icon-category Gadget

Samsung Galaxy Z Flip5 Sudah Tahan Air dan Debu, Speknya Makin Ngebut

Uzone.id - Akhir Juli nanti, Samsung Galaxy Z Flip5 akan meluncur bersamaan Galaxy Z Fold5 dalam acara bertajuk ‘Galaxy Unpacked 2023’. Jelang peluncurannya yang tinggal sebentar lagi, beredar spesifikasi kunci dari smartphone layar lipat clamshell penerus Galaxy Z Flip4 tersebut.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip5 ini diungkap oleh Yogesh Brar, salah seorang leakster terkenal via Twitter pribadinya. Peningkatan paling signifikan yang diberikan Samsung adalah prosesor, layar bagian luarnya, dan daya tahan bodinya.

Besar-besaran layar eksternal memang jadi tren di segmen smartphone lipat clamshell. Terbaru, ada Motorola Razr 40 Ultra dan Oppo Find N2 Flip yang mengusung layar sekunder lebih besar.

Samsung pun menjawabnya lewat Galaxy Z Flip5. Smartphone ini mengusung layar 3,4 inci beresolusi HD dengan jenis panel AMOLED. Dari rumor yang berembus, layarnya akan berbentuk seperti folder Windows, dimana bagian atasnya akan dipangkas untuk memberikan ruang untuk dua kamera belakang.

Sementara di dalam, Samsung Galaxy Z Flip5 menampilkan layar yang sama seperti sebelumnya. Ukurannya 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Seperti Galaxy S23 Series, Samsung Galaxy Z Flip5 menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy sebagai mesin utamanya. RAM-nya berkapasitas 8 GB dengan memori penyimpanan sebesar 128 GB atau 256 GB.

Masih sama juga dengan seri sebelumnya, baterainya tetap 3.700 mAh yang dapat diisi menggunakan fast charging 25W atau via wireless charging

Samsung Galaxy Z Flip5 dibekali sepasang kamera di belakang dengan sensor 12 MP yang sama seperti pendahulunya. Adapun untuk lensanya, wide dan ultrawide.

Sudah tahan air dan debu, engsel yang baru

alt-img

Kalau sebelumnya cuma tahan air saja, kini Samsung Galaxy Z Flip5 sudah tahan debu juga. Rating-nya IP58, peningkatan yang lebih baik ketimbang sebelumnya yang cuma IPX8 saja.

Selain itu, smartphone lipat ini dirancang menggunakan mekanisme engsel yang baru. Alhasil,  hampir tak ada celah di antara layarnya saat ponsel dilipat. Bekas lipatan pada layar pun dapat diminimalisir ketika ponsel dibuka.

Samsung Galaxy Z Flip5 rencananya akan dirilis pada 27 Juli 2023 mendatang di Korea Selatan, bersamaan dengan Galaxy Z Fold5. Dari keterangan Brar, harga Samsung Galaxy Z Flip5 saat dijual perdana nanti adalah USD999 atau Rp14,8 jutaan.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini