icon-category Gadget

Santai, iPhone Jadul Tetap Kebagian Update iOS 17 Kok

Uzone.id - Beredar kabar kalau iPhone jadul dengan chipset Apple A11 seperti iPhone X dan iPhone 8 Series tak bakal kebagian update iOS 17. Namun, rumor ini langsung ditepis oleh salah seorang leakster dari MacRumors.

Menurutnya, seluruh seri iPhone yang sebelumnya mendapatkan update iOS 16 tetap memperoleh pembaruan ke versi iOS yang lebih baru, dan ini termasuk iPhone X, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus yang rilis pada September 2017 silam.

Menurut sang leakster, informasi ini ia dapatkan dari salah seorang tim pengembangan di Apple yang sering mengungkapkan detail perangkat keras tentang model iPhone yang akan datang.

Leakster anonim tersebut juga pernah membocorkan desain Dynamic Island di model iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, jauh sebelum peluncuran resminya, demikian dikutip dari MacRumors.

Jika klaim leakster tersebut akurat, maka ini bukan kali pertama Apple mempertahankan daftar perangkat yang kompatibel dengan sistem operasi sebelumnya dengan OS terbaru yang akan datang. 

iOS 15 misalnya, semua perangkat yang menjalankan iOS 14 mendapatkan update OS tersebut. Tapi, Apple menghilangkan beberapa fitur untuk iPhone seri lama agar performanya tetap maksimal walau sudah menjalankan sistem operasi yang lebih baru.

Barulah di iOS 16, Apple menghentikan dukungan untuk beberapa iPhone jadul seperti iPhone SE, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, hingga iPhone 7 Plus.

Namun tetap saja, ini hanya sebatas rumor belaka. Mengingat, iPhone X dan iPhone 8 Series ditenagai chipset Apple A11 yang memiliki bug keamanan pada bootrom yang hingga kini tidak bisa ditambah oleh Apple.

Bootrom tersebut diset read-only, dan membuat perangkat akan terus-menerus di-jailbreak pada berbagai versi iOS. Jailbreak sendiri adalah proses dimana pengguna dapat memodifikasi sistem file iOS, layaknya proses rooting pada sistem operasi Android.

Well, semuanya bakal benar-benar terungkap pada ajang Apple WWDC 2023 yang digelar 5 Juni mendatang. Jadi kita tunggu saja.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini