icon-category Gadget

Riset Canalys: TWS Kontribusi 38 Persen di Pasar Smart Audio

  • 30 Jun 2020 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Data terbaru dari Canalys menunjukkan jika pada kuartal pertama tahun ini jumlah pengapalan perangkat smart audio mencapai angka 96,2 juta unit. Audio pintar yang dimaksud termasuk smart speaker dan smart personal audio.

    Dalam riset tersebut, Canalys menurunkan adanya penurunan penjualan di pasar smart speaker namun di sisi smart personal device justru mengalami peningkatan. Penjualan smart speaker turun 1,9 persen untuk pertama kalinya dalam sejarah pasar global. Diperkirakan karena dampak pandemik Covid-19.

    Sedangkan di sisi smart personal audio, penjualannya justru mengalami kenaikan sampai 19,4 persen menjadi total 75,9 juta unit. Rupanya peningkatan ini dipicu produk-produk True Wireless Stereo (TWS) yang berasal dari Apple, Samsung dan Xiaomi.

    "Produk TWS berkontribusi cukup besar dalam pasar smart audio untuk kategori smart personal device. Kontribusinya mencapai 38 persen," ujar Analis Senior Canalys, Jason Low, dikutip dari Neowin.net, Selasa, 30 Juni 2020.

    Jason mengungkap, kualitas suara yang lebih baik bukan satu-satunya peningkatan yang diharapkan pada perangkat audio pintar. Dengan TWS, vendor ïngin memudahkan pengguna untuk mengkonsumsi konten, serta akses ke asisten pintar.

    "Melalui integrasi yang terjalin erat dengan perangkat pintar, seperti smartphone, perangkat TWS diharapkan menjadi lebih cerdas, memungkinkan pengguna untuk bekerja, berolahraga, belajar, bersantai dan dihibur lebih efektif," ujarnya.

    Canalys memprediksi, tahun ini pasar TWS akan terus meningkat. Peningkatan ini diprediksi akan mendorong jumlah pengapalan smart audio menjadi 29 persen. Jadi total pengapalan Smart Audio diperkirakan akan mencapai 200 juta unit sampai akhir 2020.

    "Kuncinya ada beberapa faktor, termasuk ukuran yang mini, penggunaan yang nyaman, baterai yang tahan lama dan fitur yang makin meningkat seperti noise-cancellation," ujar Jason.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini