Digilife

Review Samsung Galaxy A52s 5G: Kecemplung Air Gak Masalah

  • 15 October 2021
  • Bagikan :
    Review Samsung Galaxy A52s 5G: Kecemplung Air Gak Masalah

    Samsung Galaxy A52s 5G (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Samsung Galaxy A52s 5G yang dijual di pasar Indonesia seharga Rp6.499.000. Ponsel ini punya fitur unggulan seperti IP67, yang berarti ponsel tersebut anti-debu dan anti-air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

    Selain itu, ponsel segmen menengah ke atas ini membawa fitur kekinian, yakni memory card slot microSDXC, Layar Super AMOLED hingga baterai 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 25W hingga kamera utama 64MP yang didukung IOS.

    Omong-omong ponsel harga Rp6 jutaan, Samsung Galaxy A52s 5G ini bersaing dengan Blackshark 4, OPPO Reno6 5G dan Xiaomi Mi 10T Pro.

    Ada beberapa fitur yang menarik pada Samsung Galaxy A52s 5G ini, meskipun harganya memang tak bisa dibilang murah ya.

    BACA JUGA: Joko Anwar Berbagi Tips Bikin Film Pakai vivo X70 Pro

    Samsung Galaxy A52s 5G (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

     

    Desain

    Untuk desain Samsung A52s 5G masih dibilang mirip dengan ponsel Samsung untuk kelas menengah lainnya. Termasuk masih mirip dengan sang kakak, Samsung Galaxy A52, di mana di bagian bodi belakang terdapat tiga kamera dengan bulatan besar dan ada satu kamera kecil yang didukung LED Flash.

    Kemudian, di bagian sisi bawah terdapat satu buah lubang speaker, satu lubang mikrofon dan satu lubang jack audio 3.5 mm.

    Di bagian samping kanan terdapat tombol power tanpa sensor sidik jari dan tombol volume. Untuk di bagian samping kiri tidak terdapat fitur apa pun.

    Slot untuk micro-SD terdapat di sisi bagian atas dan di sampingnya terdapat lubang mikrofon dan ada lubang speaker yang desain lubangnya tipis memanjang tepat di atas kamera selfie.

    Bobot Samsung A52s 5G tergolong ringan, yakni 189 gram. Hal itu tentu terbantu dengan material plastik yang membungkus mesinnya.

    Kemudian, ponsel ini punya dimensi yang sama dengan Samsung Galaxy A52: panjang 159,9mm, lebar 75,1mm dan tebal ,.4mm.

    Samsung Galaxy A52s 5G (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

     

    Layar

    Samsung Galaxy A52s 5G masih mengandalkan layar yang bikin mata betah berlama-lama di depan layarnya karena sudah Super AMOLED dan dilapisi Gorilla Glass 5. Juga didukung refresh rate 120Hz dengan kecerahan maksimal 800 nits (HBM).

    Ketika saya memutar lagu rock dan lagu ballad di Samsung Galaxy A52s 5G, suaranya asyik banget karena sudah didukung dual speaker yang berada di sisi bagian bawah dan atas.

    Kemudian, saya pakai juga untuk nonton film. Karena pakai Super AMOLED, warna-warna yang dihasilkan begitu kontras sehingga nonton film di Samsung Galaxy A52s 5G ini dapet banget rasa sinematiknya.

    Performa

    Performa Samsung Galaxy A52s 5G tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 780 5G dan ditambahkan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

    Layar dengan refresh rate 120GB yang dimiliki Samsung Galaxy A52s 5G tentu saja sangat berguna banget ketika kita bermain game yang populer seperti PUBG, Mobile Legend hingga Gengshin Impact atau ketika menggulirkan layar, dijamin streamingnya mulus abis.

    BACA JUGA: Pinjol Ilegal Ditutup, Kominfo Blokir 4.873 Konten Fintech Ilegal 

    Kamera

    Bagian belakang Samsung Galaxy A52s 5G terdapat quad camera, di mana kamera utamanya pakai sensor 64MP (wide) dengan OIS, 12 (ultrawide dengan sudut 123 derajat), 5 MP (macro), 5 MP (depth) serta didukung LED flash, panorama dan HDR. 

    Untuk kamera depan atau selfie camera menggunakan kamera 32 MP (wide) dan fitur HDR. Asyiknya, kamera belakang maupun depan sudah bisa mengambil video kualitas 4K @30fps dan 1080p @30/60fps. Mantap kan!

    Bagi kamu yang mungkin belum tahu apa itu OIS? OIS atau Optical Image Stabilization, merupakan fitur yang sangat berguna untuk mengurangi gerakan dan keburaman yang dihasilkan ketika memotret. Nah, bagi kamu yang ingin bikin konten bisa lebih nyaman deh.

    Samsung Galaxy A52s 5G (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

     

    Baterai

    Samsung Galaxy A52s 5G pakai baterai dengan kapasitas 4.500 mAh untuk mendukung semua fitur unggulannya. Juga didukung oleh Fast Charging 25W yang bisa memberikan waktu sesingkat mungkin untuk mendapatkan daya ketika baterai habis.

    Konsumen tentu saja bisa melirik samsung galaxy a52s 5g karena punya fitur unggulan IP67. Fitur ini memungkinkan ponsel ini dibawa ke dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit.

    Tapi, pastinya jarang juga ya pengguna yang mau cemplungin hape ini ke air karena akan berisiko. Setidaknya, bagi kamu yang suka dengan kegiatan outdoor tidak perlu khawatir ponsel ini bakal kena masalah saat kena hujan atau tiba-tiba jatuh ke kubangan air.

    Saya pun sudah tes ponsel ini dengan menyeburkannya ke sungai Ciliwung di dekat Grand Depok City di kedalaman kurang lebih 20 cm. Hasilnya, memang tidak ada kerusakan pada ponsel ini.

    Fitur kekinian lainnya, Samsung Galaxy A52s 5G juga ditanamkan Near Field Communication (NFC) yang memungkinkan kamu mengisi saldo kartu e-toll atau e-money, mesin pembaca kartu di e-toll, mesin ATM, dan mesin EDC.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini