icon-category Auto

Royal Rider Indonesia (RORI) Piknik To Baduy

  • 08 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    RORI touring ke Baduy Luar (Foto: Facebook Rian Bagus Tata)

    Uzone.id - Kearifan lokal masyarakat Baduy Luar selalu memikat siapa pun untuk berkunjung ke sana. Termasuk komunitas Royal Rider Indonesia (RORI) - wadahnya pengguna motor Royal Enfield - melakukan touring budaya ke sana pada Sabtu, (5/2/2022).

    Pudjijarto Sutjipto, Road Captain (RC) Piknik RORI to Baduy, mengatakan bahwa sepanjang touring, RORI juga ingin membangun ketertiban dalam berlalu lintas.  

    Menurutnya, bukan hal yang mudah untuk membuat rombongan teratur, apalagi sebagian masyarakat yang masih memberikan stereotipe terhadap rombongan motor.

    RORI touring ke Baduy Luar (Foto: Facebook Rian Bagus Tata)

    BACA JUGA: Gara-gara Fazzio, Suzuki Fanboy Minta Saluto Dijual di Indonesia

    "Meski tidak dapat dipukul rata, namun satu persatu dari komunitas motor sudah mulai mempertontonkan budaya berlalu lintas yang sehat. Ikuti aturan berlalu lintas, jangan sombong, jaga etika berkendara, masih banyak kubikasi mesin yang lebih besar dari kendaraan yang kita kendarai,” kata Pudjijarto.

    Sebanyak 40 motor dari RORI menjelajah ke Baduy Luar demi bisa mengenal kekayaan budaya dan alam di Indonesia. Rombongan menggunakan kubikasi mesin bervariasi, mulai dari 350 cc, 410 cc, dan 650 cc.

    RORI juga dituntut menjadi pengguna motor yang santun, menikmati perjalanan, dan sesekali menyapa anak-anak yang berada di pinggir jalan.

    RORI touring ke Baduy Luar (Foto: Facebook Rian Bagus Tata)

    Rute Perjalanan

    Perjalanan dimulai dari salah satu restoran di daerah BSD, Tangerang. Bro Pudjjiarto mengumpulkan seluruh peserta touring untuk mengarahkan aturan dalam perjalanan, lokasi istirahat, dan tentu memimpin doa agar perjalanannya selamat dan bermanfaat.

    Untuk memastikan barisan sesuai harapan, RC dibantu oleh Sweeper yakni Bro Ranggi di belakang dan Bro Fuad yang bertugas di tengah. Mereka semua sama-sama berasal dari RORI Chapter Tangerang Raya. Ini dilakukan mengingat tuan rumah tujuan Piknik RORI adalah daerah Banten.

    Setelah dari BSD rombongan masuk jalan daerah Parung Panjang, Tenjo, Jasinga, Cipanas, dan terakhir berhenti di wilayah terminal Ciboleger yang kemudian berlanjut jalan kaki menuju pemukiman budaya Baduy Luar.

    BACA JUGA: Transmisi Ford Mustang S650 Bakal Mirip Suzuki Wagon R AGS

    RORI touring ke Baduy Luar (Foto: Facebook Rian Bagus Tata)

    Dukung UMKM

    Untuk setiap lokasi pemberhentian istirahat rombongan touring motor diilih tempat milik warga seperti warung kopi dan warung nasi. Harapannya dengan kehadiran mereka jajan dan makan di tempat tersebut dapat membantu meningkatnya omset para pelaku UMKM dan mengajak anak motor lain untuk melakukan hal yang sama.

    RORI touring ke Baduy Luar (Foto: Facebook Rian Bagus Tata)

    “Alhamdulillah dengan adanya komunitas motor yang makan dan jajan di sini membantu pendapatan kami, bahkan untuk yang hari ini setelah rombongan datang dan makan menu di tempat ini langsung abis. Biasanya kalau anak-anak motor ini saya dapat informasinya dari bang Ayi Cole. Menu khas di sini adalah bakar-bakaran, ayam kampung, dan jengkol.” Ungkap Haji Usman, Pemilik Warung Nasi Panineungan di Sajra, Kecamatan Sadira, Rangkasbitung.

    Selain untuk mengenal kebiasaan masyarakat Baduy Luar, para peserta touring Royal Rider Indonesia (RORI) dari Chapter Banten dan Jakarta serta Presiden RORI, Donny Hendaris ikut belanja hasil kerajinan tangan khas Baduy.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini