icon-category Auto

Saingi NMax, Honda PCX Baru Bakal Pakai Airbag, Buat Apaan Ya?

  • 12 Jan 2020 WIB
  • Bagikan :

    Foto: Visordown

    Uzone.id - Kemunculan generasi terbaru NMax seolah jadi cara Yamaha untuk mengejek Honda. Tapi bukan Honda namanya kalau cuma diam, sosok PCX terbaru pun disiapkan.

    Informasi rencana hadirnya PCX terbaru memang belum resmi diungkap Honda. Namun, bocoran sketsa paten yang diduga adalah Honda PCX memberikan kabar yang mencengangkan, layaknya judul-judul artikel klikbait.

    Namun mengutip Visordown, Honda berencana untuk menyematkan fitur airbag pada PCX generasi terbaru. Wah, goks juga sih, walau kita belum tau faedahnya buat apaan.

    Tonton VIDEO Test Drive Kia Rio:

    Fitur airbag selama ini identik dengan mobil. Fungsinya udah tau dong? Meredam dampak benturan. Sejauh ini, untuk motor, baru diterapkan di ajang balap motoGP, itupun di baju balap bukan di motornya.

    Ide airbag di motor bukan hal yang baru. Tapi kendalanya sejauh ini adalah posisi penyimpanannya yang terbatas. Gak seperti mobil, yang bisa disembunyikan dibalik dasbor dan setir, untuk motor agak sulit karena lahan terbatas.

    Dan dari sketsa paten yang beredar, rencananya airbag itu akan disimpan di konsol depan sepeda motor, layaknya dasbor pada mobil. Oke sih, meski pastinya bakal ada yang dikorbankan, salah satunya tempat penyimpanan yang dihilangkan untuk diganti airbag.

    Airbag pada PCX terbaru akan disimpan di komparteman penyimpanan tangki udara di sekitar area depan, tersimpan pada kaleng gas terkompresi.

    Panel ini akan diberikan sensor untuk bisa mendeteksi kejutan yang nantinya diatur kapan akan keluar, dan berkaitan dengan seberapa besar hantaman.

    Kemungkinan Honda bermaksud agar airbag dapat melindungi tubuh bagian atas dan kepala. Sebab dari banyak kasus, area inilah yang menyumbang peranan besar penyebab kematian bagi pengendara saat terjadi kecelakaan.

    Honda sudah menerapkan teknologi ini pada motor gedenya seperti Honda Gold Wing Tour DCT, sehingga kita tinggal menanti aplikasinya pada motor sejuta umat macam PCX.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini