Technology

Rusia Mau Bikin Internet Sendiri untuk ‘Putus’ dari Dunia Luar

  • 13 February 2019
  • Bagikan :

    Uzone.id -- Rusia punya rencana baru yang berdampak pada dunia internet. Negara pimpinan Vladimir Putin ini mau bikin internet sendiri agar terputus dengan dunia luar. Maksudnya gimana, tuh?

    Secara singkat, Rusia telah menyusun rencana mengubah trafik internet selama beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tujuannya agar tidak mengalami serangan siber di masa depan.

    Mengutip Mashable, para penyedia layanan internet lokal di sana sedang mempersiapkan uji coba sistem yang bisa merancang ulang trafik internet. Pada intinya, Rusia tengah mengembangkan bentuk sistem alamat internet (DNS) sendiri.

    Baca juga: Atlet Rusia ini Tewas Kesetrum iPhone di Bak Mandi

    Percobaan ini dipantau oleh Information Security Working Group Rusia, di mana salah satu anggotanya adalah pendiri Kaspersky Lab, Natalya Kaspersky. Kaspersky Lab sendiri selama ini menerima respons negatif dari berbagai pihak di seluruh dunia karena dituduh membantu pemerintah Rusia untuk memata-matai lewat perangkat komputer.

    Pada akhirnya, Rusia dinilai menginginkan sistem internet seperti halnya China. Negara ini mau trafik internet berjalan ke jaringan pribadinya sendiri. Bisa jadi ke depannya situs-situs dan layanan populer seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram diblokir.