Home
/
Startup

Ruang Belajar GoSend Summit 2024: Wadah Berdayakan UMKM Lokal

Ruang Belajar GoSend Summit 2024: Wadah Berdayakan UMKM Lokal

Nurul Arifah29 November 2024
Bagikan :

Uzone.id - Gojek melalui GoSend menghadirkan program Ruang Belajar GoSend (RBG) Summit 2024 yang bertujuan untuk berbagi strategi kepada pelaku UMKM agar menjadi Best Seller di 2025 nanti.

Bertajuk ‘Menuju Best Seller 2025 Lewat Inovasi dan Digitalisasi Bersama GoSend’, RBG 2024 dipercaya mampu menjadi wadah bagi ratusan mitra UMKM dari berbagai latar belakang dan ragam usaha untuk mengembangkan potensi bisnisnya.

Selain itu, turut hadir para ahli dan pelaku bisnis sukses yang telah memanfaatkan platform digital sebelumnya, seperti Rizky Arief selaku CEO & Founder of HMNS dan Fitria Vidyawati selaku Managing Director MKS Shoes.

Lebih lanjut, GoSend melihat ada tren tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat menjelang akhir tahun. Berdasarkan data yang diberikan RBG, sebanyak 72 persen alasan utama seseorang berbelanja di akhir tahun, yakni banyaknya pilihan promo.

Preview

“Mayoritas pasti jawabnya banyak promonya, dan kebanyakan mereka belanja di akhir tahun itu di toko-toko online,” ungkap Steven Halim selaku Head of Transport and Logistics Gojek dalam presentasinya di RBG, pada Selasa (26/11).

Gojek membeberkan ada beberapa barang yang paling sering dibeli dalam momen akhir tahun, yakni fashion, makanan & minuman pre-order, kosmetik dan produk kecantikan, perhiasan dan aksesori mode, serta furniture dan perbaikan rumah.

Sedangkan GoSend menemukan tren momen akhir tahun ini berupa meningkatnya pengiriman barang seperti hampers, makanan pre-order, dan peralatan rumah pada minggu ke-3 akhir tahun.

“Jadi seller sudah boleh mulai bersiap-siap di desain yang lucu, yang kreatif packagingnya untuk menyambut orderan yang ramai di akhir tahun, udah boleh memboosting sosial medianya mulai ngeposting. Dari GoSend, kita akan tetap siap bantu, kita semakin banyak fitur-fitur service GoSend yang bisa siap membantu teman-teman UMKM,” lanjut Steven.

Adapun fitur-fitur yang GoSend berikan untuk memenuhi kebutuhan seller dalam meningkatkan pengalaman pengiriman, antara lain:

  1. Multi Delivery (pengiriman hingga 5 paket dari satu alamat)
  2. Asuransi (jaminan perlindungan hingga Rp50 juta)
  3. Jaminan 1 jam sampai (jaminan pengiriman barang sampai dalam 1 jam saja)

Selain itu, GoSend juga menawarkan layanan pengiriman yang inovatif, seperti:

  • GoSend Instant (paket langsung dijemput dan langsung diantar)
  • GoSend Sameday (pengiriman dalam 6-8 jam dengan harga ekonomis)
  • GoSend Car (pengiriman barang besar ataupun banyak)

Tidak hanya itu, GoSend memberikan layanan pengiriman terbaru, yakni GoSend Instant Hemat yang menyediakan pengiriman secara instan dan dijemput dalam jangka waktu 30 menit - 2 jam dengan harga yang lebih hemat. Namun layanan ini baru tersedia di kota Bandung dan Surabaya saja.

Menyambut momen akhir tahun, GoSend menawarkan banyak promo-promo eksklusif Best Seller GoSend, mulai dari promo diskon ongkir hingga konten promosi bersama seller untuk membantu meningkatkan penjualan UMKM dan seller GoSend.

Bersama Brand Ambassador, Ariel Noah, UMKM dan seller GoSend dapat mempromosikan produknya dan kemudian akan diunggah di akun Instagram resmi @gosendindonesia.

Hingga saat ini, terhitung sebanyak 12 kelas RBG yang rutin dijalankan sejak tahun 2024. Hadirnya kelas edukasi untuk seller oleh GoSend ini sebagai program peningkatan kapasitas UMKM dalam segi inspirasi dan pengembangan keterampilan.

Preview

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah Republik Indonesia mengapresiasi inisiasi GoSend dalam mewujudkan komunitas yang ramah bagi pelaku usaha.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh GoTo dalam mewujudkan komunitas yang ramah terhadap pengembangan pelaku usaha yang dikuatkan dengan komunitas Best Seller GoSend,” ujar Dr. Yulius M.A. yang bergabung secara daring dalam RBG, Selasa (26/11).

Di akhir, Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian UMKM RI juga menyampaikan harapannya kepada GoSend dan pelaku UMKM untuk terus dapat berkolaborasi dalam komunitas agar dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi.

“Kami juga berharap dengan adanya komunitas Best Seller GoSend ini dapat mengembangkan kreativitas dan inovasi pelaku UMKM,” tutup Yulius.

populerRelated Article