icon-category Gadget

Sangarnya Spek Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, CPU & GPU Overclock!

Sangarnya Spek Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, CPU & GPU Overclock!

Uzone.id - Sama seperti tahun lalu, Qualcomm diduga kuat akan merancang khusus chip Snapdragon 8 Gen 3 untuk smartphone flagship Samsung berikutnya. Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy, demikian namanya, mengusung CPU dan GPU dengan clock-speed lebih cepat dari varian reguler.

Leakster populer, Yogesh Brar mengatakan, Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy memiliki prime-core Cortex X4 yang sudah di-overclock menjadi 3,4 GHz atau 0,1 GHz lebih cepat dari prime-core Snapdragon 8 Gen 3 standar.

Tapi anehnya, kluster performance-core dan efficiency-core sedikit di-underclock. Dua kluster performance-core menurun menjadi 3,15 GHz dan 2,96 GHz, demikian juga dengan efficiency-core menjadi 2,27 GHz.

Untuk diketahui, Snapdragon 8 Gen 3 versi standar memiliki dua kluster performance-core yang terdiri dari 3-core Cortex A720 dengan kecepatan 3,2 GHz, 2-core Cortex A720 dengan kecepatan 3 GHz, sementara efficiency-core terdiri dari 2-core Cortex A520 dengan clock-speed 2,3 GHz.

Bukan hanya prime-core CPU yang dinaikkan kecepatannya, kinerja GPU juga konon jauh lebih baik. Yogesh menyebut, GPU Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy di-overclock untuk meningkatkan performa artificial intelligence (AI) dari chipset.

Overclocked GPU untuk AI yang lebih baik,” katanya.

Rumornya, clock-speed Adreno 750 pada Snapdragon 8 Gen 3 dinaikkan menjadi 1.000 MHz, dari sebelumnya 719 MHz atau naik 28 persen.

Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy diharapkan menjadi ‘otak’ untuk Samsung Galaxy S24, S24+ dan S24 Ultra yang diluncurkan pada Januari tahun depan. Setelahnya, Samsung akan menyematkan system on chip (soC) ini pada Galaxy Z Flip, Z Fold, dan Galaxy Tab S Series terbaru beberapa bulan setelahnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini