamera

    Salah satu yang bikin saya betah menggunakan smartphone ini adalah hasil kameranya yang instagram-able alias ciamik. 

    Redmi Note 11 Pro ini punya kamera utama sebesar 108MP, kamera ultra wide angle 8MP, kamera depth 2MP dan kamera macro 2MP. Untuk kamera depannya, Redmi Note 11 Pro dibekali dengan kamera 16MP front camera yang diklaim hadir dengan foto selfie yang jernih dan alami.

    Kamera utamanya memberikan hasil yang cerah di siang hari maupun malam hari dengan mode malam, lebih colorful dari warna aslinya, dan memberikan detail yang cukup apik.

    IMG20220430150229

    Begitupun untuk kamera ultrawide 8MP dengan perluasan 0,6 kali yang mampu menangkap objek lebih luas dengan cukup baik. Kamera makro 2MP nya juga bisa mengambil objek foto dari jarak dekat dengan detail yang baik. 

    Nah, untungnya, kamera selfie 16MP menghasilkan foto yang detail, kecerahan dan eksposur yang baik.

    Untuk melihat beberapa hasilnya, berikut beberapa foto yang diambil menggunakan kamera Redmi Note 11 Pro:

    IMG_20220515_124342

    1650447447185

    1652624769362

    Kesimpulan

    Selama menggunakan smartphone ini, saya hampir lupa kalau smartphone ini dibanderol dengan harga Rp3 jutaan alias murah banget. Smartphone menengah dengan kualitas ala-ala flagship ini memang cocok disebut All-Rounder atau serba bisa, mulai dari desainnya yang kokoh, besar dan mewah berkat flat frame yang diusung, performa yang mumpuni untuk semua aktivitas, kamera 108MP yang memanjakan pecinta konten, begitupun baterai yang awet untuk menemani aktivitas sehari-hari.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini