icon-category Auto

Satu Paddock Tim motoGP Motegi Jepang Kebakaran

  • 23 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Terjadi kebakaran pada salah satu paddock tim yang berlaga di motoGP Motegi, Jepang. Alarm kebakaran berbunyi pada Kamis (22/9) pukul 19.15 waktu setempat.

    Sumber api tersebut ditemukan berasal dari paddock tim Marc VDS moto2, seperti Uzone.id kutip dari Speedweek.

    Untungnya, saat terjadi kebakaran kondisi paddock sedang kosong, karena tim, mekanik dan pembalap Sam Lowes serta Tony Arbolino sudah dalam perjalanan kembali ke hotel.

    Baca juga: Mau Ubah Mobil BBM ke Listrik? Perhatikan Syarat dan Dasar Hukumnya

    Untungnya, saat alarm berbunyi, masih ada mekanik Suzuki Ecstar dan Aprilia Racing yang masih bekerja di area paddock. Mereka pun bergegas untuk memadamkan api.

    Tim Suzuki selalu memiliki alat pemadam api tambahan sendiri di pit sehingga tidak harus hanya mengandalkan alat pemadam kebakaran di lintasan.

    Tak lama, mobil pemadam sampai di lokasi sirkuit. Kebakaran pun bisa dikendalikan, salah satunya berkat tim mekanik yang ‘lembur’ tersebut.

    Pada awalnya kebakaran diduga karena mesin starter untuk menghidupkan motor sedang dicharger dan terjadi overheat.

    Namun fakta terbaru mengungkap kalau penyebab kebakaran justru berasal dari korsleting pada colokan listrik.

    "Ketika kami pindah ke dalam pit pagi ini, air yang terkumpul karena badai masuk ke dalam pit. Rupanya, colokan mengeluarkan percikan api di malam hari, yang menyebabkan karpet dan barang-barang lain di dalam kotak terbakar dan mulai terbakar," lapor bos tim Marc VDS, Marina Rossi.

    Mesin starter saat itu tidak dalam keadaan tercolok, namun kelembaban di dalam kotak disinyalir sebagai penyebab korsleting pada sistem kelistrikan.

    "Saya ucapkan terimakasih kepada tim Suzuki. Mereka sangat berani, mereka masih membantu timku untuk membersihkan dan mengambil apapun. Mereka bantu kami selama dua jam," tutupnya.

    VIDEO 10 Mobil Terlaris Agustus 2020:

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini