home ×
Gadget

Review Xiaomi Mi TV 4 55 Inch: Televisi Rp 5 Juta Paling Mewah

04 May 2020 By
Review Xiaomi Mi TV 4 55 Inch: Televisi Rp 5 Juta Paling Mewah
Share
Share
Share

Uzone.id - Xiaomi memang selalu coba mengeluarkan produk yang kompetitif di pasaran. Lihat saja ponselnya, kalau dibanding dengan spesifikasi yang sama ponsel Xiaomi biasanya punya harga yang jauh lebih murah dibanding merek lain. Hal itu juga mereka bawa ke lini produk lainnya.

Xiaomi memang terbilang baru di industri TV. Tak seperti LG atau Samsung yang sudah sangat lama menguasai pasar televisi dunia. Mau tak mau Xiaomi harus mendobrak dengan produk yang revolusioner. Kalau tidak dari fitur, paling tidak ya dari harganya. Inilah Xiaomi Mi TV 4 55 Inch. 

Besar dan Minimalis

Xiaomi Mi TV 4 55 Inch itu ukurannya benar-benar besar dan berat, dengan ukuran lebar 124,2 x 72,2 cm dan bobot mencapai 13 Kg.  Jadi kalau mau nyaman menonton film di layar ini pastikan kalian punya ruangan yang cukup luas. 

Secara desain Xiaomi Mi TV 4 55 Inch terkesan cukup minimalis. Bodinya ramping, dengan panel belakang yang terbuat dari metal dan bagian lainnya seperti kaki-kaki dan tepian yang terbuat dari plastik. Oh ya, ngomongin tepian, bezel Xiaomi Mi TV 4 55 Inch ini terbilang sangat tipis untuk TV berukuran besar. 

Di bagian belakang TV ini terdapat sejumlah port yang bisa digunakan seperti 3 port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2 port USB (2.0) dan port Ethernet. Sedangkan nirkabel sudah tersedia Wifi dan Bluetooth 4.2.

Spesifikasi Mewah

 

Gak di smartphone gak di televisi, Xiaomi selalu membuat produk yang punya spesifikasi di atas rata-rata produk sekelasnya. Di Xiaomi Mi TV 4 55 Inch tak terkecuali. 

Xiaomi Mi TV 4 55 Inch dilengkapi processor Amlogic Quad Core 64 bit, RAM 2 GB RAM DDR dan ruang penyimpanan 8 GB eMMC. Cukup kencang untuk menjalan sistem operasi Android TV yang ada di dalamnya. 

Bicara soal sistem operasi, saat menghidupkan pertama kali TV ini kalian akan diminta melakukan beberapa pengaturan layaknya pada ponsel Android. Memasukan email, login akses internet, dan lainnya. Saran kami supaya lebih mudah sebaiknya lakukan pengaturan tersebut melalui ponsel saja. Toh Android TV dengan ponsel Android bisa terhubung secara mudah.

Setelah semua pengaturan selesai kami baru mulai mencicipi satu persatu fitur yang ada di televisi ini, mulai dari panel 4K yang mendukung HDR hingga kemampuan audio dan kompatibilitas untuk memutar berbagai file.

4K HDR dengan DTS Audio

 

Pertama kali mencoba kami langsung mengakses berbagai film di Netflix. Sengaja kami memilih Netflix karena di sini ada banyak film yang sudah dibuat dalam resolusi 4K atau kualitas gambar HDR yang hanya muncul ketika perangkat yang dipakai mendukung keduanya. Dan benar saja, kedua konten tersebut bisa diakses secara benar di Xiaomi Mi TV 4 55 Inch.

Saat memutar konten beresolusi 4K TV ini benar-benar menampilkan gambar yang tajam dan terang. Maklum tingkat kecerahannya mencapai 220 nits, dan untuk TV berukuran 55 inch itu sudah cukup untuk membuat konten terlihat tajam di tengah sorot sinar lampu ruangan.

Tapi untuk film dengan resolusi Full HD atau 1080p kualitas gambarnya akan menurun tajam. Tidak jelek, namun kurang optimal karena sepertinya televisi ini tidak memiliki teknologi upscaling yang mumpuni. Jadi kalau bandwidth internet kalian mencapai 25 Mbps saran kami mending streaming langsung di 4K atau minimal 2K untuk mendapatkan kualitas gambar yang tajam.

Kemudian untuk konten HDR tampilannya juga cukup baik. Di Netflix, televisi akan langsung menyesuaikan tingkat kecerahan layar ketika konten HDR terdeteksi. Namun kalau mencobanya di PlayStation 4 Pro kalian mesti melakukan beberapa penyesuaian. 

Di PS4 Pro TV akan dideteksi tidak mendukung fitur HDR. Ini karena fungsi HDMI 2.0 di Xiaomi Mi TV 4 55 Inch belum diaktifkan. Solusinya? Tekan tombol tengah di remote saat masih terhubung dengan PS4 Pro, lalu pilih pengaturan, dan di situ kemudian ada opsi pengaturan HDMI.

Aktifkan fungsi HDMI 2.0, maka secara otomatis PS4 Pro akan mendeteksi bahwa Xiaomi Mi TV 4 55 Inch sudah sepenuhnya mendukung game berbasis HDR.

Selain HDR televisi ini juga mendukung output suara DTS yang bisa disalurkan via kabel HDMI. Untuk speaker internalnya sendiri sudah menggunakan konfigurasi stereo dengan output maksimal 10 watt.  Cukup kencang, tapi saran kami sebaiknya tetap menggunakan speaker eksternal untuk merasakan fungsi sesungguhnya DTS di Xiaomi Mi TV 4 55 Inch.

Interface Android TV dan PatchWall 3.0 Xiaomi

 

Xiaomi Mi TV 4 55 Inch ini menggunakan sistem operasi Android TV yang otomatis di dalamnya banyak sekali fungsi yang bisa kalian gabungkan dengan ponsel pintar Android. 

Contohnya Chromecast yang sudah built in, toko aplikasi Play Store yang sudah disaring berdasarkan aplikasi yang cocok di TV, dan kemudahan untuk menghubungkan berbagai aksesoris lain secara nirkabel melalui bluetooth. Kalian bisa menghubungkan speaker eksternal, ponsel sebagai remote TV, gamepad dan aksesoris lainnya. 

Interface Xiaomi Mi TV 4 55 Inch juga seperti Android TV pada umumnya. Kalian bisa mengakses beberapa layanan video secara mudah dan sangat beragam. Tapi selain itu Xiaomi juga menyediakan interface sendiri yang mereka sebut PatchWall 3.0. Ini merupakan launcher yang sudah mereka kembangkan selama beberapa tahun terakhir. 

Bedanya dengan interface Android TV, antarmuka ini menyajikan tampilan yang sudah disesuaikan dengan konten lokal. Misalnya, memberikan ruang khusus untuk berbagai channel TV swasta, atau layanan Video on Demand (VOD) lokal seperti Video.com lengkap dengan konten-konten yang sudah disaring. 

 Remote Minimalis

 

Mungkin ini remote TV yang paling sederhana. Tak ada tombol khusus untuk menentukan channel, tak ada tombol memilih input dan pengaturan, tak seperti remote TV pada umumnya. Kecil, ringkas, ringan dan dengan fungsi yang dioptimalkan untuk televisi dengan konten internet. 

Alih-alih menyediakan tombol memilih channel, di Xiaomi Mi TV 4 55 Inch malah ada tombol khusus untuk mengakses Netflix dan layanan Amazon Prime. Jadi jelas, TV ini memang ditujukan untuk pengguna yang lebih sering mengakses konten dari internet ketimbang stasiun TV.

Remote ini juga lubang microphone yang bisa digunakan untuk melakukan perintah suara. “Halo Google, cari video terbaik hari ini,” ucapkan demikian, maka TV akan menampilkan video rekomendasi yang ada di YouTube. Itu baru satu, banyak perintah lain yang bisa didukung televisi ini. 

Kesimpulannya

 

Xiaomi Mi TV 4 55 Inch jelas dirancang bukan sebagai televisi konvensional. Mesti masih ada port antena di belakangnya, tapi fitur-fitur unggulannya jelas baru akan terasa jika penggunanya punya akses internet yang cepat dan stabil. Serta berlangganan layanan video seperti Netflix atau Amazon Prime. 

Kualitas gambar yang ditampilkan juga cukup bagus. Meski pada resolusi Full HD kurang baik, tapi saat menonton di resolusi 2K atau 4K baru Xiaomi Mi TV 4 55 Inch menunjukan kelebihannya. Tajam, bening, dengan saturasi warna yang baik. Walau bukan yang terbaik di panel 4K kebanyakan. 

Namun dengan harganya yang ‘cuma’ Rp 4,9 juta, tampaknya tak ada televisi lain yang mampu menyaingi Xiaomi Mi TV 4 55 Inch baik dari sisi fitur, kualitas dan layanannya. Maka kalau di masa Work from Home (WFH) ini kalian butuh upgrade TV untuk hiburan, maka Xiaomi Mi TV 4 55 Inch adalah pilihan yang tepat. 






Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Davin Ada Disini 05 May 2020 | 08:46:59

Harganya gak bisa sedikit murah

Rival Ipal 05 May 2020 | 05:06:17

wahhhh bgs bngt tv ny kka Wahhhh bagus banget

Rival Ipal 05 May 2020 | 05:03:59

wahhh bagu banget kak

Miskin aman 05 May 2020 | 04:47:21

wah benar benar sangat keren banget

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article