Technology

S Pen di Galaxy Note 10 Bakal Bisa Ngomong?

  • 23 July 2019
  • Bagikan :

    Ilustrasi (Ist)

    Uzone.id -- Tinggal dua pekan lagi Galaxy Note 10 akan diluncurkan oleh Samsung. Setelah berbagai rumor tentang layar dan desain, kini akhirnya muncul juga soal spekulasi kemampuan stylus andalannya, S Pen.

    Dari beberapa sumber, S Pen pada Galaxy Note 10 disebut bakal memiliki teknologi yang ditingkatkan lagi, khususnya opsi Air Command yang lebih diperbanyak.

    Mengutip SamMobile, S Pen dipercaya bisa mengeluarkan suara. Sekilas kok kayak serem gitu, ya? Atau justru malah makin canggih?

    Baca juga: Galaxy Note 10 Masih Pakai Tombol Fisik, nih?

    Apa mungkin S Pen juga dibekali oleh asisten digital Bixby yang bisa mengenali perintah suara si pengguna dan bikin fungsinya jadi seperti remote control bagi Galaxy Note 10?

    Sayangnya hal tersebut belum bisa dipastikan lebih dalam lagi. Yang jelas, S Pen sejauh ini diyakini akan mengeluarkan suara seperti halnya pensil biasa saat pengguna menulis catatan di ponsel. Tujuannya? Agar lebih nyata pengalamannya saat multitasking.

    Selain urusan suara, S Pen pada Galaxy Note 10 juga bisa digunakan untuk mengontrol berbagai macam aktivitas mobile pada ponsel tanpa harus menyentuh layar dengan ujung stylus.

    Jadi, layaknya penyihir seperti di saga Harry Potter, pengguna bisa mengayunkan S Pen di udara untuk mengoperasikan ponsel. Hal ini memang belum jelas bakal seperti apa. 

    Baca juga: Ponselnya Dikira Kedap Air, Samsung Digugat Pemerintah Australia

    Lalu, rumor berikutnya, S Pen juga disebut akan dibekali kemampuan membuka galeri foto pada ponsel tanpa harus menyentuh layar. Lagi-lagi, gerakan atau gesture ini diyakini bisa dilakukan dari jarak jauh.

    Entah mungkin ada fitur tambahan pada Air Command, atau tombol tambahan pada S Pen sendiri seperti halnya S Pen Galaxy Note 9 yang bisa menjepret foto dari jarak jauh.

    Jadi makin penasaran gak, sih?

    Galaxy Note 10 akan dirilis Samsung secara perdana pada 7 Agustus 2019 di New York, Amerika Serikat.

    Ponsel dipercaya akan mewarisi beberapa fitur dari Galaxy S10 seperti kamera punch-hole di layar yang kerap dibilang mirip tompel. Bedanya, punch-hole camera Galaxy Note 10 ini dipercaya akan terletak di atas tengah layar, bukan di pojok kanan seperti S10.

    Selain itu, Galaxy Note 10 juga tampaknya akan hadir dalam dua tipe, versi reguler satunya lagi versi Pro dengan layar yang lebih jumbo, sekitar 6,75 inci. Ada pula yang menyebut Samsung juga akan menyediakan versi 5G.

    Tonton video "Setelah Sebulan Pakai Galaxy A70" di sini: