home ×
Gadget

Review TWS Huawei Freebuds 4, Pesaing Airpods Harga Terjangkau

25 July 2021 By
Review TWS Huawei Freebuds 4, Pesaing Airpods Harga Terjangkau
Share
Share
Share
Share

Huawei Freebuds 4 (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Sebagian besar produsen smartphone saat ini punya produk True Wirelesss Stero atau TWS terbaiknya, termasuk Huawei yang baru saja merilis Freebuds 4. Ya, ini adalah versi lebih tinggi dari Freebuds 4i yang dirilis beberapa bulan lalu.

Selama beberapa minggu terakhir ini, Uzone.id kebetulan menggunakan TWS Freebuds 4 ini untuk berbagai macam kegiatan, dan berikut menurut kami kelebihan dan kekurangan dari gadget ini.

Desain

Huawei Freebuds 4 terlihat mirip dengan Freebuds 3, dengan batang menjuntai dan desain yang sedikt mirip dengan Apple AirPods. Orang lain harus melihat lebih dekat untuk melihat bahwa ini bukan AirPods.
 
Namun desain berbeda pada kotak pengisi daya bulat yang dibuat serasi, unik serta kompak bahkan saat digenggam di tangan. Kotaknya hanya berukuran 58mm x 21.2mm sehingga akan dengan mudah masuk ke saku  tanpa membuat tonjolan.



Baik kasing maupun earbud memiliki kualitas build yang sangat bagus, tidak terasa murah seperti earbud nirkabel sejati lainnya.

Menggunakan pendekatan satu ukuran untuk semua, Huawei Freebuds 4 sebenarnya sangat ringan dan nyaman di telinga.

Bila menjelajah lebih dalam lagi, di bagian depan akan terdapat LED indikator untuk petunjuk kapasitas baterai serta mode pairing. Di sisi kanan terdapat tombol kecil yang menyatu dengan permukaan bodi, sehingga bagi kami ini sangat menyenangkan saat menekannya.



Seperti disebutkan sebelumnya, Freebuds 4 ini tidak menyediakan silikon tambahan atau eartips berbagai ukuran karena TWS ini melakukan pendekatan satu ukuran.

Konsekuensinya ya tentu saja bentuk telinga apapun bisa masuk dengan mudah, namun karena tidak ada perlindungan tambahan ya lama-lama menurut kami terasa sakit.

Oh ya, TWS yang kami terima ini berwana silver yang keren banget sebab earbuds-nya dikelir chrome berkilau. Menurut kami ini warna yang beda dan bisa jadi warna favorit.

Fitur

Dibandingkan Freebuds 3, Huawei pasti melakukan sejumlah upgrad untuk fitur terbarunya. Salah satu yang paling menonjol adalah TWS ini telah beralih dari Active Noise Cancelling ke Adaptive Ear Matching (AEM) noise cancelling.

Fitur ini memungkinkan  secara otomatis mendeteksi bentuk telinga Anda untuk memblokir suara secara cerdas. Beratnya juga sedikit turun dari 4,5g per kuncup menjadi 4,1g yang seharusnya membuat mereka lebih nyaman lebih lama.



Teknologi AEM ini mampu mengatasi dua tantangan utama yang ditimbulkan oleh pembatalan bising di kondisi terbuka, yaitu dengan cara pemakaian dan algoritma peredam bising.

FreeBuds 4 mewarisi teknologi ANC open-fit yang sama dengan perangkat pendahulunya yaitu FreeBuds 3. Teknologi ANC sendiri disebut sebagai teknologi audio inovatif untuk "meredam" kebisingan berlebih dan meningkatkan pengalaman audio pengguna.

Bedanya, Huawei FreeBuds 4 terbaru diklaim mampu mendorong teknologi peredam bising ke tingkat yang lebih tinggi, dilengkapi juga dengan peningkatan komprehensif dalam hal kenyamanan dan kinerja ANC. Earbud nirkabel ini menghadirkan suara beresolusi tinggi untuk pengalaman audio yang lebih mendalam.



Huawei FreeBuds 4 juga mengadopsi mesin peningkatan bass, bass tube, dan motherboard yang telah ditingkatkan untuk membentuk rongga suara tertutup yang lebih independen.

Tak hanya itu, FreeBuds 4 juga memiliki peredam kebisingan dengan mikrofon ganda inovatif dari Huawei, bersama dengan teknologi Adaptive Ear Matching (AEM). Dilengkapi juga dengan driver dinamis klasik sehingga mampu menghasilkan audio yang imersif.

Soal baterainya, Huawei FreeBuds 4 diklaim mempunyai daya tahan 22 jam dalam kondisi ANC nonaktif dengan baterai casing penuh serta empat jam di kondisi sama dengan baterai earbud penuh.

Casing atau housing Huawei FreeBuds 4 menyediakan fitur pengisian cepat dengan durasi 15 menit sudah mampu memberikan daya tahan penggunaan hingga 2,5 jam. Saat kondisi ANC menyala, maka daya tahan baterainya diklaim bisa hingga 14 jam.

Sehingga sangat pas bagi kalian yang memang membutuhkan TWS yang tahan lama saat digunakan namun cepat saat diisi ulang. Sejauh ini, apa yang diklaim memang benar adanya.
 
Kesimpulan

Penggunaan perangkat earbuds TWS seperti Huawei Freebuds 4 ini sangat pas digunakan dalam aktivitas daring seperti meeting online, webinar, online class dan lainnya memberikan kemudahan tersendiri.

Bermain game sebetulnya juga tak kalah seru, sebab diklaim mempunyai latensi 90ms, tapi pada kenyataanya memang tidak semaksimal itu.

Walau ini merupakan bagian dari ekosistem HarmonyOS, nyata penggunannya sangat mudah untuk platform Android ataupun iOS. Semua fungsi berjalan baik di kedua sistem operasi itu.

Harga banderolnya yang Rp 2,2 jutaan masih tergolong terjangkau dengan deretan fitur yang didapatkan.

 
 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id