home ×
Gadget

Rumor Penerus Nintendo Switch: Desain, Fitur hingga Harga

01 June 2021 By
Rumor Penerus Nintendo Switch: Desain, Fitur hingga Harga
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: Sara Kurfeß/Unsplash

Uzone.id -- Setelah terakhir kali merilis Nintendo Switch Lite pada September 2019 lalu, Nintendo dirumorkan akan merilis konsol video game generasi berikutnya, Switch Pro.

Spekulasi mengenai konsol game ini telah beredar selama bertahun-tahun, dan kini keberadaannya telah terlihat begitupun dengan perilisannya yang dikabarkan akan datang lebih cepat dari yang diperkirakan.

Konsol game ini dilaporkan akan menghadirkan tampilan dan grafik “generasi selanjutnya” untuk memikat para gamer yang menyukai perangkat genggam yang ringkas. Switch Pro akan menjadi penerus yang layak karena Nintendo berupaya memikat gamer seluler hardcore dengan konsol mereka.

Desain dan spesifikasi
Switch Pro akan memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dibanding pendahulunya, perangkat ini juga akan memangkas bezel serta hadir dalam berbagai warna menarik. Controller Joy-Con nya juga lebih besar, membuat cengkraman penggunanya lebih nyaman. Tombol home yang lebih besar juga didesain untuk interaktivitas yang lebih baik.

Mengutip dari Slashgear, Switch Pro akan dibekali RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB, didukung juga dengan chipset Tegra X1+ yang sudah ditingkatkan. Prosesornya akan mendapat kecepatan waktu yang lebih tinggi dengan pendingin yang efisien untuk meningkatkan kinerjanya.

Baca juga: Penjual Alat Bajakan Nintendo Switch Kena Denda Rp29 M

Konsol game ini juga diramalkan memiliki resolusi 1440p asli dengan peningkatan 4K menggunakan teknologi Nvidia DLSS 2.0. Co-prosesornya akan memberikan resolusi output yang lebih tinggi (pada DisplayPort melalui USB 3.0) dalam docked mode, didukung oleh chip Realtek.

Masa baterainya juga sudah lebih baik dari sebelumnya, mengingat adanya tuntutan besar terkait masa baterai dari pasar konsol game.

Fitur-fitur unggulan
Nintendo idealnya ingin memberikan pengalaman yang bisa dimainkan baik dalam mode docked maupun mode undocked, begitupun dalam mode tabletop. Bocoran terbaru menyebutkan jika Switch Pro akan memiliki controller Joy-Con yang bisa dilepas dan bisa ditukar antar konsol.

Penyangga plastik pada Switch sebelumnya akan dibuang, digantikan oleh penyangga dengan tutup yang lebih besar seperti pada Surface Go dan Surface Pro. Ini dilakukan untuk stabilitas perangkat yang lebih baik dalam mode meja.

Paten yang diajukan Nintendo menunjukkan adanya kemampuan dalam melacak kesehatan pada konsol yang akan datang. Fitur kesehatan ini nantinya akan serupa dengan yang ada di smartphone, yaitu mampu memantau tidur, detak jantung dan mendeteksi tingkat stres.

Hadirnya fitur ini sangat mungkin terjadi mengingat Switch Pro memiliki game yang berhubungan dengan kesehatan, contohnya Ring Fit Adventure.

Baca juga: Qualcomm Bikin Konsol Game Sendiri, Mirip Nintendo Switch

Kompatibilitas backward gaming dan future-proof dikabarkan akan hadir pada konsol ini dan tentu saja akan ada beberapa judul eksklusif di Switch Pro untuk menggoda para pengguna lama untuk berganti ke versi teranyar Nintendo.

Hardware yang lebih baik juga menjanjikan adanya peningkatan kualitas yang signifikan pada judul game karena developernya akan fleksibel dalam memanfaatkan kemampuan prosesor dengan dukungan 4K.

Layar 4K akan segera hadir
Satu yang dilewatkan pemilik Nintendo Switch di era PS5 dan Xbox Series X adalah output 4K saat dihubungkan ke TV, sebagai gantinya Switch Pro yang akan datang dikabarkan bisa meningkat hingga kualitas 4K di perangkatnya sendiri. Dikombinasikan dengan layar Samsung OLED 7 inci, penggemar akan mendapatkan kualitas gambar lebih tajam, hitam pekat, kontras dan warna yang deep.

Perkiraan harga
Harga dari konsol game premium ini masih tidak jelas jumlahnya. Jika merujuk pada seorang pakar analis Matthew Kanterman dari Bloomberg Intelligence, konsol ini akan lebih mahal sekitar USD100 atau Rp1,4 jutaan dari harga model dasarnya saat ini.

Menurut perkiraan Kanterman, harga USD350 atau sekitar Rp4,9 jutaan sudah sangat pas karena upgrade hardware dan fitur-fitur didalamnya. Tapi, ada juga yang memprediksi kalau Nintendo Switch Pro ini akan dibanderol lebih mahal yaitu USD400 atau setara Rp5,7 jutaan.

Perkiraan tanggal rilis
Beberapa minggu terakhir, banyak pihak yang menebak-nebak kapan Nintendo Switch Pro akan dirilis. Bloomberg dan Eurogamer menyatakan bahwa konsol game ini kemungkinan akan muncul sebelum E3 2021.

Acara gaming-centric dijadwalkan akan berlangsung pada 12 Juni hingga 15 Juni mendatang, bisa saja konsol terbaru Nintendo diumumkan beberapa minggu dari sekarang. Kebetulan, acara ini juga hampir bersamaan juga dengan showcase digital yang diadakan Nintendo satu minggu setelahnya.

Switch Pro sangat mungkin dirilis pada September atau Oktober tahun ini, tepat pada perayaan liburan tahunan dimana konsol game laku keras pada saat-saat tersebut.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id