icon-category Telco

Satelit Telkom Meluncur 20 Februari, Ini Harapan Menkominfo

  • 15 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Telkom Indonesia melalui anak usahanya, Telkomsat, saat ini sedang mempersiapkan peluncuran satelit terbarunya yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi bahkan sudah mengkonfirmasi waktu peluncuran ini.

“Tanggal 20 rencananya. Kita tunggu saja. Kita berdoa dan berharap semoga peluncuran satelit Telkom bisa berjalan dengan baik,” ungkap Budi Arie pada Rabu (14/2).

Ia melanjutkan, “semuanya ‘kan bertujuan untuk meningkatkan coverage dan layanan internet kita di seluruh pelosok Tanah Air. Karena ini bukan soal perkotaan saja seperti Jakarta, tapi juga seluruh Indonesia diberi layanan yang sama adil dengan saudara-saudara kita di perkotaan.”

Dari keterangan resmi Telkom, satelit Telkomsat ini diberi nama Satelit Merah Putih 2 dan menggunakan teknologi high throughput satellite (HTS). Meski masih dalam perencanaan peluncuran, potensi bisnis backhaul menjadi sasaran utama dan diklaim terproyeksi secara positif.

Hal ini terlihat dari antusiasme calon pelanggan korporat maupun operator VSAT yang ingin menggunakan layanan satelit tersebut. Tentunya ini menjadi peluang bagi Telkom, khususnya Telkomsat untuk memperkuat portofolio bisnis satelitnya.

“Tak hanya membawa misi untuk konektivitas bangsa dan membawa nama baik Indonesia, semoga keberadaan Satelit Merah Putih 2 dapat memperkuat Telkomsat dan TelkomGroup menjadi pemain besar industri satelit di Indonesia,” tutur Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah.

Seperti diketahui, Satelit Merah Putih 2 ini direncanakan akan meluncur di Cape Canaveral, Amerika Serikat pada 20 Februari mendatang dengan bantuan roket Falcon 9 bikinan SpaceX.

Satelit yang menjadi satelit ke-11 milik Telkom ini nantinya akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini