home ×
Gadget

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android yang Luar Biasa

08 October 2021 By
Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android yang Luar Biasa
Share
Share
Share
Share

Xiaomi Pad 5 (Foto: Meyka/Uzone.id)

Uzone.id - Semakin banyak tempat saja bagi tablet sebagai alternatif pengganti laptop, sebut saja iPad Pro, Samsung Galaxy Tab S7 dan terakhir Xiaomi Pad 5 bisa dimasukan ke dalam daftar beli.

Bukan tanpa sebab, setelah tim Uzone.id menggunakan Xiaomi Pad 5 ini dalam kurun waktu yang cukup lama, kami terkesima dengan harga dan performa yang ditawarkan.

Satu catatan lagi, yang membuat kami puas adalah harga yang ditawarkan hingga nantinya dukungan ekosistem untuk Xiaomi Pad 5 ini.

Namun begitu, bukan berarti Pad 5 ini mulus 100 persen, sebab ada beberapa kekurangan yang menurut kami menjadi sesuatu hal yang mengganjal untuk mencapai posisi sempurna.

Nah, berikut hasi review Xiaomi Pad 5 oleh tim Uzone.id selama beberapa hari terakhir.

Desain

Foto: Meyka/Uzone.id

Dari perspektif desain, sulit untuk tidak melihat Xiaomi Pad 5 sebagai ‘sepupu jauh’ dari iPad Air 4 (2020). Sebut saja penempatan tombol power, volume, magnetik keyboard, kamera hingga bulatan melingkar di kedua ujung tablet dan bezel layar yang mirip sekali.

Walaupun sejatinya, tablet ini tidak punya fitur fingerprint sekaligus tombol power seperti yang dilakukan oleh iPad Air. Tapi harus diakui usaha Xiaomi ini patut diancungi jempol.

Perbedaan lainnya dibandingkan iPad Air tentu saja adalah kehadiran empat speaker di dua bagian atas dan bagian bawah yang memang ditonjolkan untuk mendukung fitur Dolby Atmos-nya.

Foto: Meyka/Uzone.id)

Secara build quality, Xiaomi Pad 5 ini sangat bagus kokoh. Apalagi perangkat ramping ini seolah meminta diangkat banget buat dipamerkan saat digunakan.

Seperti kebanyakan tablet modern, satu port pengisian USB Type-C ditemukan di bagian bawah Pad 5, tanpa jack headphone yang terlihat.

Foto: Meyka/Uzone.id)

Kami kira di situlah Mi True Wireless Earbuds Basic 2 Xiaomi masuk. Seperti disebutkan tadi, kalian juga tidak akan menemukan sensor Touch ID pada Pad 5, tetapi mendapatkan Face ID untuk membuka kuncinya.

Hadir dengan ukuran 10 x 6,54 x 0,26 inci dan berat 511 gram, Xiaomi Pad 5 memiliki dimensi yang hampir identik dengan Samsung Galaxy Tab S7 (10 x 6,51 x 0,25 inci, 608 gram). IPad Air sedikit lebih kecil dan lebih ringan dari kedua tablet ini (9,7 x 7 x 0,24 inci, 458 gram).

Sehingga tablet ini walaupun punya ukuran yang lebar, walaupun tidak seringan iPad Air 4 tetap saja masih nyaman untuk digenggam satu atau dua tangan sekaligus. Sudah terbayangkan, bagaimana ini cocok juga sebagai perangkat hiburan seperti bermain game.

Layar

Dengan panel LCD 11 inci, tambahan resolusi 1600 x 2560 piksel dengan dukungan DCI-P3, rasio aspek 16:10, dan kecepatan refresh 120Hz, Xiaomi Pad 5 menghadirkan tampilan fantastis untuk menonton film atau hanya sekadar menggulirkan konten dengan cepat dan smooth.

Berkat True Display Pad 5, warnanya kaya dan hidup, serta memberikan pengalaman menonton yang jauh lebih baik karena kecerahan layar yang luar biasa.

Kami menjajal video di YouTube untuk melihat trailer dari film James Bond No Time To Die, tampak terlihat warna putih cemerlang yang diperlihatkan saat Lyutsifer Safin yang diperankan oleh Rami Malek tengah berbaring di salju.

Topengnya rusak jadi enak dipandang, sementara retakan akibat gempuran peluru yang dihempaskan ke mobil Bond saat baku tembak tampak jelas dan rinci.

Kami juga mencoba menontonnya di ruangan yang terang benderang juga tidak menghilangkan pengalaman menontonnya, semuanya tampak terang dan tajam.

Oh ya, Xiaomi Pad 5 ini sudah mendukung Dolby Vision yang sejatinya merupakan teknologi dukungan HDR10 buatan Dolby. Bagi penikmat film di Netflix atau Disney+ Hostar ini tentu saja semakin memanjakan mata.

Saat menjajal dolby Vision

Saat pengujian film-film yang sudah mendukung format ini sangat nyaman bila disaksikan di ruang redup seolah-olah kita sedang menyaksikan di depan bioskop. Suatu kelebihan yang jarang ditemui oleh tablet di range harga tersebut.

Audio

Sejujurnya, kami tidak pernah terlalu memikirkan speaker stereo iPad Air. kecuali speaker ini cukup keras dan berfungsi dengan baik, rasanya itu sudah cukup ya.

Namun, dengan Xiaomi Pad 5, kami benar-benar terkesan dengan ketukan yang kuat dan suara yang berbeda yang dihasilkan oleh pengaturan quad-speaker.

Untuk menguji apakah Pad 5 bisa menjadi perangkat audio untuk memicu kenikmatan di gendang telinga, kami memutar "Future Nostalgia" milik Dua Lipa di aplikasi YouTube Music.

Bahkan pada volume maksimal, tidak ada satu lapisan suara pun yang mengalahkan lapisan lainnya, karena kami dapat mengikuti irama perkusi dan menikmati vokal khas Dua Lipa sekaligus.

Kami yakin, kalian juga akan terpukau dengan bass yang disetel dengan baik yang berasal dari kedua ujung tablet benar-benar memberikan, seolah memberikan dampak langsung.

Sementara speaker Pad 5 dapat memenuhi ruangan dengan suara maksimal, kami mencoba menurunkan volume di tingkat yang rendah hingga 50 persen.

Hasilnya saat memutar musik klasik atau Jazz di aplikasi Spotify hasilnya sungguh syahdu dan seolah hanyut ke dalam alunannya.

Nah dengan dukungan fitur Dolby Atmos, antara mata yang dimanjakan dengan kualitas gambar Dolby Vision semakin pas ketika memutar film yang mendukung format tersebut.

Performa

Xiaomi Pad 5 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 860 octa-core dan RAM 6GB yang mengesankan. Meskipun sudah dirilis berusia beberapa tahun sebelumnya, Snapdragon 860 masih merupakan chip yang bereputasi baik yang akan memungkinkan sebagian besar konsumen untuk membuka banyak aplikasi tanpa hambatan, split screening dan lain sebagainya.

Kami melakukan pengujian, dengan membuka sejumlah aplikasi dan tab di Google Chrome untuk melihat bagaimana Pad 5 akan bertahan menghadapi tekanan Ini termasuk YouTube, 20 tab Google Chrome, Netflix, dan game Pokemon Unite.

Hasilnya, tablet Xiaomi ini mampu menjalankan semuanya tanpa gagap atau lag. Terlebih lagi, kecepatan refresh rate 120Hz membuat pengguliran melalui Instagram dan membuka banyak website menjadi semakin mulus. Goks!

Memang sih, saat membuka artikel yang memuat video yang disematkan, kami memang melihat kecepatan refresh rate-nya melambat, namun bagi kami itu masih dalam tahap wajar, dan tidak terlalu signifikan untuk menghambat kinerjanya.

Ketika diuji melalui benchmark kinerja keseluruhan melalui aplikasi Geekbench 5.0 hasilnya tidak terlalu mengecewakan, seperti yang ada di bawah ini:


Kamera

Foto: Meyka/uzone.id

Membahas kamera, Xiaomi Pad 5 menawarkan kamera 13MP di bagian belakang dan kamera depan 8MP yang mendukung resolusi 1080p. Sudah cukup sebagai bagi sebuah tablet.

Menjadi perhatian tentu saja kamera depannya yang menurut kami sudah melebihi ekspektasi kala digunakan untuk panggilan video confence. Tentu saja itu menjadi salah satu fungsi utama tablet, bukan?

Kualitas kamera depan (Foto: Meyka/Uzone.id)

 

Kamera belakangnya pun lumayan, walaupun belum bisa dibilang memuasakan. Hasil jepretan menggunakan peranti ini di indoor dengan cukup cahaya saja masih ada sedikit noise, walaupun itu tidak terlalu menganggu.

Jangan sampai kamera tablet ini menjadi andalan untuk menfoto di ruangan yang tertutup minim cahaya, kualitasnya menurut kami sudah turun sekali.

Hasil Test Kamera

hasil foto indoor Xiaomi Pad 5

 

Hasil foto kamera depan Xiaomi Pad 5

Baterai

Xiaomi memasangkan kapasitas baterai 8.720mAh di Pad 5 dan mengklaim dapat menjalankan game hingga 10 jam, pemutaran video 16 jam, dan pemutaran musik hingga lima hari. Bagi sebuah tablet ini termasuk besar dan bisa diajak untuk berkerja seharian.

Selama penggunaan selama tiga hari dengan aktifitas ringan, seperti mendengarkan musik dan menonton video YouTube, Pad 5 hanya turun menjadi sekitar 70 persen dari saat posisi penuh.

Test baterai benchmark

Itu sangat berguna untuk pengguna biasa. Namun, segera setelah kami mematikan fungsi kecerahan otomatis dan menaikkan tingkat kecerahan, baterai terkuras lebih cepat.

Wajar sih, menaikkan tingkat kecerahan akan selalu menguras baterai perangkat, tetapi ada lompatan yang lebih signifikan pada Pad 5.


Kesimpulan

Dengan harga hanya Rp 4,9 jutaan saja, Xiaomi Pad 5 adalah tablet yang banyak dicari oleh penggemar Android, dengan tampilan yang brilian, pengaturan audio yang berkualitas, dan kapasitas baterai tablet yang tahan lama akan dihargai oleh pengguna.

Jadi, apakah Xiaomi Pad 5 menetapkan standar baru untuk tablet Android? Tidak cukup, tapi itu masih perangkat yang menarik. Sayang memang belum datangnya kehadiran keyboard dan stylus tidak bisa membuat pengujian secara maksimal.

Tidak menggunakan prosesor Snapdragon terbaru itu juga menjadi catatan tersendiri. Namun, kami tidak dapat menyangkal bahwa Xiaomi Pad 5 akan menjadi pilihan yang fantastis bagi mereka yang membutuhkan tablet Android yang terjangkau namun berkualitas.

Spesifikasi Xiaomi Pad 5
Layar IPS LCD 11 Inci 11 inci resolusi WQHD Plus (1.600 x 2.560 piksel), refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 650 nits, Dolby Vision.
Chipset Snapdragon 860
RAM/Memori Internal 6 GB/256GB
Kamera Depan 8MP
Kamera Belakang 13MP
Baterai 8.720 mAh, Fast Charging 22.5 W
Warna Cosmic Gray dan Pearl White
Harga 5 Juta

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id