icon-category Auto

Rombak Honda CRF 150 L Jadi Scrambler

  • 26 Jul 2018 WIB
  • Bagikan :

    Honda CRF 150 L nyatanya dapat dikustom di luar segmennya. Bila kebanyakan modifikator membangun motor dua alam ini dengan bentuk supermoto, Honda CRF 150 L juga dapat dijadikan dalam bentuk Scrambler.    

    Adalah Rully Manarullah sang penggawa R-Autoworks yang menggarap salah satu Honda CRF 150 L menjadi sebuah motor kustom, berkonsep Neo Scrambler dalam ajang Honda Dream Ride 2018. 

    "Jadi gini, kemarin di Honda Dream Ride itu AHM (Astra Honda Motor) kasih acuan, bisa enggak bikin CRF selain supermoto, itu kan udah biasa modifikasi kaya gitu. Terus saya pikir bisa enggak ya dijadiin Scrambler yang futuristik, pas ada workshop Honda Dream Ride, saya ajukan desain ini," ujar Rully saat dihubungi kumparanOTO, Kamis (26/7).

    "Pas desainnya sudah jadi, saya kasih ke Hiroaki Tsukui si yang desain Honda CRF 150 L ini, selanjutnya seharian omongin konsep sampai matang, terus besoknya Hiroaki kasih desain jadinya ke saya, dari situ kolaborasi sama orang AHM juga buat modifikasi ini," tambahnya. 

    Rully membeberkan, bila batasan kustomisasi yang dilakukan tidak boleh mengubah mesin dan rangka utamanya, selebihnya seperti body, ban, lampu, dan kaki-kaki boleh dirombak total. Lihat saja body-nya berubah drastis ditambah penggunaan dua lampu LED proyektor yang tersematkan pada body depannya. 

    Adapun di sektor ini, semuanya diganti dengan body berbahan karbon kevlar buatannya. Nah dari ubahan ini Rully mengaku kesulitan karena harus membuat cetakan body yang presisi dengan rangka maupun kaki-kakinya. 

    "Paling krusial itu bagian body, itu kan dari depan semuanya kustom pakai karbon kevlar. Sulit sih karena kan harus buat cetakannya, itu aja makan waktu 2 bulan, karena kan harus sesuain sama dudukan dan kaki-kaki," ucap Rully. 

    Kemudian dari kaki-kaki, suspensi depannya tetap menggunakan bawaan, hanya saja pipanya dipotong lebih pendek untuk membuatnya lebih proporsional. Suspensi belakang pun juga diubah menggunakan shock after market. Selebihnya ubahan ada pada lengan ayun, tromol, dan ban. 

    "Itu tromol besar kenapa kelihatan gede, soalnya mau kelihatan beda dari yang lain. Sebelumnya mau pasang pro arm punya NSR SP, cuma kan cakramnya besar, kesulitan juga bikin tromolnya, akhirnya pakai aluminium billet yang beratnya 30 kg, sedangkan yang kepakai cuma 4 kg. Jadi lah itu tromol gede kan, nah posisi cakram ada di dalam tromolnya itu," katanya. 

    Bicara lama pengerjaan, Rully menghabiskan waktu 3 bulan, sesuai tenggat waktu yang diberikan oleh AHM. Sementara dana yang dihabiskan mencapai Rp 40 juta sesuai dengan batasan dana yang dikucurkan AHM. 

    Namun bila readers kumparan kepincut dengan karya Rully ini, kamu bisa mendapatkan modifikasi serupa dengan dana yang dapat menyesuaikan, juga tergantung parts apa yang akan dipakai.

    "Kalau mau mah bisa banget, cetakannya kan sudah ada, datang aja," tutup Rully. 

    R-Autoworks
    Alamat: Harapan Indah (Pusat Otomotif Sentra Harapan) Blok F 18, Bekasi
    Nomor Telepon: 0812-9079-5295

    Data modifikasi Honda CRF 150 L Neo Scrambler:
    Body: Kustom karbon kevlar
    Lengan Ayun: Kustom Pro Arm NSR SP
    Rangka: Kustom sub frame
    Velg Depan: TK Black 3,00 R18
    Velg Belakang: TK Black 3,50 R18
    Ban Depan: Shinko E 705 130/70 R18
    Ban Belakang: Shinko E 705 130/70 R18
    Suspensi Depan: Low Travel Showa CRF 150 L
    Suspensi Belakang: Monoshock 275 mm
    Tromol Depan: Kustom
    Tromol Belakang: Kustom aluminium billet
    Footstep: Kustom R/L
    Lampu Depan: LED proyektor
    Lampu Belakang: CBR 150R
    Tutup Tangki: CBR 150R
    Tangki: Kustom
    tang: Fat bar
    Knalpot: Full custom
    Jok: Kustom single seat
    Cat: Airbrush painting  

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini