Review: Test Drive All New Toyota Vios, Bikinan Daihatsu jadi Makin Canggih
Foto: Uzone.id
Uzone.id - Sejak pertama Toyota meluncurkan generasi terakhir dari sedan entry level-nya Vios, kami jelas tidak menduga kalau Toyota akan seagresif itu. Vios yang identik dengan taksi pun langsung bikin pangling, tidak hanya dari tampilan, tapi juga kecanggihannya.
Ya, Toyota Vios kali ini dirancang oleh Daihatsu di Jepang, kemudian diproduksi di Thailand dan dijual di Indonesia. Vios terbaru sudah mengusung platform yang baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA).Kami mencoba Nah, bagaimana impresi berkendara yang kami dapat setelah mencoba ubahan-ubahan dari Vios yang terjadi hampir di semua sektor? Baca terus yaa..
BACA JUGA: The Legend Reborn, Suzuki Luncurkan Generasi Baru Grand Vitara
Desain jelas bukan untuk taksi
Toyota Vios generasi terbaru ini punya tampilan yang jauh lebih agresif dari para pendahulunya dan cukup berhasil mengadopsi sejumlah bagian tampilannya dari kakak-kakaknya seperti Corolla Altis dan juga Camry.
Mulai dari sepasang lampu utamanya yang meruncing khas Corolla Altis, sampai pada aliran udara super besar sampai ke bumper layaknya Camry dan hanya menyisakan segaris grill beraksen piano black, mantap.
Sudah begitu, pada bagian sisi kanan kiri bumpernya, tersedia aliran udara yang benar-benar bisa mengalirkan udara ke spakbor, yang diisi oleh ban dengan pelek berukuran 17 inci dengan aksen dual tone.
Kemudian, kami juga menyukai tarikan garis atapnya yang membuat Vios terbaru ini seperti bergaya fastback yang dinamis dan menambah kesan berkelas pada sedan entry level ini.
Masuk ke dalam kabin, kita juga akan menemukan nuansa baru, mulai dari dasbor, sampai joknya. Sebuah layar sentuh 9 inci mengisi ruang tengah dasbor yang sudah mendukung Android Auto tanpa koneksi kabel.
Kemudian, setirnya—meski mirip setir Toyota Veloz, namun sudah dilengkapi dengan sejumlah tombol-tombol di kedua sisi palang setirnya. Setir ini juga sudah bisa tilt dan telescopic serta sudah menyediakan paddle shifter.
Sedangkan jokmnya, dilapis oleh perpaduan antara material fabric dan kulit sintetis, yang bisa diposisikan naik turun, depan belakang, juga rebah tegak, meski sayangnya pengaturan itu masih manual.
Fitur makin canggih dan melimpah
Sektor usungan fitur juga jadi salah satu yang membuat sedan ini tidak mungkin diajdikan taksi, karena sekarang Toyota gak pelit untuk menyodorkan sejumlah fitur-fitur dan teknologi baru pada Vios.
Sekarang Vios sudah dibekali fitur keselamatan Toyota Safety Sense, mulai dari tersedianya adaptive cruise control, Pre-Collision Warning & Pre-Collision Braking, Front Departure Alert, Lane Departure Warning & Lane Departure Prevention, Pedal Misoperation Control, dan Automatic High Beam (AHB).
Fitur-fitur tersebut bisa dimonitor dari MID full digital plus animasi yang dramatis dengan layar berukuran 7 inci.
Kemudian, airbags, sensor dan kamera parking, VSC (Vehicle-Stability Control), EBD (Electronic Brake-force Distribution), BA (Brake Assist) Auto Hold, juga sudah jadi standar dari tipe tertinggi G TSS.
Impresi berkendara tetap rasa sedan
Memang masih sulit untuk meningkatkan sensasi berkendara ala sedan-sedan mewah diatas kelasnya Vios. Masih terasa kalau ini tetaplah sebuah sedan entry level, namun sudah diracik khusus agar tetap menawarkan kenyamanan dan sensasi berkendara ala sedan.
Tidak sulit mencari posisi mengemudi yang pas, meski kami masih merasakan posisi duduk yang sedikit agak tinggi untuk sebuah sedan. Tapi ya, sama sekali tidak menganggu kok.
Bantingan suspensinya juga empuk dan sedikit memantul saat melewati polisi tidur dengan agak kencang. Tapi kalau sedang berjalan di permukaan bergelombang, kenyamanannya terasa sekali.
Suspensi yang empuk tersebut, berpadu dengan respon setir, membuat handling dari Vios ini seperti sedikit kurang lincah. Namun, kami memaklumi karena ini dirancang sebagai sedan, bukan hatchback yang agresif dan lincah.
Kemudian usungan mesin berkapasitas 1.500cc Dual VVT-i berkode 2NR-VE yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 103 Hp dan torsinya 1348 NM. Berpdu dengan transmisi CVT, kami cukup suka dengan akselarasi yang ditawarkan.
Transmisi CVT-nya lumayan agresif, sehingga mesin jadi mudah meraung untuk mengail tenaga, yang cukup merata dan selalu terasa berisi mulai dari putaran bawah, tengah sampai atasnya.
Baca juga: Waspada Honda Brio, Bersiap Dikeroyok Agya-Ayla Terbaru!
Kesimpulan
Rasanya, untuk kalian yang masih merasa sebagai pecinta mobil-mobil sedan, tapi ingin ‘sedan budget’ yang luamayan, baik dari tampilan, fitur sampai spesifikasi mesinnya, Vios terbaru ini bisa dijadikan opsi menarik.
Apalagi dengan merek sebesar Toyota, membuat kaqlian gak harus pusing menebak-nebak resale value-nya nanti.
Sekali lagi, Vios terbaru ini jadi upaya Toyota untuk menaikkan kelas jajaran mobil-mobil entry level milik mereka menjadi setidaknya punya value lebih ketimbang kompetitornya.
VIDEO Test Drive Toyota All New Vios, Bukan Taksi Lagi: