icon-category Gadget

Review Smartwatch Amazfit GTR3, Bentuk Klasik Fitur Apik

  • 14 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Amazfit GTR3 (Meyka Septira)

    Uzone.id - Tak bisa dipungkiri lagi sekarang sebagian besar orang memilih untuk memiliki smartwatch sebagai salah satu koleksi jam tangan mereka.

    Alasannya karena fungsionalitasnya yang bisa tercover dalam wearable device ini cukup penting untuk memantau gaya hidup yang lebih sehat.

    Amazfit, yang sudah berkecimpung di smartwatch sejak tahun 2015, baru baru ini telah menghadirkan smartwatch terbarunya yaitu seri Amazfit GTR 3 yang sudah kami coba selama hampir 2 minggu.

    Terkenal dengan harga yang affordable, Amazfit GTR 3 ini justru mematok harga yang cukup tinggi dibandingkan seri sebelum-sebelumnya, yaitu di Rp 2.399.000 untuk seri GTR 3 dan Rp 3.199.000 untuk seri GTR 3 Pro.

    Jadi se-worth it apa ya smartwatch ini?

    1. Desain Klasik

    Dari segi desain, Amazfit GTR 3 ini memang mengusung bentuk klasik dari jam tangan yang membulat. Walaupun begitu, tampilannya menjadi jauh tampak modern ketika kita menatap smartwatch ini, karena tampilan layarnya mendukung animasi.

    Amazfit GTR 3 ini menggunakan material alumunium alloy yang membuat bobotnya benar- benar lightweight yaitu hanya 32gram. Untuk strapnya berbahan rubber sehingga nyaman untuk dipakai berolahraga.

    Disebelah kanan jam ini, terlihat ada dua tombol. Tombol atas ketika diklik akan membawa kita ke rangkaian fitur-fitur smartwatch, dan dapat diputar untuk scroll atas dan bawah.

    Sementara tombol bagian bawah sebagai jalan pintas untuk memudahkan kita mengakses berbagai pilihan workout.

    Untuk tampilan yang lebih beragam, kami bisa memilih berbagai watchface hingga 150 desain lewat aplikasi Zepp dan juga bisa customize 7 pilihan built-in watch face sesuai selera.

    Jadi, memudahkan kami untuk ganti watchface dari senin sampai minggu tanpa harus buka aplikasi dari ponsel lagi.

    2. Layar Luas dan Cerah

    Amazfit GTR3 ini menawarkan layar yang luas membuat semakin puas untuk mantau beragam data. Layarnya berukuran 1,39 inch AMOLED HD dengan ratio screen to body 66% dan resolusi 326PPI.

    Tampilan layarnya cerah dan detail. Sewaktu dicoba di luar ruangan pun tidak ada masalah soal tingkat kecerahannya yang diklaim hingga 1000nits.

    Uniknya lagi smartwatch ini didukung dengan Theater Mode yang bisa langsung menyesuaikan kecerahan layar ketika berada di dalam bioskop. Jadi, enggak perlu takut sinar layar smartwatch ini bakal mengganggu orang lain.

    3. Pilihan olahraga semakin kaya

    Buat yang mencari smartwatch biar lebih rajin berolahraga, Amazfit GTR3 ini punya pilihan mode olahraga yang lebih banyak dari seri GTR sebelumnya. Dari 90+ kini menjadi 150+ mode olahraga. Bahkan, kegiatan seperti catur dan baduk (Go) pun tersedia juga modenya.

    Ditambah Amazfit GTR 3 ini juga didukung oleh built-in GPS yang memperlancar kami untuk melacak lintasan outdoor tanpa perlu membawa ponsel sebagai device kedua untuk merekam jalur olahraga.

    4. Performa & UI

    Amazfit GTR3 ini punya tampilan yang mudah untuk dioperasikan. Dari tampilan utama, jika digeser ke kanan akan menuju beberapa widget yang bisa kami custom sesuai kebutuhan.

    Sementara jika digeser ke kiri, akan ada rangkuman data dari widget yang terus di update tiap beberapa saat.

    Jika digeser ke atas, akan ada beberapa pengaturan, dan ketika digeser kebawah terlihat notifikasi dari social media yang tersambung.

    Untuk ketahanan baterai, Amazfit GTR3 ini diklaim memiliki kapasitas baterai 450mAh yang bisa bertahan 21 hari.

    Sewaktu kami coba pakai seminggu dengan penggunaan ringan, baterainya berkurang 50%. Penggunaan baterai berbanding lurus dengan apa saja fitur yang diaktifkan seperti always on display atau GPS tracker.

    5. Sensor Pemantau Gaya Hidup

    Selain untuk merekam aktivitas olahraga, smartwatch umumnya dipakai untuk mengatur pola hidup. Oleh karena itu, Amazfit GTR3 memiliki fitur yang bernama Pesonal Assistant Intelligent (PAI) yang merangkum data aktivitas olahraga dan kebugaran tubuh.

    Salah satu halnya, smartwatch ini didukung sensor untuk mengukur tingkat oksigen dalam darah dan diklaim prosesnya hanya dalam waktu 15 detik.

    Kemudian ada juga monitor detak jantung, siklus menstruasi, dan kualitas tidur yang semuanya didukung penjelasan dan saran agar pola hidup menjadi lebih baik yang dapat diakses pada smartwatch dan ponsel di aplikasi Zepp untuk data yang lebih detail.

    Jika ada pantauan yang tidak normal, maka akan ada peringatan pada smartwatch.

    6. Kesimpulan

    Selama 2 minggu menggunakan smartwatch ini, pengalamannya cukup cakap untuk dipakai sehari-hari. Beberapa hal yang menurut kami sangat penting untuk smartwatch pun juga sudah tersedia seperti built-in GPS, keberagaman fitur olahraga, SPO2, sleep tracker, dan PAI.

    Namun, kami menemukan kekurangan di Amazfit GTR3 ini yaitu belum bisa menerima panggilan telepon. Jadi, hanya berupa notifikasi saja.

    Kalau kalian mau ada fitur ini bisa upgrade ke GTR3 Pro yang sudah didukung speaker & microphone sehingga bisa langsung menjawab dan berbicara melalui smartwatch ini.

    VIDEO Review Amazfit GTR3:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini