Digilife

Saldo Tiba-Tiba Terpotong, Nasabah Jenius Protes di Twitter

  • 10 November 2021
  • Bagikan :
    Saldo Tiba-Tiba Terpotong, Nasabah Jenius Protes di Twitter

    Foto: Dok. Jenius

    Uzone.id - Pengguna aplikasi Bank digital Jenius ramai-ramai menyampaikan keluhannya di sosial media Twitter pada Rabu, 10 November 2021.

    Hal ini bermula saat nasabah menemukan adanya pemotongan biaya sebesar USD1 atau sekitar Rp14,759 dengan keterangan pembayaran layanan Amazon Web.

    Dari keterangan yang disampaikan oleh pengguna Jenius, mereka sama sekali tidak pernah menggunakan layanan Amazon tersebut.

    Jenius berulah lagi, banyak user mengaku kena charge Amazon Web Service sebesar USD1 padahal tidak pernah menggunakan layanannya.” tulis salah satu pengguna lewat akun @txtdarionlsh**.

    Dari cuitan ini, beberapa pengguna lain juga mengalami hal yang sama. Saldo mereka tiba-tiba menghilang dengan keterangan yang sama, padahal tidak pernah menggunakan layanan tersebut.

    Kirain kemarin w doang yg kebobolan. Ternyata banyak........ emang nyebelin bgt sih udah kebobolan disuruh ganti kartu, kena charge 50rb.” tulis pengguna yang lain.

    Dari keterangan para nasabah, pihak Jenius menyarankan untuk memblokir permanen kartu dan menyiapkan dana sebesar Rp50 ribu untuk biaya penggantian kartu.

    Pihak jenius pun menanggapi isu tersebut dengan merespon keluhan dari netizen lewat akunnya @jeniushelp dan @JeniusConnect.

    Hi, segera blokir Kartu Debit Visa Jenius milikmu, ya. Jangan khawatir, jika terbukti transaksi tersebut tidak terotorisasi olehmu, maka biaya penggantian kartu dan pendebitan dana tersebut akan sepenuhnya ditanggung oleh Jenius dalam bentuk pengembalian dana,” tulis akun @JeniusConnect.

    Pihak Jenius juga akan segera menghubungi nasabah pada jam kerja untuk memberikan informasi lebih lanjut.

    Karena adanya masalah tersebut, pengguna aplikasi Jenius berencana untuk menutup akun dan berpindah ke aplikasi lain yang mereka anggap lebih aman.

    “Abis baca ini dan baca reply, auto mindahin semua saldonya ke bank utama wkwkwk serem bgt. Rekomendasi dong yang fungsinya mirip jenius, BCA bisa ga si debitnya dipake visa kaya cc?,” tulis salah satu pengguna.

    “auto pindah bank lain. sumpah jenius jelek banget.. KECEWA SIHH.. masa kena hack amazon.. untung aja cuman USD1 ga kyk yg lain ratusan sampai jutaan ribu,”

    Kasus ini bukan kali pertama bagi Jenius, beberapa waktu lalu Jenius sempat ramai dibicarakan karena adanya kasus penipuan yang mengatasnamakan Bank yang menghilangkan dana nasabah hingga ratusan juta.

    Hingga saat ini, pihak Jenius belum memberikan keterangan terkait masalah pemotongan biaya AWS (Amazon Web Service) secara sepihak yang menimpa penggunanya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini