home ×
Technology

Saingi Intel, Qualcomm Kabarnya Besut Snapdragon 1000

11 June 2018 By
Saingi Intel, Qualcomm Kabarnya Besut Snapdragon 1000
Share
Share
Share
Share

Qualcomm dikabarkan tengah menyiapkan Snapdragon 1000, chipset yang akan ditujukan untuk perangkat Windows 10. Chipset ini kabarnya akan lebih bertenaga dari chipset serupa Snapdragon 850 yang baru diumumkan minggu ini.

Meski demikian, sangat mungkin jika chipset ini nantinya akan keluar dengan nama baru alih-alih Qualcomm 1000. Chipset ini diperkirakan akan memiliki performa TDP (Thermal Design Power) 12W, dua kali lipat dari Snapdragon 850 yang punya 6,5W saja.

Performa ini kian mendekati performa prosesor dengan arsitektur x86 yang digunakan prosesor Intel dan AMD. Sebagai perbandingan, prosesor seri U dari Intel seperti 8250U dan 8550U memiliki 15W TDP.

Kedua prosesor ini memiliki empat inti yang masing-masing memiliki dua thread. Prosesor Intel seri U ditujukan sebagai prosesor hemat energi untuk perangkat bergerak.

Hal ini seperti diungkap oleh Roland Quandt, pemberi keterangan rahasia seperti dikutip Winfuture. Chipset ini juga disebutkan sengaja dibuat untuk mengambil alih laptop yang menggunakan prosesor Intel, seperti dikutip GizmoChina.

Saat ini masih belum ada keterangan mengenai rincian spesifikasi Snapdragon 1000. Namun diperkirakan chipset ini akan menggunakan arsitektur Cortex-A76.

Cortex-A76 dirancang untuk smartphone dengan kecepatan clock maksimal 3 GHz. Performa ini 35 persen lebih baik dibanding Cortex-A75. Meski demikian, diharapkan bisa memberi kecepatan clock lebih tinggi pada perangkat serupa laptop. Dengan teknologi pendinginan yang lebih canggih, arsitektur ini juga diharapkan bisa memberikan kecepatan clock untuk durasi lebih lama.

Quandt juga mengklaim bahwa kemungkinan Cortex A76 pada Snapdragon 1000 akan dipasangkan dengan Cortex A55.

Banyak spekulasi yang juga menyebut kalau chipset ini akan menggunakan proses manufaktur 7nm oleh TSMC. Perangkat dengan chipset ini akan menggunakan Windows versi ARM yang mendukung aplikasi untuk prosesor x86.

Pria itu juga mengungkap kalau Asus diduga menjadi pemanufaktur pertama yang meluncurkan laptop dengan chipset Snapdragon 1000. Laptop ini akan dinamakan Primus dan menggunakan layar 1080p dan konektivitas WiGig.

Berita Terkait

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article