icon-category Gadget

Review Vivo Y36 5G: Kinerja Bisa Diandalkan, Desain Classy ala Sultan

  • 15 Sep 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id — Vivo kembali hadir dengan jajaran ponsel terbaru mereka yaitu Vivo Y36 series yang dirilis pada Juni 2023 lalu dengan dua varian, versi 4G dan 5G.

Dibanderol dengan harga mulai Rp3,9 jutaan, Vivo Y36 series ini mengusung tagline ‘Gaya Sultan, Performa Jagoan’. Dilihat dari tagline-nya, ponsel yang satu ini memang punya desain yang mewah dan classy ala sultan.

Beberapa waktu terakhir, kami mendapat kesempatan untuk menjajal ponsel terbaru dari Vivo yang satu ini. Untuk mengetahui lebih dalam soal ponsel yang satu ini, yuk simak review Vivo Y36 5G yang satu ini.

Desain dan layar

First impression kami ketika memegang smartphone ini adalah punya bodi yang cukup besar dan ringan saat dipegang. Dimensi bodi Vivo Y36 5G ini adalah 164.1 x 76.2 x 8.1 mm dengan bobot 202 gram.

Walaupun agak kewalahan saat digunakan oleh satu tangan, tapi smartphone ini memiliki material yang ringan dan punya desain frame yang datar sehingga tidak licin saat dipegang.

Untuk desainnya, Vivo Y36 5G ini punya wujud ala-ala ponsel kekinian dengan desain bingkai yang ramah di tangan dan permukaan belakang berwarna hitam matte dengan efek kilauan halus yang cocok dengan nama varian warnanya, Meteor Black.

alt-img

Permukaan yang halus membuat smartphone ini terlihat apik dan memiliki kesan mewah ala-ala ponsel premium. Satu lagi, Vivo Y36 5G ini tidak menghilangkan jejak sidik jari di belakangnya sehingga tidak khawatir saat dipegang sehari-hari.

Smartphone ini masih mempertahankan port audio jack 3.5mm. Tombol power dan volume berada di sebelah kanan. Untuk speaker, port charger dan USB-C ditumpuk di bagian bawah.

Soal desain kamera, Vivo Y36 5G masih mempertahankan ciri khas mereka dengan 2 kamera yang cukup besar di bagian belakang yang dibungkus dengan ‘rumah’ berbahan glass.

Sekarang, mari kita bahas soal layarnya. Smartphone yang satu ini punya layar yang luas dengan ukuran 6.64 inci dan sudah didukung dengan kecepatan refresh sampai 90Hz.

alt-img

Resolusi layar Vivo Y36 5G ini sudah full HD+ dengan desain kamera punch hole yang tidak terlalu mengganggu saat digunakan. Sayangnya, kecerahan maksimum dari ponsel ini biasa-biasa saja dibandingkan ponsel-ponsel lain, yaitu hanya 650 nits. 

Yang mana ketika dibawa ke ruangan terbuka, ponsel ini tidak terlalu terang dan ‘ramah’ sinar matahari. Tapi, saya masih bisa menonton atau mengoperasikan berbagai konten di ponsel ini saat outdoor.

Sejauh menggunakan smartphone ini, saya sendiri cukup puas dengan kualitas layar yang dimiliki Vivo Y36 5G ini. Sebagai masukan saja, akan lebih baik kalau kecerahan dari ponsel ini ditambah agar bisa leluasa saat dipakai aktivitas outdoor.

Performa dan Baterai

Vivo Y36 didukung dengan Dimensity 6020 (7nm) dengan kombinasi RAM 8 GB dan extended RAM 8 GB. RAM luas ini di-combokan dengan penyimpanan luas sebesar 256 GB.

Extended RAM 8GB ini hadir untuk menunjang aktivitas pengguna sehari-hari, apalagi kalian yang suka main game seperti Mobile Legend, PUBG, Free Fire dan lainnya, ponsel ini akan memberikan pengalaman main game yang cukup smooth.

Saya mencoba untuk menjalankan beberapa aktivitas ringan seperti mendengarkan musik, menonton video dan membuka media sosial, hasilnya tidak ada kendala apapun alias lancar banget. Saya juga masih bisa scrolling dengan lancar walaupun saya sedang mendownload beberapa game dan aplikasi di layar belakang.

Selanjutnya, saya mencoba bermain game Mobile Legend selama kurang lebih 30 menit, ponsel masih tetap tak menghangat walaupun sebelumnya sudah dipakai seharian. Tak lupa, layarnya tidak memberikan delay pada gerakan tangan pengguna.

Untuk baterainya, Vivo Y36 5G ini jadi salah satu smartphone yang cukup awet untuk digunakan seharian. Dengan kapasitas baterai 5.000mAh dan dukungan FlashCharge 44W, smartphone ini bisa mengisi baterai dalam waktu hampir 2 jam dari 0 persen hingga 100 persen. 

Saya menggunakan smartphone ini untuk menonton video di YouTube sambil mendownload aplikasi selama kurang lebih 2 jam baterai yang tersedot hanya 10 persen saja. Dengan catatan, saya menggunakan kecerahan full dan mengaktifkan refresh rate mode ‘smart switch’.

Nah, untuk menguji performanya, saya mencoba beberapa pengujian di beberapa aplikasi, yaitu PCMark dan 3DMark.

Dalam pengujian di PCMark, baterai Vivo Y36 5G ini bisa bertahan hingga 18 jam 8 menit. Untuk penggunaan asli, hanya butuh sekitar 3 persen baterai untuk bermain game Mobile Legends: Bang Bang selama kurang 30 menit, dan butuh sekitar 8 persen untuk menonton YouTube selama 1,5 jam.

Berikut beberapa pengujian yang kami coba melalui beberapa aplikasi:

Berdasarkan uji benchmark, di aplikasi Geekbench 6, ponsel ini memperoleh nilai 413 untuk single-core score dan 1466 untuk multi-core score.

Di PCMark, untuk performanya ponsel ini mendapatkan skor 6762. Sementara di pengujian 3DMark, dalam uji coba Wild Life, Vivo Y36 ini mendapatkan skor 595 poin dan untuk Wildlife Stress Test, ponsel ini memiliki Best Loop Score sebanyak 125 dan Lowest Loop Score sebesar 121.

Hasil kamera yang ciamik dan estetik

Kalau bahas soal kamera, dengan harga kisaran Rp3 jutaan, Vivo Y36 ini sudah memberikan kualitas kamera yang mumpuni.

alt-img

Untuk komposisi kameranya, ponsel ini memiliki 3 kamera belakang yaitu main camera 50 MP kamera, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro dengan resolusi 2MP. Untuk kamera depannya sendiri, ponsel ini memiliki resolusi kamera depan 16 MP.

Vivo Y36 5G ini punya berbagai teknologi mulai dari Night Mode, Bokeh Portrait Video dan Bokeh Flare Portrait, Double Exposure, dan Dual-View Video.

Saya terkesan dengan kamera utama yang ada di Vivo Y36 ini karena masih bisa menangkap cahaya dan detail objek dengan baik dan tajam. Terlebih warna yang dihasilkan juga tetap ‘hidup’ dan menghasilkan potret yang berkesan. Berikut adalah beberapa hasil jepretan menggunakan Vivo Y36 5G:

alt-img

alt-img

alt-img

alt-img

alt-img

Kesimpulan

Dengan harga Rp3.399.000, Vivo Y36 5G ini jadi smartphone mid-range yang bisa jadi pertimbangan ketika ingin ponsel yang mewah namun dengan harga yang cukup terjangkau. 

Performa dari ponsel ini juga bisa tahan saat digunakan untuk memotret, hiburan seperti nonton dan streaming video, bahkan untuk bermain game sekalipun.

Apalagi dengan  layar lebar 6,6 inci, nonton YouTube begitupun nonton Netflix bisa dinikmati dengan layar luas dan tentunya awet berkat baterai 5.000 mAh yang disematkan di ponsel sultan yang satu ini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini