Gadget

Review Samsung Galaxy Tab S7 FE: Tablet Idaman Pekerja Kreatif

  • 18 November 2021
  • Bagikan :
    Review Samsung Galaxy Tab S7 FE: Tablet Idaman Pekerja Kreatif

    Uzone.id - Para penggemar Samsung pasti selalu menantikan edisi FE dari produk asal Korea. FE, kepanjangan dari Fans Edition. Kenapa disebut FE, karena di perangkat tersebut, Samsung menyematkan fitur-fitur mewah dengan harga yang lebih terjangkau. Tak hanya di smartphone tapi juga tablet. Seperti yang ada di hadapan kalian ini, Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G.

    Biasanya, pengguna membeli tablet untuk kepentingan pekerjaan, baik untuk menggambar atau desain grafis, multimedia, atau bermain games. Makanya tablet ini dibekali dengan layar yang besar dengan refresh rate 60Hz, Snapdragon 750G yang powerful, baterai besar 10.090 mAh, empat speaker yang imersif, S Pen dan keyboard cover yang terintegrasi dengan trackpads untuk digunakan dalam DeX Mode.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (7)

    Mode DeX sebenarnya adalah salah satu fitur utama tablet Galaxy Tab S7 - mode ini berhasil mengubah tampilan dan karakter One UI untuk meniru OS berorientasi desktop, seperti Windows dan macOS. Dikombinasikan dengan kekuatan S-Pen, Galaxy Tab S7 mungkin bahkan dapat menggantikan laptop dalam keadaan darurat. Dan itulah inti dari Galaxy Tab S7 FE yang baru - DeX dan S-Pen.

    Desain
    Kalau dilihat dari bentuknya, layar S7 FE lebih besar ketimbang saudaranya yang tak punya embel-embel FE. Ukuran layarnya 12.4 inci. Layar lebar berarti tampilan yang lebih jelas, luas, dan jarak pandang yang lebih nyaman. Apalagi layarnya dibekali resolusi 2560x1600 piksel, artinya sudut pandang lebih lebar dan luas, walau layar S7 FE terlihat agak kuning.

    Desain tablet Samsung memang tidak diragukan lagi. Bisa dibilang menarik dan elegan. Bisa dibilang, Tab S7 FE ini mengadopsi ukuran layar S7 Plus, lengkap dengan materi alumunium dengan rasio aspek layar 16:10. Dimensinya 284,8 x 185 x 6,3mm dan berat 608g, membuatnya sangat tipis dan ringan.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (10)

    Seperti Apple iPad Air, Tab S7 FE memiliki kaca datar di bagian depan dan tepi samping logam datar yang membentuk sudut tajam. Kualitas bahan dan perakitannya adalah yang terbaik. Samsung sepertinya menginginkan pengguna untuk memakai tablet dengan orientasi lansekap. Ini terlihat dari penempatan tombol-tombol yang ada di setiap sisi. Tab S7 FE juga tidak memiliki sensor sidik jari, sehingga pengenalan wajah serta pin dan pola tradisional menjadi satu-satunya metode untuk mengamankan perangkat.

    Ada bezel yang cukup tebal di sekeliling layar, memungkinkan kita untuk mengistirahatkan jempol sehingga tidak mengganggu tampilan layar. Di layar ada kamera kecil yang bisa berfungsi sebagai kamera selfie dengan resolusi 5MP. Bagian belakang Galaxy Tab S7 FE cukup datar dan bersih dari tombol. Hanya ada satu kamera 8MP, terlihat juga salah satu mikrofon. Oiya, kamera ini juga tidak dibekali LED flash.

    Aplikasi kerja lebih lengkap
    Saat Anda perlu melakukan riset atau mengerjakan project yang butuh beberapa tab atau aplikasi sekaligus, tak usah khawatir. Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G dapat menangani multi-tasking dengan mudah. Dengan Multi-Active Window, Anda bisa membuka sampai tiga aplikasi sekaligus. Artinya, Anda bisa browsing di Internet, menulis catatan dan ide di Samsung Notes, dan pada saat yang sama melakukan streaming video referensi, semuanya di satu layar.

    Jika sering bekerja dengan aplikasi tertentu, manfaatkan fitur App Pair untuk mengelompokkan sampai tiga aplikasi favorit atau yang paling sering Anda pakai. Dengan satu klik, Anda bisa meluncurkan aplikasi-aplikasi ini sekaligus di di Multi-Active Window.

    Untuk produktivitas yang lebih advanced, nikmati pengalaman multi-device dengan Galaxy Ecosystem yang menghubungkan Tablet Samsung terbaru Galaxy Tab S7 FE 5G secara seamless dengan perangkat Galaxy lain, dari smartphone hingga buds. Pengguna bisa dengan mudah melakukan copy & paste teks dan gambar dari smartphone ke tablet, untuk kemudahan berbagi referensi.

    tab s7 fe-1

    Bila membutuhkan layar tambahan untuk belajar, bekerja atau menikmati entertainment, gunakan fitur Second screen. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan mirroring layar Tablet Samsung terbaru Galaxy Tab S7 FE 5G ke layar monitor atau TV dengan mudah. Bahkan layar yang lebih luas ini bisa dikontrol dari layar tablet. Dan tidak hanya visual, berpindah audio antar perangkat pun mulus dilakukan dengan Auto-Switch.

    Konversi ke teks juga memudahkan saat ingin berbagi catatan kuliah atau detail pengerjaan tugas kelompok ke teman sekelas. Anda pun dapat mengelola setiap notes dengan tag otomatis dan menggunakan fitur Intelligent Search untuk menemukan notes yang penting secara cepat dan instan, tak masalah kontennya berupa tulisan tangan atau teks.

    Tablet Samsung terbaru Galaxy Tab S7 FE 5G juga sudah menyediakan berbagai creative tools untuk menghasilkan karya-karya kreatif menggunakan S Pen. Pengguna bisa memanfaatkan Clip Studio Paint untuk menikmati pengalaman menggambar yang lebih smooth. Dengan free trial 6 bulan bagi pengguna baru Clip Studio Paint, pengguna bisa menajamkan bakat mereka di dunia digital art.

    Gunakan aplikasi Canva untuk merancang berbagai materi kreatif secara online. Dengan koleksi template yang lengkap, pengguna bisa membuat desain presentasi, poster atau brosur, hingga infografik. Bagi mereka yang menggemari feed social media yang estetik, kombinasi Canva dan S Pen akan memudahkan mendesain konten-konten media sosial yang menarik dan unik.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (9)

    Bagi Anda yang suka membuat catatan dengan tulisan tangan, atau memulai kebiasaan journaling, gunakan Noteshelf yang tersedia gratis dan S Pen untuk membuat catatan yang lebih menarik, lebih detail, dan lebih berwarna. Tersedia banyak template notebook cover dan tipe kertas di aplikasi ini, serta kemampuan mengimpor file PDF.

    S Pen yang Multitasking
    Ini merupakan alat yang sangat berguna saat menggunakan tablet. S Pen bisa dikombinasikan dengan Samsung Notes untuk menyimpan ide-ide yang muncul untuk dikembangkan kemudian, mencatat materi kuliah dengan tulisan tangan dan mengubahnya menjadi teks dan menyimpannya dalam format file yang diinginkan.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (12)

    Tidak ada slot khusus untuk meletakkan S Pen, hanya saja ada area magnetik yang bisa mengikat S Pen sehingga tidak gampang jatuh dari tablet. Letaknya agar ke atas sedikit. Cara mencarinya cukup mudah, tinggal letakkan sisi datar S Pen sehingga terikat secara otomatis jika area magnetiknya bertemu. S Pen milik Tab S7 FE ini memang pasif sehingga tidak memiliki fitur Air Gesture.

    Performa
    Soal dapur pacu, Samsung mentenagai tablet ini dengan chipset Snapdragon 750G dengan dua pilihan RAM 6 GB. Pengguna bisa memilih memori internal 128 GB, kalau kurang tersedia slot microSD yang mendukung hingga 1 TB.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G (10)

    Speaker stereo Dolby Atmos yang disetel AKG mengapit telinga dan memberikan suara yang luar biasa. Speaker menghasilkan audio bersih dengan jangkauan solid yang tidak terdistorsi pada volume tinggi. Sangat mudah untuk mengisi ruangan dengan musik. Galaxy Tab S7 FE menjadi perangkat yang menyenangkan untuk menonton video. Dukungan codec Bluetooth juga solid, yang bagus karena tidak ada jack headphone, hanya kabel USB-C atau headphone nirkabel.

    Galaxy Tab S7 FE memiliki baterai yang sama dengan Galaxy Tab S7+ , kapasitasnya sebesar 10.090 mAh. Ini mendukung pengisian cepat 45W namun adaptor yang diberikan di kemasan hanya 15W. Baterainya mampu bertahan selama 32 jam saat dioperasikan secara masif. Untuk menonton video dalam layar penuh selama 9 jam 33 menit, baterainya hanya turun 10 persen.

    Kamera
    Kamera 8MP di bodi belakang menggunakan Sony IMX355 dengan lensa f/1.9 28mm. Didukung dengan Autofocus, kamera ini juga bisa memotret gambar dengan format Portrait atau Bokeh dan Mode Malam. Kamera depan memiliki sensor GalaxyCore GC5035 5MP dengan lensa f/2.2 32mm yang juga mendukung mode Portrait. Fitur-fitur kameranya hampir sama dengan semua yang ada di smartphone Samsung. Mendukung Auto HDR dan Scene Optimizer. Ada Mode Malam untuk kamera utama, dan bahkan mode Pro namun tidak memiliki opsi shutter speed, tapi ada zoom digital 2x pada viewfinder.

    20211118_112201

    20211118_111248

    Bisa dibilang, hasilnya so so. Memotret di siang hari menghasilkan gambar yang impresif. Ada banyak detil dan noise-nya cukup rendah di gambar. Dynamic Range di kamera ini cukup menarik, menggunakan HDR Otomatis. Warnanya sedikit lebih terang daripada aslinya, tetapi tidak berlebihan. Dengan kamera belakang - jika kondisi cahaya ideal, bokehnya cukup sesuai, namun tidak bisa diandalkan untuk memotret di dalam ruangan. Karena perangkat ini cukup besar, jadi hasil foto yang buram pasti terjadi akibat tangan yang gemetar. Tentu saja, juga karena tidak ada OIS.

    Night Mode di Tab S7 FE sepertinya tidak perlu digunakan karena dipastikan kita tidak akan kuat menahan perangkat besar ini dalam waktu 5 detik saja. Jadi, saat memotret di malam hari, gunakan saja mode Photo biasa. Sedangkan kamera selfie 5MP nya juga cukup impresif. Detailnya dapat, dengan kontras tinggi, warna akurat, dan noise rendah.

    20211118_111211

    Meski mendukung fast charging 45W, kepala charger yang ada dikemasan hanya 15W. Itu artinya, dibutuhkan pembelian charger 45W secara terpisah untuk mendapatkan hasil pengecasan cepat yang maksimal. Meskipun, dengan charger 15W, proses isi daya baterai sebanyak 20 persen bisa mencapai 30 menit. Pengecasan dari 0 sampai ke 100 persen membutuhkan waktu selama 2 jam 55 menit. Ini merupakan hal yang wajar mengingat baterainya berkapasitas lebih dari 10.000 mAh.

    Samsung Galaxy Tab S7 FE adalah tablet menarik yang memiliki layar yang bagus, perangkat lunak yang solid, dan kekuatan S Pen, meskipun prosesornya lebih tua. Desainnya cukup premium dengan daya tahan baterai yang cukup lama. Software pendukung di dalam tablet merupakan nilai plus yang kami suka untuk mendukung produktivitas.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini