icon-category Auto

Review Test Drive New MG ZS, Begini Seharusnya Sebuah Mobil Inggris!

  • 22 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Ada satu merek yang terlupakan ditengah persaingan SUV Compact di Indonesia, yakni Morris Garage (MG). Padahal, MG punya satu model yang potensial pada sosok MG ZS. Namun, mobil ini seolah tenggelam ditengah persaingan.

Karenanya, agar kembali bisa bersaing, MG berbenah dan menghadirkan versi facelift dari ZS. Dan kami berkesempatan untuk menguji langsung SUV yang selalu membawa-bawa nama besar pabrikan Inggris ini.

Ada tiga tipe yang ditawarkan. Termurah Rp315 juta adalah tipe Activated, kemudian tipe menengah Ignite seharga Rp335,8 juta dan tertinggi yang kami coba ini, Magnify, banderolnya Rp355,8 juta.

Dari sisi harga cukup terjangkau kan? Namun apakah mobil ini lantas jadi layak dibeli? Mari kita ulas.

Tampilan makin matang dan berkelas

Secara tampilan, MG memang tidak merombak ZS besar-besaran. Namun, detail-detail kecil tersebut justru membuat tampilan mobil ini semakin matang dan lebih enak untuk dilihat.

Mulai dari grill barunya yang dikelilingi aksen titanium, kemudian sepasang lampu utamanya yang sudah mengusung LED Projector, juga tarikan garis pada cover foglamp yang membuat tampilannya makin dinamis.

alt-img

Di bagian sampaing, ada pelek dengan desain baru—Tomahawk berukuran 17 inci, kemudian di belakang, ZS punya spoiler, desain lampu dan diffuser pada bumper yang juga baru.

Di dalam kabin pun, lumayan banyak perintilan yang ditawarkan MG. Kita mulai dari bagian atap. Panoramic sunroof tetap dipertahankan, namun dengan tuas pengaturan buka tutup yang baru.

Kemudian, ada layar sentuh berukuran 10 inci yang sudah support Apple CarPlay dan AndroidAuto, juga bisa menampilkan kamera 360 bahkan dengan pencitraan 3D.

alt-img

Sekarang juga kursi pengemudi pengaturannya sudah elektrik, dan sudah ada juga rem parkir elektrik plus Auto Hold, serta sandaran tangan yang sudah dilapis kulit di konsul tengahnya.

Performa jadi agresif, handling empuk cenderung limbung

Setelah mengetahui ubahan di luar dan dalam kabinnya, kita langsung saja mencobanya. Jujur, kami terkejut ketika pertama kali melajukan mobil ini.

Sebab, meskipun masih pakai mesin yang sama dengan versi pendahulunya, mesin berkapasitas 1.500cc 4 silinder DOHC, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 112 hp dan torsinya 150 Nm. Torsi yang lumayan besar untuk sebuah mesin 1.500cc.

alt-img

Tapi akselarasi yang ditawarkan benar-benar membuat kami kagum, “kok bisa ya mesin 1.500cc tanpa turbo, seresponsif ini tarikannya?” dan memang benar agresif respon yang ditawarkan saat berakselarasi.

Padahal di versi pendahulunya, performa mesin MG ZS cenderung lemot dan tidak bertenaga. Namun semua berubah di versi terbarunya ini, barangkali berkat sodoran transmisi barunya. Sebuah transmisi CVT 8 speed, yang punya rasio gigi lebih rapat.

Hasilnya, transmisi ini sangat baik meladeni respon mesin dan tetap halus saat berakselarasi. Jarang sekali kami menemukan jeda diantara akselarasi dan pengereman, semuanya bekerja dengan mulus dan tenaga tetap terasa mengisi.

alt-img

Lalu bagaimana dengan handlingnya? Ini juga cukup lumayan, terutama saat di kecepatan rendah, atau saat melewati jalan rusak maupun polisi tidur. Karakter suspensinya empuk, jadi sangat nyaman untuk dikemudian saat kecepatan rendah.

Namun kompensasinya, saat dikebut di jala tol misalnya, untuk bermanuver, kaki-kaki MG ZS sepertinya kurang mampu meladeni bodi mobil, sehingga gejala body roll masih sangat terasa, meskipun SUV ini pakai rangka monocoque.

Fitur cukup lumayan pas, sesuai harga

Urusan fitur, tidak bisa kami sebut lengkap, tapi untuk mobil di kisaran harganya, fitur-fitur yang disodorkan cukup lumayan.

New MG ZS diklaim telah meraih rating bintang lima dari ASEAN NCAP, karena sejumlah fitur penunjang keselamatan yang lumayan lengkap.

alt-img

Ada fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dan Airbag 6 titik, Structure Body FSF (Full Space Frame), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Electronic Parking Brake EPB), Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control), TCS (Traction Control System), ESS (Emergency Stop Signal), dan Follow Me Home Light.

Mobil ini juga dilengkapi dengan Electric IMAX Panoramic Sunroof, 6-way Electric Adjustable Seat, dan sistem AC dengan PM 2.5 Filter Air Purifying System.

Tak hanya itu, masih ada fitur kamera 360 derajat Omni Directional Camera yang otomatis aktif saat hendak berbelok atau mundur, 5 USB Port yang ada pada bagian depan, area penumpang, dan kaca spion tengah.

Kemudian panel instrumen digital 7 inch yang memiliki fitur TPMS untuk mengecek tekanan ban.

Kesimpulan: layak dipertimbangkan

Dengan banderol yang dianggap terjangkau, MG ZS terbaru ini seolah ingin mengatakan pada pasar dan para pesaingnya, kalau dirinya sudah memperbaiki diri dan percaya diri serta layak untuk dipertimbangkan untuk dibeli.

Fun to drive, fitur lumayan, tampilan makin matang dan harga terjangkau jadi salah satu nilai tersendiri untuk MG ZS.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini