icon-category Auto

Royal Enfield Hunter 350 Terbaru Resmi Meluncur, Harga Gak Semahal NMax

  • 09 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Royal Enfield Hunter 350 (Foto: Royal Enfield)

    Uzone.id - Kerennya Royal Enfield Hunter 350 terbaru yang menampilkan gaya old-school dan new-age cool dengan membawa mesin J-series yang diklaim sangat halus.

    Wheelbase pada Hunter 350 dirancang lebih pendek, roda besi 17 inci, berat yang lebih ringan dan kerangka yang lebih ringkas, sehingga membuat pas untuk dikendarai di dalam kota.

    Siddhartha Lal, Managing Director of Eicher Motors Ltd. mengatakan bahwa di Royal Enfield konsumen dan komunitas punya hubungan yang dekat. Sehingga keinginan dan aspirasi mereka membentuk motor-motor yang diciptakan oleh brand asal Inggris ini.

    "Dan kami terus berusaha menciptakan pengalaman baru dan format pure motorcycling terkini bagi komunitas kami. Tadinya selalu ada pemotor penuh semangat yang mencintai brand kami, namun belum menemukan sifat yang tepat dalam portfolio motor kami. Hunter 350 diciptakan untuk para premotor ini. Hunter 350 adalah sebuah motor yang menggabungkan kekuatan berbagai spesies berbeda dan mempersatukan kekuatan-kekuatan ini dalam satu paket yang bergaya dan seru yang merupakan pengalaman pure motorcycling yang baru dengan karakter khas Royal Enfield yang sangat jelas,” ungkap Siddharta Lal menyampaikan kepada Uzone.id melalui email, Senin (8/8/2022).

    BACA JUGA: Dua Motor Listrik Kawasaki Terungkap, Segini Tenaganya

    Hunter 350 dibangun dengan platform mesin 350cc J-series, digabung dengan casis Harris Performance yang sangat fleksibel, sehingga Hunter memberikan kelincahan yang sangat kuat di jalanan dalam kota serta kesenangan semata di jalanan terbuka.

    Royal Enfield CEO, B Govindarajan menambahkan bahwa Hunter 350 adalah hasil pengumpulan wawasan dan studi konsumen selama bertahun-tahun dari berbagai belahan dunia.

    Menurutnya, motor ini terasa sangat cocok digunakan di kota-kota metropolis dan menyenangkan bagi pengendara berpengalaman, serta mudah dijangkau oleh pengendara baru.

    "Wheelbase yang lebih pendek, geometri yang lebih ringkas serta berat yang lebih ringan membuat motor ini gesit dan tangkas dalam konteks perkotaan. Kami yakin roadster terbaru ini akan mengantar kelompok konsumen global yang baru ke dalam dunia pure motorcycling Royal Enfield,” tutur Govindarajan. 

    Motor ini menawarkan lima warna, di mana tiga pilihan warna tangki yang apik serta opsi grafik pada satu edisi, dan edisi tertinggi dilengkapi dengan tiga pilihan desain tangki bensin paling khas dan paling berbeda yang pernah ada pada sebuah sepeda motor Royal Enfield.

    Hunter 350 dilengkapi roda besi dan ban tubeless lebar berukuran 110/70 x 17” untuk ban depan dan 140/70 x 17”, disc brakes 300mm di depan dan 270mm di belakang, dual channel ABS dan centrestand serbaguna.

    BACA JUGA: Peluncuran Produksi Perdana Wuling Air ev Kental Nuansa 'Indonesia Banget' 

    Lampu belakang LED dan instrument cluster digital-analog premium yang menampilkan odometer, tripmeter, indikator gigi, penanda bensin dengan peringatan bensin rendah, jam dan pengingat servis.

    Semua edisi Hunter hadir dengan stang pengendali yang rapi, dengan rotary power dan tombol lampu seperti model dahulu, serta dilengkapi dengan USB charging port.

    “Sangatlah wajar bagi Royal Enfield untuk menciptakan model roadster 350 yang lebih seru, ringan dan lincah. Model ini fresh namun tetap sepenuhnya Royal Enfield. Setiap kali saya melihatnya, motor Hunter membuat saya merasa bebas dan riang – merasa muda, melompat ke sepeda motor dan berkendara untuk bertemu dengan kawan-kawan,” kata Mark Wells, Royal Enfield’s Chief of Design.

    Geometri casis pada Hunter 350 dirancang untuk memberikan rasio tinggi ke berat yang optimal namun tetap dengan kenyamanan, dikarenakan oleh tempat duduk one-piece yang lebar dan panjang.

    Dengan rake dan landaian sudut belakang yang telah diperbarui, tempat duduk setinggi 800mm yang lebih rendah dan wheelbase yang lebih pendek, ketangkasan Hunter yang luar biasa memberikan rasa percaya diri lebih saat melewati jalanan yang padat dan terasa tertanam dan stabil di setiap lokasi dan situasi.

    Royal Enfield Hunter dilengkapi dengan mesin J-series 349 cc air-oil cooled single cylinder, yang sudah diberikan lebih dulu pada model Meteor dan Classic 350.

    Mengandalkan bahan bakar bensin, mesin tersebut menghasilkan 20.2 bhp (20,5 hp) @6100 rpm dan torsi 27Nm @4000rpm, menghasilkan low-end grunt yang kuat, pemberian tenaga linear yang sangat lancar dan pengendaraan yang halus dan menyegarkan.

    Berkat balancer shaft, mesin bisa berkurang getarannya dan dirasa responsif dan halus, sementara pemindahan gigi terasa tangkas dan mulus karena gearbox 5-speed yang telah dioptimalkan.

    Ditujukan untuk pasar global, motor Hunter akan diluncurkan di pasar utama di willayah Asia Pasifik sebelum akhir 2022, dan kemudian di Eropa dan Amerika pada kuartal pertama tahun 2023.

    Meteor 35 akan dijual mulai dari INR149.900 (Indian Rupee) atau sekitar Rp27,9 juta (kurs Rp286 per INR1).

    Harga segitu tentu saja sangat murah jika pakai parameter harga sepeda motor di Indonesia. Bahkan harganya tidak semahal Yamaha NMax yang tembus Rp30 jutaan.

    Sekedar perbandingan saja, untuk dua model Royal Enfield yang dijual di Indonesia, yakni Meteor 350 dan Classic 350, masing-masing dipasarkan mulai Rp109.400.000 dan Rp107.900.000, seperti dilihat Uzone.id di situs resmi Royal Enfield.

     

      

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini