icon-category Gadget

Review vivo V21, Selfie Malam Hari Pun Oke

  • 26 Jun 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.idSejak lama, vivo memang dikenal sebagai brand smartphone yang memiliki keunggulan di kamera, khususnya kamera depan. Tidak heran jika kemudian kamera depan vivo V21 ini dibekali dengan banyak fitur yang keren. 

    Sebelumnya, vivo juga selalu menghadirkan smartphone-smartphone dengan kamera selfie yang berkualitas. Untuk menampilkan gambar lebih sempurna, vivo memberikan resolusi tinggi pada kamera depan yang selalu layak diperhitungkan. Misalnya vivo V15, vivo Z1 Pro, vivo X50, sampai vivo V20.

    P1233703

    Untuk vivo V21, tak usah lihat dari kameranya dulu, lihat saja desainnya yang cukup keren dan menarik ini. Jika dilihat dari belakang, desain uniknya sampai kapanpun akan menunjukkan bahwa ini adalah vivo V21.

    Desain

    Bagi kami, kesan pertama harus menggoda. Makanya ketika kami melihat desain vivo V21 dengan Ultra Slim Design, terutama di bagian belakangnya, kami sangat tertarik. Yang kami review memiliki warna bernama Diamond Flare, karena memang ada motif seperti diamond yang bertumpuk sangat estetik. Membuat kami terlihat ikutan 'glowing' saat memegangnya. Warna yang diusung adalah yang menjadi tren saat ini, Lilac.

    vivo-v21 (2)

    Tak hanya desain, Bentuknya pun tipis sehingga enak digenggam. Apalagi jika dalam genggaman seorang wanita dengan jarinya yang lentik. Ketipisan bentuknya juga menyebabkan bobotnya pun ringan. Saat ditimbang, hanya sekira 170 gram dengan ketebalan 7,38mm. Jadi tak perlu masuk kantong. Genggam saja vivo V21 di tangan anda seolah membawa sebuah barang mewah. 

    Bodi belakangnya memiliki rumah kamera berbentuk kotak dengan dominasi warna hitam. Ada 3 kamera di situ yang akan dijelaskan lebih lanjut di sesi sendiri karena memang daya tarik V21 adalah di bagian kamera. Ada rumah tambahan di bawah kamera, didominasi warna Lilac juga, ditempati oleh lampu Flash dan info adanya kamera 64MP Night Camera salah satu di antaranya. Untuk slot sim card, seperti biasa, ukurannya memanjang karena di sini pengguna diperbolehkan memiliki dua sim card dan satu ruang untuk microSD.

    Meski bodinya berwarna lilac, namun lis yang mengitari tiap sisi smartphone berwarna biru. Slot sim card di bagian kiri, sedangkan di seberangnya ada tombol volume dan on/off yang saking berdampingan. Rupanya vivo V21 masih ingin memanjakan pengguna dengan headphone, makanya lubang colokan headphone pun masih tertanam di bagian bawah smartphone, berdampingan dengan port charger USB Type-C dam speaker pengeras suara yang terdiri dari 6 lubang.

    vivo-v21 (3)

    Layar Vivo V21 menggunakan AMOLED Display sebesar 6,44 Inci dengan resolusi FHD 2400x1080. Layar ini juga dilapisi dengan AG Matte Glass yang membuat sidik jari tidak membekas saat mengusap layar. Pergerakan aplikasi di layar pun terlihat cukup smooth. Mungkin karena layarnya dibekali dengan refresh rate 60Hz.

    Secara garis besar, ukuran yang tipis dan desain yang keren ala Diamond Flare ini menjadi daya tarik yang membuat kesan pertama kami sangat tergoda dengan vivo V21. Kami juga cukup terkesan dengan layarnya yang cukup terang dan memberikan tampilan tajam.

    Kamera

    Vivo V21 memiliki tiga kamera belakang, dimana kamera utamanya memiliki resolusi 64MP dengan fitur Night Camera. Sedangkan dua kamera belakang lainnya berjenis kamera super-wide angle (sudut lebar super) yang memiliki resolusi 8 MP, dan kamera makro super beresolusi 2 MP.

    Untuk kamera depan dengan 44MP Autofocus Super Night Selfie Camera, sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya. Lensa super-wide nya mampu menangkap kamera dengan jarak sampai 5 meter sekalipun dan masih terlihat baik saat di perbesar di layar. Sedangkan lensa bokeh dengan sensor kedalaman F2.0 bisa diedit kembali fokusnya saat sudah dijepret. Ini memungkinkan kita untuk mengubah fokus yang dibidik saat hasil foto sudah tersimpan di galeri. Sedangkan lensa makro-nya mampu menangkap sempurna objek yang paling kecil sekalipun dengan hasil yang tajam dan jelas.

    IMG_20210625_163033

    Lensa 64MP

    IMG_20210625_225627

    Mode Portrait

    IMG_20210626_004822

    Mode Super Makro

    Fitur lain dalam kamera vivo V21 adalah mode Portrait yang bisa mampu membuat objek foto menjadi lebih fokus, khususnya wajah seseorang. Ada juga panorama yang mampu merekam gambar sekeliling, tanpa satu pun terlewat. Jangan lupa time-lapse, slo-mo, stiker AR dan mode pro yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan manual pada kamera, mulai dari ISO, white balance, auto focus, dan lainnya. 

    Oia, kamera utama vivo V21 memang dilengkapi dengan resolusi 64MP Night Camera. Untuk menggunakannya, kita harus membuka menu ‘Lainnya’ kemudian memilih fitur resolusi tinggi. Saat diaktifkan maka lensa kamera dengan resolusi 64MP Night Camera didukung sensor kedalaman f/1.8 akan bisa langsung digunakan. Sayangnya, 64MP Night Camera tidak didukung HDR maupun pemilihan filter atau efek lainnya sehingga hasilnya lebih organik dan terlihat seperti aslinya. Jauh dari kesan blur, karena dibekali dengan optical image stabilizer (OIS).

    IMG_20210625_201747

    Night Mode

    IMG_20210625_232055

    Portrait Bokeh malam hari

    IMG_20210625_231252

    Portrait Bokeh (circle) malam hari

    Seperti series V lainnya, vivo V21 juga mengandalkan kamera depan untuk menarik minat pengguna. Kamera depan vivo V21 dibekali resolusi 44MP Autofocus Super Night Selfie Camera dengan berbagai fitur yang meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan selfie. Fitur itu antara lain Super Night Selfie dan Selfie Softlight Band. 

    IMG_20210625_154621

    Photo Selfie

    IMG_20210625_154810

    Foto selfie 44MP

    Super Night Selfie memungkinkan para pengguna untuk melakukan selfie di kondisi cahaya yang sangat redup. Hasilnya memang cukup jelas meski berada di malam hari. Cahayanya cukup banyak ditingkatkan sehingga objek terlihat begitu terang, namun jika melihat background objek dan langit malam, hasilnya tak mengecewakan. Penambahan cahaya yang cukup terang dalam kondisi gelap ini rupanya merupakan salah satu keunggulan selfie vivo V21. Mereka menyebutnya Selfie Softlight Band.

    Penggemar selfie sepertinya terlalu dimanjakan oleh vivo V21. Pasalnya, hampir semua fitur kamera utama bisa juga digunakan untuk kamera selfie. Malah kamera selfie ini juga dilengkapi dengan Eye Autofocus. Tak hanya itu, kamera di V21 ini juga dilengkapi juga kemampuan slo-mo selfie video (mengambil video dalam gerakan lambat), fitur Portrait Video (fokus pada wajah untuk menghasilkan foto jauh dari kesan blur) dan multi-style portrait (bisa edit dengan memilih 9 filter bawaan saat berfoto selfie menggunakan mode Potrait). 

    IMG_20210625_202903

    Selfie Softlight

    IMG_20210625_202703

    Super Night Mode Selfie

    Jangan lupa, di sini ada fitur video. Bahkan kamera selfie pun bisa menghasilkan video yang cukup stabil dengan Steadiface Selfie Video. Resolusi videonya mulai dari 720p, 1080 sampai 4K. Yang menarik, video 4K juga bisa menggunakan kamera depan alias 4K selfie video dengan kemampuan dual view. Artinya, pengguna dapat menggunakan konfigurasi kamera selfie plus kamera belakang utama, dan kamera selfie plus lensa wide-angle, serta kedua kamera belakang secara bersamaan.

    Performa

    Untuk dapur pacu, vivo V21 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 720G. Kapasitas penyimpanan internal Vivo V21 sebesar 128GB dan 256GB, yang dapat diperluas menggunakan microSD hingga kapasitas 1TB. Untuk RAM sendiri, vivo V21 vivo V21 dibekali 8GB+3GB Extended RAM, RAM sebesar 8GB yang bisa ditambah sebesar 3GB. Penambahan RAM tersebut dijalankan dengan memanfaatkan ruang memori eksternal sehingga performa HP untuk melakukan multi-tasking jadi lebih baik lagi. Pengkonversian 3GB ROM menjadi RAM ini tidak akan menyebabkan gangguan apapun terhadap kinerja ROM pada V21 ini.

    Chipset Snapdragon 720G menggunakan Qualcomm AI Engine generasi ke-5 dan Qualcomm Hexagon Tensor Accelerator, dimana kedua fitur diatas memberikan performa gaming yang telah ditingkatkan dengan konsumsi daya yang rendah. Chipset ini juga memberikan hiburan HDR dalam kualitas yang sangat baik dengan Game Seluler HDR 10-bit dan streaming video HDR. Dimana grafik yang dihasilkan akan tampak nyata dari satu miliar corak warna yang sangat menakjubkan. Ditambah dengan Qualcomm Spectra 350L sehingga mampu memberikan resolusi video yang tajam.

    Gaming merupakan kata kunci dari SD 720G. Makanya, V21 pun memiliki Ultra Game Mode yang membuat nyaman bermain game. Misalnya, kita bisa menggeser bilah pengaturan pintasan game saat sedang dalam permainan. Yang menarik, di sini ada mode eSports yang memiliki kenyamanan layaknya sedang berkompetisi dalam liga esports internasional. Jika diaktifkan maka perangkat otomatis akan mematikan semua bentuk notifikasi kecuali peringatan baterai lemah. Selain itu, efek visual juga ditingkatkan dan suhu perangkat juga akan lebih adaptif karena sumber daya CPU akan dialokasikan sedemikian rupa sehingga jauh dari overheat.

    P1233728

    Tak hanya itu. V21 juga membuat kamu bisa merasakan ambience sesungguhnya dari game yang dimainkan. Misalnya saat bermain PUBG, kamu bisa merasakan getaran yang keluar dari V21 saat tembakan dilayangkan beruntun untuk mengejar ‘chicken dinner’.

    V21 ini juga telah didukung NFC Multifunctions yang bisa digunakan untuk bertransaksi digital. Bisa dipakai untuk mengecek dan mengisi saldo kartu uang elektronik, atau menduplikasi kartu akses. Jangan lupa, vivo V21 menjalankan sistem operasi Funtouch OS 11.1 yang mendukung Android 11.

    Baterai 4000 mAh dilengkapi dengan kemampuan 33W flash charge. Bayangkan, baterai sudah 32 persen masih bisa dipakai standby selama dua hari. Namun jika digunakan dalam aktivitas yang masif, baterai sebesar itu mampu bertahan kurang dari 24 jam. Apalagi jika digunakan untuk bermain game seharian. Jika untuk menonton film, bisa bertahan 17 jam. Untuk mengisi daya sebanyak 65 persen bisa dilakukan hanya dalam kurun 30 menit.

    Benchmark score: Geekbench - Single Core 575, Multi-Core 1803

    vivo V21 sudah mulai dipasarkan di Indonesia hari ini, 26 Juni 2021. Perangkat tersebut bisa didapatkan baik secara offline maupun melalui ecommerce dengan berbagai promo dan keuntungan yang menarik. vivo V21 dengan memori 128GB dijual dengan harga Rp4.399.000 sedangkan varian 256GB dibanderol Rp4.999.999. 

    Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman resmi vivo Indonesia.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : vivo vivo v21 selfie 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini