icon-category Digilife

Rusia Blokir Facebook dan Instagram, VPN Langsung Meroket 2.088 Persen

  • 15 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Ada yang menarik dari fenomena pembatasan media sosial di Rusia akibat buntut dari perang dengan Ukraina. Setelah pemerintah memblokir akses Facebook dan Instagram, netizen Rusia tampaknya langsung mengandalkan akses VPN.

    Saking tingginya penggunaan VPN di Rusia, lonjakan ini mencapai 2.088 persen. Data ini dipaparkan oleh situs Top10VPN. Dari penelusuran lembaga riset tersebut, lonjakan fantastis dari penggunaan VPN ini memang dimulai ketika pemerintah Rusia memblokir akses ke dua layanan populer di bawah Meta itu.

    Cukup masuk akal, netizen di Rusia mencari cara agar bisa tetap menerobos Facebook dan Instagram – dan cara paling ampuh dan praktis adalah menggunakan akses VPN.

    Baca juga: Google Play Store Mati di Rusia, Gimana Nasib Pengguna Android?

    Lembaga riset Top10VPN mencatat, kenaikan penggunaan VPN ini paling puncaknya terjadi pada 13 Maret 2022 jika dibandingkan dengan penggunaan rata-rata di periode pertengahan Februari 2022.

    Foto: Top10VPN

     

    Keputusan pemerintah Rusia memblokir akses platform Facebook dan Instagram ini diambil setelah induk usaha Meta seakan tetap mengizinkan para pengguna di Ukraina untuk mengunggah pesan seperti “Death to the Russian Invader”, atau pesan yang bawa-bawa soal kematian terhadap tentara atau para penyerang dari Rusia.

    Di sisi lain, Meta sendiri juga telah memblokir beberapa saluran pemberitaan pemerintahan Rusia di platformnya.

    Baca juga: Segera Hapus 8 VPN Berbahaya Ini!

    Rusia memang mendapat berbagai sanksi ekonomi dari negara-negara Barat dan sebagai dampaknya, semakin banyak pula situs populer yang mendadak diblokir oleh Negeri Beruang Merah ini.

    Sampai saat ini, tercatat pemerintah Rusia telah memblokir sekitar 300 situs yang berkaitan dengan perang, termasuk BBC News, Deutsche Welle, dan situs Voice of America (VoA) dalam bahasa Rusia.

    VIDEO: Sidak Pasar: Promo Smartphone Baru - Maret 2022

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini