home ×
Technology

Robot Terbaru Omron Semakin Jago Main Ping-pong

04 October 2016 By
Robot Terbaru Omron Semakin Jago Main Ping-pong
Share
Share
Share
Share


Dalam beberapa tahun terakhir, Omron telah memamerkan sebuah robot bernama Forpheus yang dapat bermain tennis meja melawan manusia. Menyusul versi pertama pada 2014 dan versi kedua pada 2015, Omron menghadirkan versi terbaru yaitu Forpheus 3.0 pada 2016.

Sekilas, versi 3.0 ini terlihat memiliki desain yang sama dengan para pendahulunya. Akan tetapi, Omron telah meningkatkan sensor pada Forpheus keluaran 2016 ini sehingga menjadi lebih sensitif dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Di samping itu, Omron juga telah meningkatkan ketepatan pada robot terbarunya sehingga Forpheus terbaru mampu memberikan tangkisan dengan sudut yang tak terduga. Yang lebih menarik, Robot terbaru Omron ini juga dapat mengubah tingkat kemampuan bermainnya di tengah-tengah pertandingan.

Seperti dilansir Ubergizmo Selasa (4/10) kemampuan ini membuat perbedaan yang cukup signifikan dengan robot versi kedua yang dikeluarkan pada 2015. Pada versi kedua, pemain tennis meja harus memilih sendiri tingkat kemampuan bermain robot yang akan menjadi lawan mainnya.

Akan tetapi, Forpheus versi 2016 mampu 'membaca' kemampuan bermain lawan manusianya saat pertandingan berlangsung. Dengan begitu, Forpheus 3.0 dapat meningkatkan kemampuan bermainnya seiring dengan meningkatnya kemampuan bermain manusia yang menjadi lawan bertandingnya.

Dengan kemampuan canggih ini, Forpheus 3.0 tentu dapat menjadi 'teman' yang sangat berguna bagi pemain tennis meja yang ingin meningkatkan kemampuan bermain ping pongnya. Akan tetapi, Omron memiliki visi agar teknologi temuan mereka dapat digunakan di pabrik-pabrik untuk melakukan tugas-tugas otomatis.

Kemampuan Forpheus 3.0 untuk mendeteksi kemampuan manusia dinilai dapat membuat robot ini menentukan apa yang dapat ia lakukan untuk menolong manusia di pabrik. Beberapa bentuk pertolongan tersebut salah satunya ialah mengangkat barang berat.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id