home ×
Gadget

Review Vivo V20: Kamera Segudang Fitur, Cocok untuk Kreator Konten

12 October 2020 By
Review Vivo V20: Kamera Segudang Fitur, Cocok untuk Kreator Konten
Share
Share
Share
Share

Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Uzone.id - Vivo V20 resmi hadir di Indonesia pada akhir September 2020. Smartphone yang dijual dengan harga Rp4,99 juta alias Rp5 juta ini mengunggulkan beberapa fitur, seperti kamera depan dan belakangnya.

Ya! Vivo V20 menghadirkan kamera depan beresolusi besar, yaitu 44 MP. Sementara itu, kamera belakangnya ada tiga, yaitu 64MP Main Camera, 8MP Multimode Camera—yang bisa berfungsi sebagai Super Wide-Angle, Super Macro, dan Depth Camera—serta 2MP Mono Camera.

Kamera belakang Vivo V20 hadir dengan beberapa fitur pendukung, seperti Super Night Mode, Motion Autofocus, Dual-View Video, dan lainnya.

Lantas, sekece apa hasil kamera Vivo V20, serta sekencang apa performa smartphone ini? Untuk tahu jawabannya, baca tulisan ini sampai selesai, ya.

Desainnya mewah dan unik

Untuk harga Rp 5 jutaan, desain Vivo V20 termasuk mewah. Bagian belakangnya terbuat dari kaca dengan tampilan matte yang memberikan kesan halus dan premium. Hanya saja, bagian belakang Vivo V20 masih bisa meninggalkan bekas sidik jari, ketika dilihat dari dekat.

Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Desain kamera ponsel ini juga tampak unik. Karena rumahnya hadir dalam bidang persegi pandang, sementara peletakan kameranya disusun seperti segitiga. Desain kamera pada Vivo V20 berbeda dengan ponsel lain di kelasnya. Desain Vivo V20 benar-benar punya ciri khas.

Soal ukuran, ketebalan Vivo V20 hanya 7,38 mm dan berat 171 gram, jadi benar-benar tipis dan ringan ketika digenggam.

Layar cerah, tapi refresh rate masih standar 60 Hz

V20 menggunakan layar Amoled, 6,44 inci dengan resolusi FHD+. Rasio dari bodi ke layar 90,37 persen. Ini merupakan rasio yang cukup luas.

Vivo V20 juga memiliki layar yang cerah di bawah sinar matahari. Untuk penempatan kamera depan, Vivo V20 juga menghadirkan notch seperti tetesan air. Dengan demikian, layar di bagian atas ponsel tidak benar-benar utuh, karena ada poni kecil untuk kamera selfie.

Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Ranny Utami)

Vivo V20 juga hadir dengan refresh rate 60 Hz. Ketika kami mencari pengaturan layar, memang tidak ada pilihan refresh rate. Dengan demikian, refresh rate Vivo V20 masih standar, tidak seperti ponsel-ponsel lain di kelasnya yang menghadirkan pilihan refresh rate hingga 90 Hz.

Performa lancar dan baterai awet

Vivo V20 hadir dengan prosesor Snapdragon 720G, RAM 8GB dan ROM 128GB. Ponsel ini cukup lancar untuk bermain game sekitar satu jam lebih. Meski demikian, ada rasa panas di bagian belakang ponsel dekat area kamera.

Soal baterai, Vivo V20 hadir dengan kapasitas baterai 4000 mAh. Ketika kami pakai untuk bermain game PUBG Mobile selama satu jam, baterai berkurang 15 persen. Berdasarkan hasil benchmark menggunakan PC Mark, baterai Vivo V20 mampu bertahan hingga 17 jam 40 menit.

Vivo V20 juga didukung kemampuan 33W FlashCharge, sehingga butuh waktu 30 menit untuk mengisi baterai dari 50 persen sampai 100 persen.

Sebagai gambaran, berikut hasil pengujian kami terhadap Vivo V20 menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Data: Uzone.id

Kamera dengan segudang fitur

Kamera depan Vivo V20 beresolusi sangat besar, yaitu 44 MP. Kamera ini mampu menghadirkan foto selfie yang apa adanya. Ini cocok buat kalian yang suka foto selfie natural.

Meski demikian, pengguna yang kurang sreg dengan foto selfie yang apa adanya bisa mengakalinya dengan berbagai filter. Vivo V20 menghadirkan banyak sekali filter untuk foto selfie, mulai dari Grapefruit, Yogurt, Island, Macarons, dan lainnya.

Kamera selfie ini juga punya fitur Steadiface yang bisa membuat wajah tetap stabil saat pengambilan video sambal berjalan.

Lalu, untuk mode Photo pada Vivo V20 menghadirkan tiga opsi, yaitu super wide-angle, bokeh, dan super makro. Kami menyukai hasil-hasil foto dari ketiganya, komposisi warna yang ditangkap kamera sangat pas.

Hasil mode Photo pada kamera Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Fokus ke opsi Super macro, kami tertarik dengan hasilnya. Kamera mampu menangkap objek yang benar-benar kecil dan hasilnya jernih di objek utama, dan blurnya halus di latar belakang. Komposisi warnanya juga masih tetap terjaga.

Hasil mode Photo pada kamera Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil Super macro pada kamera Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Kamera pada Vivo V20 juga menghadirkan mode Night. Mode ini dapat menghadirkan foto di malam hari dengan cerah. Kami juga dapat lebih berkreasi dengan filter-filter di mode Night, mulai dari Black & gold, Blue Ice, Green orange, dan Cyberpunk.

Hasil mode Night pada kamera Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)
Hasil mode Night dengan style Green orange pada kamera Vivo V20. (Foto: Uzone.id/Birgitta Ajeng)

Soal video, Vivo V20 bisa merekam sampai resolusi 4K. Ada pula fitur ultra stable untuk stabilisasi. Lalu, terdapat fitur bokeh juga pada mode video.

Menariknya, Vivo V20 menghadirkan fitur dual view yang membagi dua layar ponsel untuk menampilkan selfie di bagian bawah dan menampilkan apa yang ada di hadapan di bagian layar atas.

Fitur ini sebenarnya sudah ada di ponsel lain di harga yang lebih tinggi. Namun, fitur ini menjadi menarik pada Vivo V20, karena hadir di ponsel harga Rp5 jutaan.

Untuk mengetahui hasil-hasil kamera Vivo V20, kalian bisa menonton video berikut.

Kesimpulan

Dengan harga Rp 5 juta, Vivo V20 bisa dibilang paket lengkap. Dengan banderol tersebut, Vivo V20 menghadirkan desain ponsel yang mewah dan unik. Ponsel ini juga hadir dengan NFC.

Yang spesial, kamera pada Vivo V20 memiliki banyak fitur yang sangat pas untuk para kreator konten. Kamera depannya dengan resolusi 44 MP juga cocok untuk dipakai di tengah meningkatnya aktivitas online selama di rumah saja.

Prosesornya juga lancar dan baterainya pun awet. Satu hal yang disayangkan dari ponsel ini, yaitu refresh rate yang masih standar 60 Hz. Sementara ponsel lain di kelasnya banyak yang menawarkan opsi refresh rate 60 Hz sampai 90 Hz.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article