home ×
Gadget

Samsung Perbanyak Chip yang Digunakan di S20 Ultra untuk Merek Lain

26 February 2020 By
Samsung Perbanyak Chip yang Digunakan di S20 Ultra untuk Merek Lain
Share
Share
Share
Share

(Foto: Ist)

Uzone.id - Samsung memutuskan untuk memproduksi chip yang digunakan di S20 Ultra secara massal. Chip DRAM 16GB LPDDR akan disuplai ke vendor smartphone lainnya di luar Samsung.

Bisa dibilang, perusahaan asal Korea Selatan itu akan menjadi yang pertama di dunia yang memproduksi chip DRAM seperti itu, walaupun mereka telah menggunakannya pertama kali di Galaxy S20 Ultra.

Nantinya, chip ini akan disuplai ke produsen smartphone untuk segmen high-end dan juga tablet. Diklaim Samsung, chip tersebut akan mampu menampilkan dengan baik visual game dengan kaya grafis dan juga meningkatkan kemampuan fotografi.

Baca juga: Kominfo Blokir Ponsel Black Market Mulai 17 Agustus

Chip 16GB RAM buatan Samsung itu dibuat dengan menggunakan proses litografi 10nm generasi kedua. Chip itu terdiri dari delapan chip 12GB dan empat chip 8GB. Rata-rata transfer data bisa mencapai 5,5 Gbps yang kecepatannya mencapai 1.3 kali lebih cepat ketimbang chip LPDDRX.

Yang menarik, konsumsi daya chip tersebut sangat rendah, yakni 20 persen lebih hemat ketimbang konsumsi daya chip LPDDR4X 8GB.

Baca juga: 3 Kerugian Jika Beli Ponsel BM

Samsung akan memproduksi chip terbaru DRAM tersebut di Korea Selatan, tepatnya di pabrik yang terletak di Pyeongtaek.

Mereka juga akan mulai memproduksi chip DRAM LPDDR4X 16GB menggunakan proses 10nm generasi ketiga. Diklaim chip ini memiliki kecepatan transfer mencapai 6 Gbps. Produksi akan dimulai pada paruh kedua tahun ini.

Samsung mengatakan bahwa 16GB RAM memberi memori dua kali lebih besar dibandingkan smartphone pada kebanyakan komputer. Intinya akan semakin banyak semartphone premium yang menggunakan chip ini di masa depan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article