icon-category Gadget

Rumor Google Pixel Fold: Layar dari Samsung, Rilis Bareng Galaxy Z Fold5

Uzone.id - Smartphone lipat pertama Google, Pixel Fold diprediksi bakal meluncur di tahun ini. Bukan dalam waktu dekat, kemungkinan smartphone lipat asli buatan Google tersebut bakal meluncur sekitar akhir 2023. 

Dilaporkan The Elec, Google Pixel Fold bakal memasuki tahap produksi massal pada Q3-2023. Smartphone ini mengusung layar fleksibel buatan Samsung Display, dan sudah dikonfirmasi oleh ‘orang dalam’ yang terkait dengan pengembangan smartphone ini.

Dari informasi tersebut, Samsung Display mulai membuat panel layar OLED lipat di bagian dalam dan layar eksternal untuk Google Pixel Fold pada bulan Juni atau Agustus secara massal. 

Adapun untuk ukuran layarnya, panel OLED fleksibel di bagian dalam berukuran 7,57 inci atau hampir sama dengan Samsung Galaxy Z Fold4. Mengutip dari Android Police, layar tersebut punya resolusi yang tinggi dan didukung refresh rate kencang hingga 120Hz.

Intensitas cahayanya juga cukup memuaskan, terutama untuk pemakaian di luar ruangan karena bisa mencapai 1.200 nits. Sementara layar bagian luar, berukuran 5,6 inci atau lebih kecil dari Z Fold4 yang mengusung panel 6,2 inci.

Baca juga: Daftar Gadget dan Layanan Digital yang ‘Tutup Usia’ Sepanjang 2022

Smartphone lipat tersebut akan ditenagai oleh prosesor Google Tensor G2, chipset yang sama dengan Google Pixel 7 Series. Memang tak bisa menandingi kencangnya Snapdragon 8 Gen 2, namun setidaknya performa SoC (system on chip) itu jauh lebih baik ketimbang Google Tensor generasi pertama.

Google Pixel Fold juga mungkin jadi smartphone lipat pertama di dunia yang berjalan di sistem operasi Android 14L, OS terbaru yang diharapkan debut pada event Google I/O pada Mei tahun ini. 

Sekadar informasi, OS dengan emblem ‘L’ di belakangnya dibuat khusus untuk perangkat layar lipat, tablet, maupun gadget dengan layar yang lebih luas.

Di bagian kamera, sejauh ini dirumorkan Pixel Fold akan dilengkapi kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX787 yang dipasangkan dengan kamera tele 10 MP dengan sensor Samsung S5K3J1, dan ultrawide 12 MP Sony IMX386. Kamera selfienya menggunakan sensor 8 MP Sony IMX355.

Launching barengan Samsung Galaxy Z Fold5?

Ada dua rumor terkait peluncuran Google Pixel Fold. Menurut leakster Jon Prosser, Google mungkin bakal memperkenalkan Pixel Fold pada Mei 2023 mendatang, tepat saat Google I/O digelar. 

Atau, apabila melihat laporan terbaru dari The Elec, Google I/O 2023 hanya jadi ‘panggung sementara’ untuk Pixel Fold sebelum peluncuran resminya pada Q3-2023. 

Google I/O 2023 mungkin dimanfaatkan raksasa pencarian tersebut untuk menunjukkan sejumlah teaser terkait smartphone lipat perdananya. 

Baca juga: Uzone Choice Award 2022: Samsung Z Fold4 Menang Smartphone for Productivity

Hanya saja, kalau Google Pixel Fold debut pada Q3-2023, sayangnya bakal bentrok dengan Samsung yang akan menghadirkan smartphone lipat andalannya Galaxy Z Fold5 pada Agustus 2023.

Perlu strategi khusus dari Google untuk membuat Pixel Fold terlihat lebih menarik dari Z Fold generasi terbaru. Entah itu fitur, spesifikasi, inovasi, maupun harganya. Sejauh ini, ‘masih gelap’ bocoran soal Google Pixel Fold, tunggu saja update dari kami ya!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini