home ×
Gadget

Review Samsung Galaxy M21: Pilihan Pas Buat yang Budgetnya Ngepas

11 June 2020 By
Review Samsung Galaxy M21: Pilihan Pas Buat yang Budgetnya Ngepas
Share
Share
Share

Uzone.id - Kalau kalian punya dana terbatas buat beli ponsel yang punya fitur kekinian, mungkin Samsung Galaxy M21 layak dipertimbangkan. 

Belakangan ini Samsung cukup sering merilis ponsel dengan spesifikasi yang mirip, tapi punya rentang harga dan fokus penggunaan yang berbeda. Tapi sebagian besar ponsel yang dirilis itu masih dijual di bawah Rp 5 juta. 

Samsung Galaxy M21 adalah versi murah dari Galaxy M31 dengan beberapa fitur yang dipangkas. Misalnya resolusi kamera, kalau Galaxy M31 punya 64MP maka di Galaxy M21 cuma 48MP. Dan kalau Galaxy M31 punya memori RAM 6GB maka Galaxy M21 cuma punya 4GB. Sisanya mungkin sama. 

Seperti halnya Galaxy M31 sebagai ponsel dengan baterai yang tahan lama, Galaxy M21 juga begitu. Cuma bisa dibilang ini paket yang lebih ekonomis. Nah, seberapa ekonomis dan apakah masih nyaman untuk dipakai harian?

 

Bodi dan Layar yang Sama Persis dengan Galaxy M31

 Samsung Galaxy M21 mungkin bisa dibilang berbagai badan dengan Galaxy M31. Bentuknya, tata letak tombol, bahan yang dipakai, hingga beratnya juga sama persis. Untungnya itu bukan hal yang buruk karena bodi Galaxy M31 sudah cukup baik. 

Material utamanya memang plastik, tapi itu bikin bodi Galaxy M21 gak licin saat dipakai. Di punggung ponsel ada pemindai sidik jari dan tiga lensa utama yakni, 48MP F2.0, Ultrawide 8MP F2.2 dan satu lensa depth untuk membantu menghasilkan bokeh yang lebih creamy.

Untuk tombol volume dan tombol power diletakan bersebelahan, ada di kanan bodi ponsel. Lalu di bagian bawah ada port audio 3.5mm, USB-C yang bisa dipakai untuk akses flashdisk juga, dan lubang speaker yang output suaranya cukup lantang. 

Kalau dilihat dari tampang dan desainnya memang tak ada yang istimewa, jadi ekspektasi kami tak terlalu tinggi pada ponsel ini. Tapi ternyata pas dipegang cukup nyaman, benar-benar seperti Samsung Galaxy M31. Bukan fancy phone tapi fungsional.

Trus gimana dengan layarnya? Ini lagi-lagi mirip dengan kepunyaan Samsung Galaxy M31. Ukurannya 6,4 inch dengan resolusi 1080 x 2340 pixel. Panelnya jenis super AMOLED yang dilapisi Gorilla Glass 3. Jadi mestinya nggak gampang tergores. 

Responsivitas layar ok, kualitas gambarnya juga sudah cukup kalau cuma untuk nonton YouTube atau gaming ringan. Untuk dipakai di luar juga tulisan pada email atau pesan instan masih bisa dibaca jelas. Mungkin ini karena tingkat kecerahan layar yang cukup tinggi, sampai 420 nits.

 

Performa: Cukup, tapi Jangan Harap Lebih

 Perbedaan utama Galaxy M21 ini dengan saudara tuanya ada pada kapasitas memori RAM, Galaxy M21 cuma punya 4GB saja.

Chipset Exynos 9611 Octa core dengan memori RAM 4GB itu sebenarnya sudah cukup, kebanyakan ponsel Android saat ini memang punya besaran RAM seperti itu. Jadi kalau untuk aplikasi harian seperti chatting, streaming, email, social media, sepertinya gak akan ada masalah. 

Tapi sayangnya chipset dengan GPU Mali-G72 itu nggak cukup kuat untuk menjalan game sekelas Asphalt 9. Kalau sekadar jalan kuat, tapi untuk meraih rata-rata FPS sampai 30 itu rada sulit. Tapi kalau untuk main Mobile Legend atau sejenisnya sih masih aman. Karena perbedaan FPS memang tak terlalu terasa pada jenis game tersebut. 

Sebagai gambaran, berikut adalah hasil pengujian kami untuk Galaxy M21 dengan beberapa aplikasi benchmark:


Baterai yang Nggak Ada Habisnya

 

Dari data di atas memang terlihat Galaxy M21 ini bukan ponsel yang ditujukan untuk gaming, tapi ponsel yang bisa tahan seharian pakai hanya dengan sekali isi ulang. 

Pengujian dengan aplikasi PC Mark menyimpulkan bahwa daya tahan baterai Galaxy M21 bisa tahan sampai 18 jam lebih. Pengujian itu dilakukan secara nonstop. Layar dibiarkan menyala dengan tingkat kecerahan maksimal, lalu aplikasi membuat simulasi olah data dan gambar.   

Dari pengalaman kami sebulan pakai ponsel ini, baterai Galaxy M21 ini bisa tahan sampai 2 hari dengan sekali charge. Ya, tentu saja ini dengan penggunaan normal seperti akses YouTube, main game Clash Royale, chatting, dan media sosial. 

 

Kameranya Ok Juga

Walau harganya murah, tapi kami tak menyangka hasil kamera Galaxy M21  ternyata ok juga, bahkan mode malamnya terbilang masih layak untuk posting di media sosial. 

Ya, ponsel murah ini ternyata juga mode malam yang sama dengan saudara tuanya. Bedanya, kalau Galaxy M31 punya bukaan lensa F1.8, kalau Galaxy M21 ini di F2.0. Jadi hasil fotonya memang agak sedikit berbeda. Berikut adalah hasil mode malam di Galaxy M21.

Lalu bagaimana dengan kualitas kamera utamanya? Itu yang bikin kami takjub. Mesti masuk dalam golongan ponsel terjangkau, tapi kameranya ternyata cukup ok. Auto fokusnya cepat, efek bokeh di belakang objek juga tak terkesan berlebihan, dan detailnya masih cukup baik untuk memotret benda kecil sekali pun. 

Berikut adalah hasil foto menggunakan Samsung Galaxy M21:



Foto dengan mode malam (eno/uzone)

Kesimpulannya

Dengan banderol harga Rp 3,2 juta jelas Galaxy M21 itu bukan ponsel yang kalian yang mau ponsel kencang, bisa main game dengan nyaman. Bukan. Bukan itu. 

Ponsel ini lebih cocok untuk mereka yang mau punya ponsel harian dengan daya tahan baterai yang luar biasa. Benar-benar irit. 

Kameranya yang secara spesifikasi biasa saja, ternyata punya kualitas di atas dugaan kami. Auto fokusnya cepat, bahkan masih bisa fokus dengan jarak yang cukup dekat. Detail fotonya lumayan, ditambah kamera ini juga punya mode malam yang lumayan membantu untuk memotret di tempat temaram. 



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 16 June 2020 | 14:05:08

lumayan murah itu handphonenya samsung

Yoga Okta 15 June 2020 | 02:14:47

wow ini benar-benar sangat keren

Devaga Putri Nautikaningrum 12 June 2020 | 12:47:22

keren bgt hp.nya

Break Thelimit 12 June 2020 | 01:58:08

mantap sekali hanphone nya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article